10 Cara Mengusir Ular di Dalam dan Pekarangan Rumah

0
813
Cara mengusir ular
Promo payday

Salah satu hal yang cukup mengerikan ketika musim hujan tiba, yaitu ular yang tiba-tiba masuk ke pekarangan, atau ke dalam rumah. Membayangkannya saja sudah terasa menakutkan, bukan? Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengusir ular yang bisa Anda lakukan.

Bagaimana Cara Mengusir Ular di Dalam dan Halaman Rumah?

cara mengusir ular

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir ular.

1. Hilangkan sumber makanan utama ular

Ular sering ditemukan di daerah tempat hewan pengerat  sering muncul. Salah satunya adalah tikus, yang menjadi sumber makanan utama mereka. 

Selain itu, ular juga dikenal suka memakan katak, burung, serangga, dan ikan. Nah, bila rumah Anda sering dihinggapi oleh hewan tersebut, maka Anda perlu waspada. 

 

Cara mengusir ular dengan menghilangkan sumber makanan

Beli di sini

2. Hilangkan tempat persembunyian

Biasanya, ular menyukai tempat yang gelap dan lembab. Selain itu, mereka suk sekali  bersembunyi di celah atau lubang. Untuk itulah, periksa bagian luar rumah Anda dan pastikan tidak terdapat retakan atau lubang.

Jangan lupa untuk memperbaiki talang air, saluran ventilasi, serta mengganti jendela atau pintu yang rusak. Dengan cara ini, Anda dapat mencegah ular masuk ke rumah dan halaman Anda. 

3. Potong Rumput dan Tanaman Tinggi di Halaman

Selain suka bersembunyi di dalam lubang dan tumpukan puing, ular juga suka berada di dekat tanaman yang berukuran tinggi, seperti rumput dan ilalang.

Untuk mencegah ular masuk, maka  Anda harus memotong tanaman tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memasang pagar anti ular, yang terbuat dari jaring baja, terpal plastik, atau jaring besi.

Tambahkan juga beberapa benda lain yang bisa menyulitka ular untuk merayap, seperti kulit telur, dan kerikil pada pagar. Anda juga bisa menggunakan tanaman pengusir ular, seperti marigold, dan serai.

Baca Juga:   8 Desain Ruang Kerja di Rumah Untuk Maksimalkan Work From Home

4. Usir Dengan Asap

Ular memiliki indera penciuman yang tinggi, serta sangat sensitif terhadap bau dan asap. Untuk itulah, cara mengusir ular dari pekarangan paling mudah dengan mengasapi halaman rumah. 

5. Manfaatkan Produk Alami

Cara mengusir ular dengan bahan alami

Cara mengusir ular lainnya yang dapat digunakan adalah menggunakan produk alami, seperti berikut ini:

  •  Belerang

Belerang menjadi pilihan yang bagus untuk mengusir ular. Kandunga senyawa kimia yang disebut belerang dioksida di dalamnya dapat mengeluarkan bau tajam dan menimbulkan iritasi pada kulit ular. 

Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa menaburkan belerang bubuk di sekitar halaman perkarangan rumah. Jadinya,  ular tidak akan kembali setelah mengenai senyawa ini. 

  •  Minyak Cengkeh  dan Kayu Manis 

Cara mengusir ular berikutnya yang efektif adalah dengan menggunakan campuran minyak cengkeh dan kayu manis. Masukan cairan dalam botol dan semprotkan langsung pada ular. Namun, Anda perlu berhati-hatilah karena ular bisa saja bersembunyi setelah terkena semprotan ini.

Alternatif lainnya adalah dengan memasukan campuran bahan alami ini pada diffuser. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai fumigan (bahan untuk mengendalikan hama).

  • Bawang putih dan bawang bombay

Kandungan asam sulfonat yang terkandung dalam bawang putih dan bawang bombay dipercaya dapat mengusir ular. Meskipun begitu, bahan alami ini akan semakin efektif, jika Anda menambahkan campurkan garam di dalamnya. 

Selain itu, Anda juga dapat memasukkan bawang putih ke dalam minyak esensial apa pun. Lalu, gunakan asap dari minya esensial ini pada tempat yang sulit dijangkau.

  • Amonia

Menyemprotkan amonia pada area sekitar rumah juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir ular paling efektif. Selain itu, Anda juga dapat merendam karpet dalam amonia. Lalu, Anda dapat menggantungnya pada area yang dihuni oleh ular.  

  • Cuka

Bahan dapur yang satu ini sangat efektif untuk mengusir ular di area mana pun, termasuk kolam renang. Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa menuangkan cuka putih di sekitar tempat ular berada.

  • Jeruk Nipis
Baca Juga:   15 Tren Dekorasi Rumah Minimalis yang Populer

Untuk menggunakan jeruk nipis, Anda perlu mencapurnya dengan cabai dan peppermint. Campuran ini akan menghasilkan bau yang tidak sedap sehingga bisa  mengiritasi kulit ular. 

6. Semprot dengan air

cara mengusir ular

Beli di sini

Jika Anda melihat ular yang bergerak di pekarangan, jangan panik! Segera ambil selang air dan semprotkan ke arah ular.

Cara ini dapat mendorong ular bergerak menjauh tanpa menyakitinya. Namun, cara ini hanyalah solusi sementara karena ular bisa kembali kapan saja. 

7. Menyediakan perangkap ular

Tempat sampah

Beli di sini

Jika Anda ingin mencoba membuat perangkap ular sendiri, letakan tempat sampah di rumah dengan posisi terbalik, atau gunakan perangkap ular yang bisa Anda dapatkan di toko komersil. 

Alternatif lainnya, gunakan papan lem untuk menjebak ular secara manusiawi. Cara ini agak menyulitkan, karena untuk melepaskan ular dari perangkap membutuhkan sedikit minyak sayur untuk menetralkan lem dari tubuh ular.

Tapi, satu hal yang pasti cara apapun yang akan Anda gunakan untuk menangkapnya, pastikan untuk melepaskan ular tersebut di tempat yang aman setelahnya.

8. Menyingkirkan genangan air

Tempat penyimpanan air atau wadah air yang dibiarkan begitu saja, dapat menjadi salah satu penyebab ular masuk ke pekarangan atau hunian.  Apalagi, genangan air tersebut bisa menjadi tempat ular bersarang. Untuk itu, pastikan Anda membersihkan seluruh genangan air, terutama di dekat pagar rumah dan daerah lain yang lebih rendah.

9. Memelihara Kucing

Nama kucing jantan Korea
Source: Unsplash

Kucing adalah predator alami ular, yang dapat membantu Anda untuk mengusir ular secara efektif. Namun, Anda perlu mengingat bahwa tidak semua kucing memiliki keberanian yang sama. 

10. Hubungi Perusahaan Pengendalian Satwa Liar

Berurusan dengan ular memang sangat melelahkan. Sehingga, lebih mudah untuk membiarkan perusahaan pengendali satwa liar profesional untuk menangani masalah ini untuk Anda.

Nah, itulah 10 cara untuk mengusir ular dari rumah dan pekarangan yang dapat Anda lakukan. Walau terlihat mudah, Anda tetap perlu berhati-hati dengan kehadiran ular di rumah.