Urusan kamar mandi mungkin tidak termasuk dalam daftar hal-hal yang ingin kita sering bicarakan, tetapi kenyataannya adalah kita semua pada suatu saat akan menghadapi masalah toilet yang tersumbat. Tidak ada yang perlu malu karena hal itu lumrah terjadi. Apakah kalian tahu bahwa ada lebih dari satu cara untuk mengatasi WC mampet?

Toilet yang mampet merupakan toilet yang bisa meluap. Jika air sudah semakin naik, kalian harus bertindak cepat untuk mencegah kamar mandi dari potensi banjir. Ada dua cara untuk mencegah toilet yang tersumbat agar tidak terendam air.

Buka tutup toilet dan tutup flapper terbuka yang memungkinkan air terus mengalir. Cara kedua, pergilah ke belakang toilet dan matikan pasokan air.

cleaning toilet
sumber: piqsels.com

Setelah menghentikan toilet yang meluap, kalian dapat melanjutkan untuk membuka toilet yang tersumbat. Sebaiknya sediakan beberapa lap untuk berjaga-jaga jika ada air yang tumpah saat kalian mencoba membuka toilet yang tersumbat. Yuk simak penjelasan mengenai cara mengatasi WC mampet di bawah ini.

Mengatasi WC Mampet dengan Plunger

Setiap rumah harus memiliki plunger. Mengapa? Karena plunger adalah cara terbaik untuk mengatasi WC yang mampet. 

Untuk mencapai hasil terbaik, ikuti langkah-langkah berikut:

Letakkan plunger di toilet dan tekan perlahan sampai tertutup rapat. Dorongan ini memiliki tujuan untuk menghilangkan udara. Jika kalian mendorong terlalu kuat, kalian bisa memercikkan air kotor ke tubuh.

Sekarang setelah tertutup dengan baik, pompa plunger ke atas dan bawah dengan sedikit tenaga, dan pastikan kalian menjaga agar tertutup dengan rapat.

Terakhir, tarik plunger ke atas untuk membuka udara. Air akan mengalir ke saluran pembuangan. Jika ini belum memperbaiki penyumbatan, ulangi langkah-langkah ini sampai toilet sudah tidak tersumbat.

Baking Soda dan Cuka dapat mengatasi WC mampet

baking soda and vinegar
sumber: istockphoto.com

Jika tidak memiliki plunger, kalian bisa gunakan soda kue dan cuka. Soda kue dan cuka sama-sama bagus untuk memperbaiki toilet yang tersumbat tanpa penyedot dengan mengikuti langkah-langkah sederhana berikut:

Tambahkan satu cangkir baking soda ke toilet.

Tunggu dua menit.

Dengan perlahan, tuang cuka sebanyak dua gelas ke dalam toilet. Soda kue dan cuka dapat menimbulkan gelembung, jadi kalian harus menuangkan kedua bahan secara perlahan dan hati-hati agar air toilet tidak meluap.

Biarkan campuran cuka dan soda kue bekerja selama beberapa menit.

Siram toilet untuk melihat apakah sumbatan telah hilang.

Mengatasi WC Mampet dengan Plumbing Snake

Seperti plunger, plumbing snake adalah alat yang berguna bagi pemilik rumah mana pun. Plumbing snake biasa dapat menggores atau merusak toilet porselen, jadi pastikan untuk menggunakan alat khusus bernama auger. Alat khusus ini memiliki lapisan karet yang tidak akan menggores permukaan dan melindungi porselen toilet.

Untuk mengatasi penyumbatan dengan benar:

Tempatkan kepala auger di toilet.

Perlahan putar pegangan augur searah jarum jam.

Saat kalian merasakan hambatan, kibaskan plumbing snake kembali.

Siram toilet untuk melihat apakah sumbatan telah mengendur.

Jika toilet masih tersumbat, kencangkan plumbing snake kembali dan ulangi hingga sumbatannya hilang dan toilet mudah disiram.

Air panas

hot water
sumber: pixabay.com

Saat kalian melihat penyumbatan yang parah, cara terbaik adalah mengisi panci dengan air panas. Panaskan air tetapi jangan biarkan air sampai mendidih. Tuang ke saluran pembuangan dan diamkan selama beberapa menit untuk melihat apakah penyumbatan lebih longgar.

Kalian akan tahu apakah usaha kalian berhasil jika  melihat air mulai mengering. Kemudian, flush toilet sekali atau 2x. Dalam banyak kasus, air panas cukup untuk mengatasi WC mampet.

Sabun Cuci Piring

Kalian bisa gunakan sabun cuci piring kira-kira 1/4 gelas ke dalam toilet. Biarkan sabun selama 5-10 menit agar ada waktu untuk mengalir ke saluran pembuangan dan mencapai sumbatan.

Kemudian, tambahkan air panas (jangan sampai mendidih) ke dalam mangkuk dan diamkan beberapa saat. Sabun memiliki fungsi untuk melumasi sumbatan di saluran pembuangan agar sumbatan hilang.

Gantungan Baju dari Kawat

Jika kalian tidak memiliki plumbing snake, kalian dapat membuatnya sendiri menggunakan gantungan baju kawat dari lemari. Cukup lepaskan gantungan sehingga benar-benar lurus dengan pengecualian kail. Kemudian, bungkus kain kecil di sekitar pengait untuk membantu mencegah goresan atau kerusakan pada porselen.

Dengan sarung tangan karet, hati-hati arahkan gantungan ke saluran pembuangan sampai kalian menemukan penyumbatan. Saat air mulai mengalir, siram toilet beberapa kali untuk membersihkannya.

Wet/Dry Vacuum

Pertimbangkan cara ini hanya jika kalian memiliki penyedot debu basah/kering. Jangan mencoba metode ini dengan penyedot debu rumah tangga biasa. Kalian berisiko merusak penyedot dan kemungkinan tersengat listrik.

Kenakan sarung tangan plastik karena kalian perlu menahan selang vakum basah/kering di dalam toilet. Jika toilet tidak kosong, sedot airnya.

Tempatkan selang vakum basah / kering di saluran pembuangan toilet dan lilitkan handuk di sekeliling selang untuk menyedot.

Nyalakan penyedot debu basah / kering lalu tahan handuk dan selang di tempatnya dengan kuat. Penyedot debu basah / kering harus mampu menyedot cukup untuk menarik sumbatan keluar. Sesudah itu, bersihkan dan sanitasi penyedot debu secara menyeluruh.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi WC mampet. Kalian bisa membeli produk-produk yang dapat membantu kalian mengatasi toilet tersumbat hanya di Ruparupa. Yuk, segera beli mumpung ada promo menarik!