Tips Memilih Ember Yang Bagus Dan Tahan Lama

0
1259
ember

Ember atau Emmer, merupakan istilah dari bahasa Belanda yang sangat populer di Indonesia. Ember yang berkualitas bagus yang mempunyai beragam macam bentuk dan warna yang menarik, sejak zaman dulu hingga sekarang, ember merupakan alat berbahan kedap air dan berbentuk silinder ini, memiliki ruang berbentuk terpotong vertical dan kedap air, bagian atasnya terbuka, serta bagian bawahnya berbentuk datar, dan di atasnya, dilengkapi dengan timba yang berbentuk setengah lingkaran.

Sejak zaman dahulu, ember menjadi barang penting yang harus dimiliki dalam peralatan rumah tangga sehari-hari. Adapun fungsi dari ember tersebut, adalah untuk menimba air dari sumur agar bisa dituang kedalam tong, memindahkan air yang terdapat dari keran ataupun penampungan air, agar tetap berada di dalam tong dan juga lubang air. Selain itu, fungsi lain ember juga sering sekali digunakan untuk menampung cat, alat mengangkat pasir, serta tempat bahan makanan.

Fungsi lain yang dimiliki dari ember adalah bermanfaat sebagai benda-benda perkakas rumah tangga, yang sering sekali digunakan untuk membantu segala macam aktivitas masyarakat, untuk membantu segala pekerjaan rumah agar cepat selesai secara optimal dan juga efisien, kemudian manfaat lain dari ember adalah bisa digunakan sebagai alat menampung air untuk mencuci baju, mengepel lantai, dan mencuci piring.

Setiap jenis ember memiliki ukuran yang beraneka macam, tergantung kepada fungsi masing-maisng. Selain itu, adapun dari ukuran besar ember juga mempengaruhi bentuk, berat, tipe, dan kualitas yang dimiliki oleh ember tersebut. Sehingga, wajah saja, jika beberapa jenis ember selalu memiliki harga yang berbeda-beda, termasuk diantaranya adalah ember plastik, yang sudah menjadi familiar bagi masyarakat sehari-hari.

Bagi para masyarakat yang ingin mendapatkan ember berkualitas, maka jangan merasa khawatir, karena Perusahaan rupa-rupa yang menyediakan banyak ukuran ember plastik dimulai dari ukuran yang sedang (19 L) mudah sekali dijumpai di pasaran, dengan harga Rp.50.000 hingga Rp.90.000. Sementara itu, untuk ember dengan berbahan plastik elastis, berukuran kecil akan dijual dengan harga Rp.000 rupiah. Selain itu, untuk jenis ember berbahan plastik lainnya yang berukuran 80 liter, sering sekali digunakan sebagai wadah air di kamar mandi, dijual dengan harga standar, yaitu Rp.100.000 hingga Rp.150.000.

Sebelum memutuskan untuk membeli ember, maka penting sekali bagi para pembeli untuk mengetahui cara memilih ember yang benar, sehingga barang yang didapatkan dan dibeli tersebut, tidak akan mengecewakan bagi pelanggan. Sehingga, pemakaian ember lebih tahan lama, dan tidak perlu membutuhkan waktu yang dekat untuk menggantinya. 

Tips Memilih Ember Yang Bagus Dan Tahan Lama

Berikut ini, cara memilih ember yang benar tersebut, yaitu :

1. Cek Material atau Bahan

Proclean 10.2 Ltr Ember Plastik – Krem

Cara yang pertama dalam memilih ember yang bagus dan berkualitas, adalah cek material dan bahan yang digunakan, apakah material tersebut tebal dan kuat, atau sebaliknya tipis dan dan mudah rusak. Adapun untuk menguji seberapa besar kualitas yang dimiliki pada material yang dimiliki, sangat praktis, cukup dengan menekannya saja. Apabila, ternyata tekstur dari ember elastis, maka material yang digunakan tipis dan tidak bagus.

2. Menyesuaikan dengan Kapasitas Kebutuhan

Red Gorilla 15 Ltr Ember Plastik – Oranye

Cara kedua yang bisa digunakan dalam memilih ember yang bagus adalah, sesuaikanlah material yang digunakan tersebut, dengan kapasitas kebutuhan sehari-hari. Mengingat saat ini, di pasaran, banyak sekali ember yang memiliki ukuran dan bentuk berbeda-beda. Apabila tujuan membeli ember untuk mencuci, maka pilihlah ember dengan ukuran biasa atau sedang saja, tapi sebaliknya, jika untuk menampung air, pilihlah berukuran besar.

3. Pilihlah Dominasi Warna yang Cantik

Proclean Ember Collapsible 10 Ltr

Ketiga, cara yang tepat dalam memilih ember yang bagus, adalah dengan memilih warna yang cantik, dan nyaman untuk dilihat. Pilihlah warna ember sesuai selera masing-masing dan seperti dengan yang diinginkan. Apalagi, saat ini telah banyak sekali aneka macam bentuk warna dan desain ember yang bisa dipilih, baik itu berbentuk bergambar, polos, gelap, dan terang.

4. Pilihlah Yang Telah Dilengkapi Tutup

Proclean 71 Ltr Ember Plastik – Kuning

Terakhir, yang harus dipilih oleh pembeli saat membeli ember, agar tidak mendapatkan barang yang jelek, yaitu pilihlah model ember yang dilengkapi dengan tutup. Memang benar sekai, terkadang keberadaan tutup pada ember, dianggap menjadi sesuatu yang sepele. Namun, pada dasaranya, keberadaan dari tutup tersebut, memiliki fungsi penitng, dan berkaitan erat dengan dunia kesehatan. Misalnya, jika ember untuk menampung air, maka air yang tersimpan tersebut, kesehatannya lebih terjaga, serta jauh dari nyamuk.

Ada banyak sekali, macam-macam ember yang bisa ditemui dan dibeli. Mulai dari ember dengan warna hitam legam anti karat, dengan pegangannya berbahan besi kecil. Ini adalah jenis ember murah, serta lebih sering digunakan untuk alat pelengkap bangunan, yaitu untuk sebagai tempat semen dan kerikil. Selain itu, ada pula ember dengan berbahan stainless, yang biasanya sering sekali digunakan untuk menampung susu yang diperas dari seekor sapi, ataupun air.

Demikianlah informasi akurat dan juga terpercaya mengenai seputar tentang cara memilih ember yang benar dan tepat. Semoga info ini bisa memberikan manfaat kepada seluruh ibu rumah tangga agar bisa mendapatkan ember yang bagus, namun tetap dengan harga yang murah.