10 Tugas Bersih-Bersih Kilat dalam Waktu 5 Menit atau Kurang

Entah Anda masih menunggu pengganti sang asisten rumah tangga yang berhenti bekerja sebelum Lebaran kemarin atau memutuskan untuk mulai mengurus rumah sendiri, Anda pasti dihadapkan dengan tugas bersih-bersih. Disadari atau tidak, rumah yang bersih sangat erat kaitannya dengan keluarga yang sehat. Oleh karena itu, rutin bersih-bersih sangat penting sifatnya.

Memasuki musim panas, terkadang bersih-bersih menjadi pekerjaan yang melelahkan dan membuat berkeringat. Tapi tak perlu khawatir, karena kami punya inspirasi 10 tugas bersih-bersih kilat yang dapat Anda lakukan hanya dalam waktu 5 menit atau kurang. Sangat mudah! Yuk telusuri satu-satu.

1. Maksimalkan Fungsi Adhesive Roller

Adhesive Roller

Berjibaku dengan kesibukan bekerja dan mengurus rumah tangga membuat Anda memiliki waktu yang sangat sedikit untuk membersihkan rumah? Manfaatkan saja adhesive roller yang tersedia di laci meja setrika. Kelilingi rumah satu kali dengan adhesive roller di tangan sambil membersihkan debu, remah-remah kue anak, hingga bulu hewan peliharaan yang bertebaran di sofa, bean bag, kap lampu, dll.

2. Selalu Sedia Baking Soda

Baking soda merupakan kimia rumah tangga ajaib yang dapat menghilangkan bau pada hampir seluruh furnitur berbahan kain. Cukup taburkan baking soda pada karpet berbau, sofa, matras, dll, selagi Anda hendak mandi, mengumpulkan pakaian kotor, atau menunggu anak les piano di rumah. Setelah 15 menit, bersihkan menggunakan pembersih debu elektronik Anda. Bau tak sedap hilang seketika!

3. Cuka juga Sangat Berguna

Shower HeadTekanan air pada shower mandi Anda terasa berkurang? Mungkin penyebabnya ada pada kepala shower yang kotor. Tak perlu memanggil suami untuk membuang sumbatannya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengisi kantung plastik dengan cuka putih, kemudian rendam kepala shower dengan bungkusan tersebut (Jangan lupa gunakan karet gelang untuk mengikat kepala shower, sehingga tetap berada dalam air cuka). Diamkan semalaman agar cuka meresap dan melarutkan kapur, pasir, serta berbagai material lain penyumbat shower. Sst, pastikan semua keluarga sudah mandi sebelum Anda melakukan hal ini ya?!

4. Pastikan Lap Microfiber Salah Satu Item Wajib di Mobil

Macet? Jangan selfie. Putar pandangan pada rak tempat menaruh gelas di mobil Anda. Saat tak terisi botol minum atau cup kopi yang Anda beli drive through setiap pagi, Anda pasti dapat dengan mudah menemukan sisa tetesan minuman tadi. Tetesan tersebut, bercampur dengan debu, dapat mengundang datangnya semut hingga kecoa kecil. Hii! Yuk, bersihkan menggunakan lap microfiber yang ada di mobil. Letakkan saja lap di rak dashboard atau kompartemen samping pintu kendaraan. Praktis!

5. Punya Nampan Saji Tak Terpakai?

Letakkan nampan tersebut di tengah coffee table ruang keluarga dan mulailah menaruh berbagai benda yang tak memiliki ‘rumah tetap’ seperti remote TV serta AC, dll ke atasnya. Cara yang mudah bahkan semua anggota keluarga dapat melakukannya.

6. Stop Menyia-nyiakan Hand Sanitizer!

Terkadang kita suka menyepelekan hand sanitizer yang tinggal beberapa tetes dengan langsung membuangnya dan mengganti dengan yang masih terisi penuh. Tapi nyatanya, hand sanitizer yang tinggal sedikit pun bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan layar telepon genggam, remote, mouse, kunci mobil, serta pegangan pintu dan saklar. Caranya ambil beberapa cotton bud atau q-tips, gosokkan ke bagian dalam botol dan seka layar gadget atau pegangan pintu dengan sapuan tersebut. Tak ada satu tetes hand sanitizer yang terbuang percuma, bukan?!

7. … Bersihkan Tempat Tidurmu

Anda tak akan pernah tahu apa yang ada di balik selimut dan bantal-bantal yang berantakan di kamar tidur. Bisa jadi Anda menemukan pasangan kaos kaki yang sudah seminggu hilang entah kemana. Yuk, luangkan waktu beberapa menit untuk menyapu tempat tidur dan melipat selimut sebelum beranjak keluar. Walaupun Anda berencana menghabiskan akhir pekan di rumah (Dan akan membuat tempat tidur berantakan kembali), tak ada salahnya untuk melakukan kebiasaan baik ini secara rutin.

8. Rapikan Isi Kulkas

Bersihkan KulkasKapan pun jadwal Anda mengisi kulkas-baik itu belanja mingguan atau bulanan, sebaiknya diiringi dengan rutin mengecek ulang produk-produk mana saja yang sudah kadaluarsa dan mana yang masih dapat bertahan di lemari pendingin tersebut. Selain mengerucutkan daftar belanja, kulkas Anda juga ‘bersih’ dari makanan basi hingga saus yang sudah tak layak makan.

9. Investasi pada Set Pembersih Kaca

Set pembersih kaca (Cairan + karet pembersih) bisa menjadi andalan saat rumah terasa berdebu. Semprotkan saja cairan tersebut kemudian langsung sapukan dengan karet pembersih. Jika satu menit Anda dapat mengelap satu jendela, maka beberapa jendela di rumah dapat Anda bersihkan sekaligus dalam waktu hanya lima menit. Plus, Anda bisa memanfaatkan cairan ini untuk membersihkan permukaan kitchen appliances kesayangan. Microwave, oven, coffee maker, adalah beberapa diantaranya. Multifungsi!

10. Dibuang Sayang

Berlangganan koran dan majalah memang menyenangkan. Namun tumpukan edisi lama dapat menjadi sarang debu hingga rayap. Solusinya majalah tersebut bisa Anda sumbangkan ke rumah baca atau perpustakaan sekolah terdekat. Sambil bersih-bersih, Anda juga menabur kebaikan bagi banyak orang yang membutuhkan. Menyenangkan bukan?!

Masih banyak inspirasi bersih-bersih yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menyusun sepatu-sepatu agar kembali teratur berjejer di rak saat memanaskan mobil misalnya. Atau menyusuri kantong-kantong celana hingga tas kerja untuk menemukan bungkus permen, tissue telah terpakai, dll, sebelum menaruh pakaian kotor ke dalam keranjang. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga memiliki cara bersih-bersih kilat dalam waktu kurang dari lima menit lainnya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *