Perbedaan Toilet Jongkok dan Duduk? Sehat yang Mana?

0
265
toilet jongkok dan duduk

Antara toilet jongkok dan duduk. Kamar mandi, adalah ruangan yang wajib ada di dalam rumah Anda. Salah satu tempat fundamental untuk digunakan sehari-hari. Kamar mandi adalah tempat dimana Anda menunaikan hajat buang air, mandi serta kegiatan bersih-bersih lainnya.

Salah satu Pada umumnya, ada dua tipe toilet yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu toilet jongkok dan toilet duduk. Kedua tipe toilet ini memiliki kesamaan fungsi namun memiliki perbedaan pula dari segi fisiknya.

Perbedaan Toilet Jongkok dan Duduk

Artikel ini akan membahas apa saja bedanya antara toilet jongkok dan duduk, serta kira-kira tipe toilet mana yang aman dan lebih sehat bagi kita?

1. Toilet Duduk

Squat N Go Rel Penyangga Toilet Duduk Aluminium

Banyak yang mengatakan jika toilet duduk lebih mudah untuk digunakan dan lebih memberikan kenyamanan penggunannya dibandingkan dengan toilet jongkok. Secara umum toilet duduk memang lebih memudahkan orang untuk menggunakannya terutama untuk anak-anak, ibu hamil dan lansia.

Akan tetapi, dibalik kenyamanan menggunakan toilet duduk, ada beberapa kekurangan dari penggunaan toilet duduk ini. Pertama adalah dari masalah kebersihan, toilet duduk apabila tidak dibersihkan dengan baik dan benar dapat menimbulkan resiko timbulnya berbagai penyakit misalnya flu, diare atau gatal-gatal.

Ini dikarenakan pada toilet duduk, kulit akan bersentuhan langsung dengan dudukan yang terdapat pada toilet duduk. Tentunya, resiko ini akan lebih besar terjadi pada toilet yang terdapat di fasilitas umum. Karena Anda tidak pernah tahu seberapa sering petugas membersihkan toilet serta dudukan pada toilet tersebut.

Lainnya adalah toilet duduk dianggap kurang baik bagi kesehatan ketika digunakan untuk buang air besar. Disebutkan bahwa buang air besar menggunakan toilet duduk akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan saat menggunakan toilet jongkok. Semakin lama Anda duduk di toilet duduk, akan semakin besar pula resiko untuk menderita penyakit wasir atau sembelit.

Resiko-resiko tersebut tentunya bisa dikurangi dan diminimalisir sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir akan resiko-resiko atau kekurangan yang ada pada penggunaan toilet duduk. Toilet duduk juga menjadi pilihan utama untuk rumah-rumah masa kini karena bentuknya yang lebih modern.

Kebersihan toilet adalah hal yang utama. Anda harus rutin membersihkan toilet minimal seminggu dua kali menggunakan disinfectant untuk mencegah bakteri dan kuman yang menumpuk di toilet Anda. Selain itu, masalah posisi duduk yang dikatakan kurang tepat saat toilet duduk digunakan untuk BAB dapat diatasi dengan penggunaan kursi kecil atau dingklik.

Anda dapat meletakkan dingklik atau kursi kecil tersebut tepat pada bagian bawah kaki Anda sebagai tempat untuk menapakkan kaki Anda. Dengan demikian, posisi duduk Anda tidak akan menggantung sehingga dengan posisi seperti itu proses pengeluaran tidak akan terlalu memakan waktu lama.

Lainnya adalah jangan memaksakan diri untuk buang air jika memang belum waktunya, terlalu lama duduk dan menunggu di dalam toilet dapat memperbesar resiko terkena penyakit ambeien dan sembelit tadi.

2. Toilet Jongkok

Tatay Tempat Duduk Toilet – Putih

Dapat dikatakan toilet jongkok ini adalah toilet jadul (jaman dulu) karena sudah ada jauh lebih dulu dibandingkan dengan toilet duduk. Toilet jongkok dianggap sebagai toilet kuno dan sudah ketinggalan jaman. Meskipun demikian, masih banyak juga orang yang memilih untuk menggunakan toilet jongkok karena dianggap lebih menyehatkan. Benarkah demikian?

Saat Anda buang air besar di toilet jongkok, posisi jongkoknya dianggap sebagai posisi yang mempermudah dan memperlancar proses pengeluaran dibandingkan jika Anda duduk pada toilet duduk. Ini menyebabkan proses BAB Anda di toilet jongkok tidak akan memakan waktu lama sehingga mengurangi resiko terjadinya wasir dan sembelit.

Akan tetapi, toilet jongkok akan sulit digunakan bagi orang-orang dengan kebutuhan khusus misalnya yang mengalami cedera lutut, ibu hamil, lansia dan anak-anak. Bagi sebagian orang pun toilet jongkok dianggap cukup merepotkan karena harus memposisikan diri dengan berjongkok.

Untuk melengkapi kamar mandi Anda menggunakan toilet atau closet, ruparupa.com menyediakan beragam tipe dan pilihan toilet yang dapat Anda pilih sesuai dengan pertimbangan dan keinginan Anda. Produk yang ditawarkan oleh ruparupa tentu saja produk yang menggunakan bahan berkualitas sehingga terjamin mutunya.

Di ruparupa, Anda dapat memilih beragam perlengkapan untuk toilet Anda dengan range harga yang dapat disesuaikan dengan budget yang telah Anda siapkan. Jangan ragu untuk memilih ruparupa sebagai mitra Anda mensuplai kebutuhan rumah tangga Anda. Semua tanggapan yang dating dari konsumen ruparupa adalah tanggapan positif yang membuat Anda akan semakin yakin untuk mempercayakan barang kebutuhan rumah tangga Anda di sana.

Selamat melihat-lihat dan memilih toilet mana yang kira-kira terbaik untuk Anda dan keluarga Anda!