6 Cara Mencuci Tangan Yang Benar Agar Bebas Virus

0
673

Sudahkah Anda tahu cara mencuci tangan yang benar? Meskipun terlihat sederhana, kebersihan tangan sangat berpengaruh terhadap kesehatan, terutama di saat pandemi virus korona.

Promo Furnifest

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, menjaga kebersihan tangan mampu menurunkan tingkat infeksi pernapasan dan pencernaan hingga 48%.

Tidak hanya itu, cuci tangan juga bisa mencegah penularan berbagai jenis penyakit dan virus berbahaya.

Cara mencuci tangan yang benar

Peralatan Cegah Covid

Langkah Mencuci Tangan yang Benar

Selama ini, mungkin kita mengira bahwa cara mencuci tangan kita sudah tepat. Namun, sebenarnya ada beberapa langkah cuci tangan yang perlu kita perhatikan, seperti berikut ini.

1. Basahi tangan menggunakan air mengalir

Sebelum memakai sabun, Anda bisa membasahi tangan dengan air mengalir terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengurangi jumlah kuman yang menempel pada tangan.

2. Gunakan sabun secukupnya

Setelah tangan sudah basah, Anda bisa mengambil sedikit sabun. Lalu, oleskan sabun tersebut ke seluruh bagian tangan, mulai dari permukaan hingga pergelangan tangan.

3. Gosok kedua tangan

Ketika menggunakan sabun, Anda bisa sekaligus menggosok telapak tangan secara menyeluruh, mulai dari permukaan tangan, ujung jari dan kuku, sampai pergelangan tangan. Pastikan Anda menggosoknya secara menyeluruh minimal selama 20 detik.

Baca Juga:   Perhatikan 4 Cara Membedakan Oximeter Asli dan Palsu

4. Bilas tangan

Bila sabun sudah benar-benar menggunakan sabun pada seluruh permukaan tangan, Anda bisa membilasnya. Gunakan air mengalir agar sabun cuci tangan bersih sempurna.

5. Keringkan tangan

Tahapan berikutnya adalah mengeringkan tangan. Gunakan handuk bersih dan tisu agar tangan benar-benar kering. Anda juga bisa mengeringkannya secara alami dengan melakukan gerakan tepuk tangan selama 30 detik.

6. Matikan keran

Bila sudah selesai mencuci tangan, pastikan Anda mematikan keran air, ya. Gunakan tisu agar Anda tidak bersentuhan langsung dengan keran.

Kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan?

Setelah mengetahui cara mencuci tangan yang benar, pertanyaan yang sering ada dibenak kita adalah kapan kita harus mencuci tangan?

Apalagi, mencuci tangan saat ini menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mencegah virus korona. Nah, supaya tidak salah, simak beberapa aktivitas yang mengharuskan Anda mencuci tangan, seperti berikut ini.

  1. Sebelum dan setelah menyiapkan makanan.
  2. Saat akan mengonsumsi makanan, terutama jika menggunakan tangan. 
  3. Saat mengunjungi rumah sakit, panti jompo, dan tempat umum lainnya.
  4. Bersihkan tangan setelah menggunakan transportasi umum.
  5. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tangan sebelum mengobati luka dan saat akan mengonsumsi obat-obatan.
  6. Permukaan ponsel yang kotor merupakan salah satu sumber penyakit. Jadi, jangan lupa  cuci tangan setelah menggunakannya. Selain itu, pastikan Anda selalu membersihkan ponsel secara rutin.
  7. Setelah batuk dan bersin, pastikan Anda segera mencuci tangan agar kuman dan virus tidak menyebar.
  8. Setelah menyentuh permukaan yang terlihat kotor, Anda juga perlu mencuci tangan.
  9. Bersihkan tangan setelah menyentuh uang, bon belanja, layar ATM, tombol lift, atau  berjabat tangan dengan orang lain.
  10. Setelah menyentuh hewan, pakan ternak, atau pupuk, pastikan Anda membersihkan tangan.
  11. Bersihkan tangan sesudah dan sebelum mengganti popok bayi.
Baca Juga:   Kenali 3 Jenis Vaksin COVID-19 Untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Nah, jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan di area yang tidak terdapat westafel,  Anda dapat memanfaatkan hand sanitizer sebagai penggantinya.

Berikut ini kami punya beberapa rekomendasi produk hand sanitizer yang bisa Anda dapatkan di Ruparupa.com.

S Cube 100 Ml Hand Sanitizer & Sterilization Cair

Cara mencuci tangan yang benar DENGAN HANDSANITIZER

Beli di sini

Dr Soap 60 Ml Hand Sanitizer Urban Shee

Cara mencuci tangan yang benar

Beli di sini

Temukan semua produk kesehatan tersebut hanya melalui Ruparupa.com, satu-satunya e-commerce yang menyediakan berbagai produk rumah tangga dan furnitur terbaik milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa dan masih banyak lagi.