Bohlam LED yang Bagus Pilihnya Gimana?

0
372
bohlam led

Dari tahun ke tahun media penerangan selalu mengalami transisi dari lampu yang sangat tradisional sampai dengan model lampu bohlam LED yang bagus sampai cukup modern. Lampu menjadi kebutuhan pokok dimasyarakat dimana berfungsi sebagai alat untuk penerangan yang membantu jalannya kegiatan dan aktivitas di berbagai kalangan.

Dewasa ini perkembangan bohlam terus digenjot agar tidak menggunakan banyak energi listrik tetapi tetap menghasilkan cahaya yang terang untuk kebutuhan masyarakat.

Salah satu jenis yang saat ini sedang ‘trend’ dikalangan masyarakat adalah jenis Light-emitting diode. LED sendiri juga dipakai pada media penerangan televisi dengan jenis LCD, penerangan lampu motor mobil dan lainnya. Tetapi model dan spesifikasinya tidak sesederhana dengan bohlam pada perumahan umumnya.

LED banyak diminati masyarakat karena memiliki banyak keunggulan dibanding dengan jenis lainnya, diantaranya keunggulannya adalah merupakan jenis bohlam yang ramah lingkungan.

Kenapa bisa dibilang begitu? Karena sebagian besar lampu terdahulu seperti lampu pijar, neon, halogen, HID (High Intensity Discharge), dan sebagainya sebagian besar bohlam yang disebutkan memakan daya listrik yang tidak sedikit, menghasilkan panas yang cukup besar, terdapat bahan berbahaya dan kaca lampu yang rawan pecah.

Olehnya Bohlam jenis LED banyak diminati dimasyarakat karena dapat dikatakan hampir tidak memiliki kekurangan sedikitpun dan harganya yang kompetitif membuat lampu jenis ini amat laris di pasaran. Bohlam LED sendiri tidak memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan daya terang yang maksimal hanya dalam hitungan detik, efisiensi dari listrik yang digunakan hanya sekitar 10% dari lampu pijar, tahan lama hingga 25000 jam atau lebih dari 1000hari, ramah lingkungan dan temperatur lampu yang terbilang cukup dingin dibandingkan dengan lampu pijar pada umumnya.

Tips Memilih Bohlam LED Yang Bagus

Jika anda tertarik dengan bohlam jenis LED maka anda harus tahu beberapa tips yang kami rekomendasikan untuk anda dalam memilih jenis ini agar sesuai dengan ekspetasi dan kebutuhan anda pastinya.

1. Memilih Warna Cahaya LED yang Cocok Dengan ruang hunian anda

bohlam
Krisbow Bohlam Led Filamen Oval Glass In Glass Amber 6w

Kebanyakan orang salah memilih dalam LED karena tidak menyesuaikan dengan warna dari cahaya LED. Jika anda adalah orang yang menyukai cahaya yang bersifat kekuningan, maka kami menyarankan anda untuk memilih bohlam yang berukuran 2700K.

Tetapi jika anda adalah orang yang suka dengan warna cahaya putih baik itu untuk kerja dan belajar, anda bisa menggunakan LED dengan ukuran 4000K atau 5000K jika ingin hasil yang lebih maksimal sehingga member kesan lebih terang di mata anda.

2. Cermat memilih Lampu LED sesuai dengan jenisnya dan ruangan anda

led
Krisbow Bohlam Led Filamen 4w T30 – Kuning

Pada Bohlam tipe LED dikenal dengan 2 jenis bohlam yakni Opal dan Bening.  Jika anda memerlukan LED untuk keperluan ruang tamu yang kiranya memiliki ruangan yang luas, maka anda bisa memilih jenis Bohlam Opal karena jenis ini akan menyebarkan cahaya merata keseluruh ruangan anda. Lain halnya dengan jenis bohlam bening, jenis ini disarankan untuk ruangan yang terlihat kecil seperti kamar kecil yang mana menciptakan bayangan di dinding.

3. Perhatikan Daya watt yang Anda Beli

bohlam led
Krisbow Lampu Led Tube T8 0,6 M 2700 K – Warm White

Walapun LED termasuk lampu yang hemat energi dan ramah lingkungan, tetapi juga pastinya masih menggunakan energi listrik jika kita tidak bijak dalam penggunaannya.

Daya watt yang tinggi juga akan menghasilkan sumber cahaya yang lebih terang sejalan dengan pemakaian listriknya walaupun tidak sebesar lampu pijar lainnya.

Untuk ruang tidur, kerja, dan belajar anda hanya perlu membutuhkan bohlam jenis LED sebesar 7-9 watt saja atau setara dengan kurang lebih 35 watt pada lampu pijar. Dan selanjutnya, pastikan anda memilih bohlam dengan satuan lumen untuk mengukur tingkat kecerahan ruangan anda.

Lampu dengan jenis lumen hanya menghabiskan energi listrik sebesar 1/6 dari lampu pijar walaupun dengan tingkat intensitas cahaya yang sama.

4. Pilihlah merek dengan kualitas terpercaya sejak lama

bohlam
Krisbow Bohlam Led 9 W 3000k 900 Lm – Warm White

Di pasaran sekarang banyak bermunculan bohlam jenis LED yang ditawarkan dengan harga yang relative murah dibanding dengan harga pasaran sebenarnya. Anda perlu hati-hati dalam memilih jenis bohlam yang akan anda gunakan, kenali mereknya, izin SNInya, dan tingkat kecerahan.

LED yang tidak sesuai dengan SNI akan membuat kerusakan atau korsleting listrik. Jangan sampai memilih bohlam jenis LED dengan tujuan hemat tetapi malah justru merugi karena kualitasnya yang buruk. Di Ruparupa.com Anda bisa mendapatkan berbagai jenis bohlam LED dengan variasi daya watt berbeda yang sudah bersertifikat SNI, bergaransi, dan terjamin tahan lama.

Jika anda adalah orang percaya akan perubahan, maka saatnya beralih ke LED. Mari jaga lingkungan dengan cara menghemat listrik mulai dari hal kecil mengganti bohlam lama anda ke LED. Yuk, belanja segera di Ruparupa!

Editor: Ariel Natasya