9 Barang yang Harus Dipersiapkan Menjelang Persalinan

0
5198

Menjelang hari perkiraan lahir atau HPL menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu, sekaligus menegangkan. Apalagi, ada banyak perlengkapan persalinan yang harus kita bawa di hari tersebut. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan menjelang persalinan?

Barang yang Harus Dipersiapkan Menjelang Persalinan

Meskipun dokter kandungan sudah memberikan gambaran Hari Perkiraan Lahir (HPL), tetapi tak jarang kelahiran bayi bisa saja terjadi sebelum atau sesudah dari hari tersebut. Jadi, tidak ada yang bisa mengetahu waktu pasti kelahiran si kecil.

Ruparupa Banner

Nah, agar kamu tidak kewalahan, sebaiknya kamu sudah mulai mengemas perlengkapan tersebut di dalam satu tas.

Dengan begitu, barang-barang yang sifatnya penting tidak akan tertinggal, meskipun kelahiran terjadi lebih awal.

Berikut in berbagai daftar kebutuhan yang harus kamu siapkan menjelang HPL.

1. Dokumen pribadi

Hal paling pertama yang tidak boleh terlewatkan adalah dokumen identitas pribadi, mulai dari, kartu identitas (KTP), kartu kunjungan pemeriksaan kehamilan, kartu kesehatan atau asuransi, kartu keluarga, dan dokumen penting lainnya.

Pastikan seluruh dokumen sudah disimpan rapi di dalam tas jinjingan. Dengan begitu, pihak rumah sakit akan lebih mudah membuat surat keterangan lahir seusai persalinan nanti.

Selain itu, data ini juga berperan membantu administratif dan cadangan riwayat kesehatan ibu dan anak selama di kandungan.

Sumber: unsplash.com/@sharonmccutcheon

2. Baju ganti

Kemasi pakaian ganti yang nyaman, seperti baju lengan panjang dengan bahan katun dan bermodel jubah atau kancing depan.

Pasalnya, model baju ini akan lebih memudahkan ibu untuk memberikan ASI pada si kecil.

Selain itu, bawalah kaus kaki yang nyaman dan hangat. Seusai melahirkan, beberapa ibu akan merasakan rentan kedinginan seusai melahirkan.

Nah, kamu bisa menyimpannya di dalam satu tas persiapan persalinan seperti di bawah ini.

Baca Juga:   8 Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir yang Bermanfaat
Tas popok dengan kompartemen yang luas untuk mengisi berbagai keperluan ibu dan si kecil

Beli di sini

3. Celana dalam dan pembalut

Bawalah pembalut dan celana dalam sebanyak mungkin selama masa nifas. Karena setelah proses persalinan, wanita akan mengeluarkan darah nifas secara langsung.

Itu sebabnya kamu harus rutin menggantinya agar area Miss V tetap higienis.

4. Bra khusus menyusui

Perlengkapan selanjutnya yang tak boleh terlewatkan adalah bra khusus menyusui. Umumnya, ASI akan mulai aktif beberapa jam pas kelahiran. Penggunaan bra khusus akan membantu mengurangi rasa nyeri pada payudara.

Lengkapi juga dengan bread pad yang berguna untuk menampung ASI agar tidak membasahi baju, ya.

Jangan lupa untuk menyediakan bantalan kecil sebagai penyangga tangan saat memberikan ASI. Jadinya, saat menyusui akan lebih mudah dan nyaman bagi ibu dan bayi.

5. Peralatan mandi

Meskipun biasanya pihak rumah sakit telah menyediakan set perlengkapan mandi, tetapi tidak ada salahnya untuk membawa seluruh perlengkapan mandi pribadi.

Misalnya, sampo kering yang membantu membuat rambut tetap segar dan wangi selama masa pantangan mencuci rambut.

Sumber: unsplash.com/@alexandra tran

6. Pakaian bayi

Bukan hanya kebutuhan ibu, tetapi perlengkapan terakhir si kecil juga tidak kalah penting, loh. Siapkan pakaian bayi dengan beberapa ukuran.

Tidak ketinggalan, popok, kaus kaki, penutup kepala, dan juga sarung tangan agar si kecil tetap merasa hangat selama perjalanan pulang ke rumah.

Pilihlah bahan yang halus dan lembut agar si kecil tetap nyaman, ya. Apalagi kulit bayi yang baru lahir cenderung lebih sensitif.

Sumber: unsplash.com/@mediamodifier

7. Masker

Mengingat kondisi virus COVID-19 yang belum kian mereda, membawa persiapan masker menjadi salah satu hal wajib jika ingin berkunjung ke pusat fasilitas kesehatan.

Tetap jalankan protokol kesehatan dan gunakan masker medis sesuai standar yang berlaku. Salah satunya adalah ketentuan double mask.

Pastikan kamu menggunakan masker medis yang efektif mencegah terinfeksi virus COVID-19, seperti berikut ini.

Baca Juga:   5 Langkah Mencuci Peralatan Makan Bayi yang Benar

Beli di sini

8. Air Purifier

Untuk menjaga ekstra keamanan selama di ruangan rumah sakit, kamu bisa membawa air purifier portabel.

Selain praktis, alat ini sangat efektif untuk menyaring debu, asap, bakteri, virus, dan jamur yang berkeliaran di udara ruangan.

Apalagi mengingat kondisi ibu dan anak yang masih cukup rentan, tentu saja memiliki alat ini akan menjadi investasi terbaik.

Bahkan, kamu bisa menggunakannya saat di rumah agar sirkulasi udara tetap terasa segar. Nah, berikut ini rekomendasi air purifier yang bisa kamu bawa ke mana saja.

air purifier portable
Kris Air Purifier Portable – Hitam. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

9. Powerbank

Karena terburu-buru, terkadang kita kelupaan untuk membawa pengisi daya atau powerbank untuk ponsel. Padahal, ini cukup yang penting untuk mengabadikan momen istimewa tersebut dengan ponsel.

Maka dari itu, pastikan kamu sudah memasukkan pengisi daya portabel atau powerbank di dalam tas jinjingan menjelang persalinan.

Berikut ini kami punya rekomendasi powerbank yang bisa kamu gunakan.

Beli di sini

Itu dia sembilan barang yang kamu persiapkan di dalam tas menjelang persalinan. Pastikan kamu telah mempersiapkan seluruh perlengkapan ini sejak satu bulan sebelum kelahiran, ya.

Dengan begitu, kamu tidak akan kewalahan jika HPL datang lebih awal atau di waktu yang mengejutkan.

Semua perlengkapan persalinan tesebut bisa kamu dapatkan hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini menyediakan berbagai peralatan rumah tangga dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.