Berbagai warna yang alam suguhkan bagi kita mengandung banyak makna, dan dikenal sebagai psikologi warna. Psikologi warna merupakan persepsi manusia terhadap warna yang terlihat oleh indera penglihatan. Setiap warna yang tertangkap oleh indera penglihatan akan dipersepsikan atau diartikan secara unik oleh pikiran seseorang. Warna-warna tersebut mampu mempengaruhi suasana hati seseorang.

Dalam psikologi warna, warna hijau merupakan representasi dari warna alam yang sarat dengan harmoni, kesuburan, kesegaran, kedamaian, dan memberikan efek relaksasi. Warna hijau juga bersifat menenangkan dan membangkitkan energi dan gairah baru dalam hidup seseorang. Warna ini seringkali digunakan untuk membantu orang-orang yang berada dalam situasi tertekan untuk mendapatkan harmonisasi dan menguasai emosi.

Bagi Anda yang menginginkan hidup selaras dengan alam, Anda bisa membawa nuansa warna hijau pada beberapa bagian di rumah Anda. Dengan kombinasi dan padanan yang sesuai, dekorasi warna hijau pada furnitur dan berbagai sudut rumah bisa membangkitkan energi dan harmoni bagi seluruh anggota keluarga.

Berikut tips untuk bangkitkan energi dengan dekorasi warna hijau:

desain interior serba hijau1. Pilih paduan warna yang tepat

Warna hijau memang bukan warna yang umum digunakan sebagai warna primer, maka ada baiknya Anda menentukan kombinasi warna yang Anda inginkan. Warna yang tepat untuk bersandingan dengan warna hijau adalah putih, abu-abu, oranye, dan kuning. Atau warna lain yang dirasa sesuai dengan warna hijau yang Anda pilih. Anda juga bisa memaksimalkan material kayu atau warna kayu agar lebih menyatu dengan alam.

2. Gunakan warna hijau sebagai aksen

Menghadirkan nuansa hijau ke dalam rumah bukan berarti Anda harus mengecat seluruh dinding dengan warna hijau yang akan menjadikan rumah Anda lebih menyolok dibandingkan rumah lainnya. Namun Anda cukup tambahkan warna hijau pada beberapa sudut rumah dengan aneka dekorasi ruangan agar warna hijau lebih stand out dan eye catching.

desain interior serba hijau3. Kombinasikan dengan material kayu

Agar lebih menyatu dengan alam, Anda bisa mengkombinasikan dengan material kayu ataupun bambu. Tambahkan material kayu ataupun bambu untuk furnitur maupun hiasan dinding. Biarkan bambu dan kayu pada warna alaminya agar lebih menyatu dengan suasana alam.

4. Cat dinding sebagian

Jika Anda ingin mengganti warna dinding dengan mengecatnya dengan warna hijau, hindari untuk mengecat seluruh dinding rumah dengan warna hijau. Anda juga bisa mengkombinasikan dinding dengan wallpaper motif.

desain interior serba hijau5. Tambahkan tanaman hijau

Nuansa alami tentunya akan semakin nyata dengan menambahkan tanaman hijau di rumah. Anda bisa memilih tanaman kaktus atau terrarium agar perawatannya lebih mudah, cukup disiram satu minggu sekali. Atau bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk merawat tanaman, Anda bisa menambahkan tanaman artificial.

Ayo bangkitkan energi Anda dan temukan inspirasi aneka kebutuhan rumah tangga bernuansa hijau koleksi Ruparupa.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here