Jangan putus asa, bila saat ini Anda terbayang dengan resolusi tahun-tahun sebelumnya yang tak pernah berhasil. Sebab hari ini juga Anda bisa mengetahui cara membuat resolusi yang tepat agar resolusi tersebut berhasil dan konsisten dilakukan sehingga menjadi sebuah kebiasaan.

Sekaranglah saat yang tepat untuk menyusun resolusi tahun baru Anda!

Terapkan 5 hal wajib berikut saat Anda membuat resolusi:

Sumber : https://goo.gl/VFzT1E

1. Tentukan Tema

Yakni aspek finansial, spiritual, produktivitas, keluarga, atau hubungan.

Untuk menentukan tema, Anda dapat menanyakan pertanyaan ini pada diri sendiri:
– Apa sebenarnya yang mendasari Anda memilih resolusi itu? Misal, mengapa Anda ingin bisa rutin berolahraga? Apakah karena menginginkan tubuh yang sehat ketika mulai memasuki usia 30an?
– Kedua adalah menentukan motif di balik resolusi yang Anda buat. Jika tubuh sehat, maka jiwa dan pikiran juga sehat. Jika jiwa dan pikiran sehat, maka bisa berpikir jernih. Dengan pikiran jernih, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang sempurna. Artinya, di balik keinginan untuk rutin berolahraga, tersembunyi motif ingin lebih produktif.

Perlu di ingat, saat ini resolusi berolahraga rutin hanyalah menjadi salah satu cara untuk mewujudkan motif yang telah Anda temukan tadi. Seringkali si empunya resolusi akan berpikir jika tidak bisa rutin berolahraga maka artinya sudah gagal mewujudkan resolusi.

Ternyata tidak. Apapun caranya tidaklah masalah selama cara itu bisa membantu Anda memenuhi motif Anda. Inilah prinsip yang harus Anda pegang dalam menjalankan resolusi tahun baru.

Dengan menemukan motif, Anda sudah menemukan tema dan salah satu cara yang Anda anggap mudah untuk mencapainya resolusi Anda.

Inilah tujuan dari menentukan tema, yaitu agar Anda tidak menganggap resolusi yang Anda tentukan sebagai tujuan akhir, namun motif Andalah tujuan akhir tersebut.

Dengan kata lain, jika resolusi tidak berhasil Anda masih bisa mencapai tema dengan cara lainnya.

2. Ambil langkah-langkah Kecil

Setelah Anda menemukan tema apa yang ingin Anda capai di tahun baru, sekarang saatnya untuk menentukan langkah-langkah untuk mencapainya, yaitu apa saja yang dapat Anda lakukan agar bisa mencapai tujuan akhir tadi. Tuliskan cara yang mudah Anda lakukan sebanyak-banyaknya dan lakukan dengan konsisten.

Pastikan cara tersebut tidak mungin gagal Anda lakukan! Caranya?
– Bagilah cara itu menjadi langkah-langkah kecil yang tidak terasa berat. Misalnya lari mengelilingi ruang keluarga selama 1 menit setiap hari
– Jadikan langkah kecil itu sebagai sebuah kebiasaan
– Setelah terbiasa, saatnya Anda untuk beranjak ke langkah kecil berikutya dan lakukan dengan konsistensi yang sama

3. Bangun Kesadaran

Kesadaran diri sangat diperlukan jika Anda ingin mencapai resolusi. Dengan kesadaran diri, kita bisa mengukur dengan sadar apa yang perlu kita lakukan untuk tetap konsisten melakukan langkah-langkah kecil yang telah dibuat

4. Mintalah Dukungan Keluarga

Mintalah mereka untuk mendukung Anda menjalankan resolusi yang dibuat dengan mengingatkan Anda jika Anda lupa atau sedang malas. Sebagai keluarga, mereka pasti bersedia membantu mencarikan jalan keluar jika Anda menjumpai hambatan di tengah jalan dan mengawasi perjalanan Anda mewujudkan resolusi tersebut

5. Ingat Selalu Motivasi Anda Pertama Kali

Sumber motivasi yang paling powerful adalah hal-hal yang Anda anggap paling penting dalam hidup Anda. Bisa saja berupa karier Anda, keluarga, kesehatan, kekayaan, kemandirian, kebebasan, dll. Intinya, hal-hal tersebut harus mampu mendorong Anda untuk tidak mudah menyerah dan mampu membuat Anda bersabar menjalankan langkah-langkah kecil yang telah disusun.

Nah, itulah 5 hal yang perlu Anda terapkan agar Anda bisa membuat resolusi tahun depan sukses dan menjalaninya dengan konsisten. Carilah ide dan inspirasi menjalankan motif Anda dari banyak sumber, seperti halaman Make Your Resolution dari Ruparupa. Lengkap dengan beragam pilihan produk yang langsung dapat Anda pilih dan beli sebagai salah satu langkah kecil tadi. Selamat berjuang membuat resolusi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here