Menata Alat Memasak Anda dengan Rak Piring atau Lemari Dapur

    Memasak di dapur akan lebih menyenangkan dan efisien jika peralatan dapur Anda tersusun rapi di lemari dan rak dapur. Menjaga dapur Anda tertata rapi memang tidak mudah, tetapi jika Anda tahu tips dan triknya, dapur Anda akan jauh dari keberantakan.

    Membersihkan meja dapur adalah cara yang bagus untuk meningkatkan organisasi dapur secara keseluruhan. Seseorang yang tinggal di rumah atau apartemen dengan dapur kecil sangat rentan untuk menempatkan barang di atas meja. Sulit untuk menghindarinya saat bekerja dengan ruang terbatas. Namun, ada alternatif lain untuk tempat penyimpanan, salah satunya adalah rak dapur. Berikut ini adalah cara menata yang efisien serta jenis-jenis rak dapur yang mungkin Anda butuhkan.

    Pisahkan Alat Masak Sesuai Jenisnya

    Piring, pot, panci, dan alat memanggang merupakan bagian penting dari dapur manapun. Mengorganisir barang-barang semacam ini dengan hati-hati dapat berkontribusi pada alur kerja dapur dan mengurangi kekacauan. Jika ruang lemari terbatas, pilih rak piring bertingkat yang memungkinkan Anda menumpuk piring dan mangkuk dengan ukuran berbeda. Simpan gelas dan barang pecah belah khusus ke dalam wadah plastik di tempat penyimpanan tersendiri.

    Coba gunakan rak gantung untuk menyimpan panci dan wajan. Tempatkan alat memanggang di lemari di bawah meja untuk penyimpanan yang optimal. Sebaiknya Anda juga menyimpan barang-barang peralatan masak sedekat mungkin dengan kompor. Banyak oven yang juga memiliki kompartemen penyimpanan built-in yang bisa digunakan untuk panci, wajan, dan alat memanggang.

    Jenis Rak Dapur

    - Panci dan Wajan

    Rak panci dan wajan digunakan untuk menyimpan panci, wajan, dan barang lainnya. Rak ini dipasang pada dinding atau pintu, atau berdiri dengan sendirinya. Rak panci dan wajan juga bisa digantung dari langit-langit. Mereka dirancang dengan satu atau lebih rak, kait, dan mekanisme lainnya untuk mengamankan panci dan wajan. Nama lain untuk jenis rak ini meliputi rak plafon, rak gantung, rak panci, dan panel geser.

    - Piring

    Rak piring digunakan untuk menyimpan, mengatur, dan menata piring. Rak ini yang berdiri bebas atau terpasang di dinding dengan rak atau alas yang mengunci piring. Rak piring juga bisa dilengkapi kait dan rak untuk barang-barang lainnya, seperti panci, wajan, handuk, sarung tangan oven, dan mug.

    - Gelas

    Jenis rak ini digunakan untuk menggantung gelas dan cangkir, termasuk gelas anggur. Mereka biasanya dipasang di dinding atau di bawah panel atau rak. Rak gelas juga bisa berdiri sendiri.

    - Anggur

    Jenis rak ini digunakan untuk mengatur, menampilkan dan menyimpan botol anggur. Rak anggur dirancang dengan berbagai gaya yang menampilkan botol dengan cara yang inovatif dan bergaya. Mereka dapat berdiri sendiri atau dipasang di dinding, dan terbuat dari berbagai bahan (misalnya kaca, kayu, stainless steel, logam, dan besi).

    - Bumbu dan Rempah

    Rak dapur menyimpan dan mengatur berbagai barang dapur, termasuk bumbu dan rempah-rempah. Rak rempah adalah unit kecil dengan rak yang digunakan untuk menempatkan rempah-rempah dan botol bumbu dapur. Mereka umumnya dipasang di dinding atau pintu kabinet.

    - Tempat Cuci Piring

    Rak piring atau rak dapur digunakan untuk mengeringkan piring, gelas, dan peralatan dapur lainnya setelah dicuci. Mereka biasanya ditempatkan di dekat bak cuci dengan bagian bawah yang berlubang untuk memudahkan proses pengiriman.