Partikel board – Sering mendengar namun jarang orang tahu mengenai asal usul jenis kayu yang satu ini. Partikel board atau yang dijuluki sebagai kayu lapis moderm ini adalah papan yang berasal dari material kayu dan tersusun dari serbuk gergaji yang dipadatkan melalui proses kimia dengan tekanan suhu yang tinggi.

Jenis kayu lapis yang satu ini muncul pada akhir tahun 1940-an, dimana pada saat itu plywood menjadi barang yang susah ditemukan sehingga jenis kayu ini menjadi alternatif terbaik untuk menggantikan plywood.

Lalu mengapa partikel board mudah didapat yah Ruppers? Karena jenis kayu ini menggunakan bahan-bahan daur ulang yang dikombinasikan, sebagai contoh yaitu sisa potongan kayu dan serbuk kayu yang dikompres secara bersamaan.

Mengenal sudah, tetapi perlu ciri – ciri yang lebih spesifik nih untuk mengetahui jenis kayu yang satu ini. Simak yuk karakteristik partikel board berikut.

Berat

Memiliki kepadatan 650—700kg/m³. Walaupun padat, ternyata jenis kayu yang satu ini termasuk ringan loh dibanding dengan jenis kayu lainnya sehingga mudah untuk dibawa atau dipindah – pindahkan.

Pemasangan

Semakin padat komposisinya maka dibutuhkan juga tenaga ekstra untuk memasang bor atau sekrup. Biasanya pemasangannya mudah dibongkar pasang. Seperti lemari besar yang dapat di bongkar pasang sehingga Anda dapat menyimpannya dengan mudah jika tidak dibutuhkan.

Cat

Dalam dunia cat, jenis kayu yang satu ini sangat mudah untuk dikreasikan dengan berbagai warna pilihan Anda. Jenis kayu yang satu ini dapat dicat atau dilapisi dengan extra veneer pada bagian permukaan sesuai dengan desain yang diinginkan.

Harga

Soal harga, jenis kayu yang satu ini sangat pas dikantong. Harganya yang relatif murah membuat partikel board menjadi alternatif material produk dengan harga yang terjangkau. Walaupun murah, kualitasnya tetap terjaga kok Ruppers.

Daya tahan

Biasanya digunakan untuk material dengan produk yang berada didalam ruangan atau didalam rumah. Hal ini dikarenakan jenis kayu yang satu ini tidak terlalu tahan akan perubahan cuaca. Tetapi untuk daya tahan sekrup atau menampung beberapa barang, jenis kayu ini cukup kuat loh Ruppers.

Struktur

Memiliki keunggulan struktur yang tidak mudah bengkok atau berubah bentuk. Bobotnya yang ringan juga menjadikan jenis kayu ini mudah ditransportasi dan ditangani untuk proyek-proyek interior.

Biasanya digunakan untuk keperluan furnitur atau pun keperluan interior ruangan. Biasanya diaplikasikan dalam berbagai furnitur seperti rak buku, meja, kursi, rak tv atau lainnya yang dapat di bongkar pasang sehingga Anda dapat membongkarnya dengan mudah dan disimpan ketika sedang tidak dibutuhkan.

Harganya yang murah dan kualitasnya yang lumayan bagus membuat partikel board menjadi pilihan untuk berbagai keperluan interior ruangan.

Namun partikel board harus memiliki perawatan yang baik seperti hindari terkena air karena dapat menyebabkan jenis kayu ini rapuh, menempatkan barang sesuai dengan kapasitas partikel board, hindari terkena benturan karena jika bagian engsel pada partikel board lepas maka sulit untuk dipasangkan kembali.