Intip Serba Serbi Alat Cek Gula Darah Agar Tidak Salah Pilih!

0
1288

Glukometer atau alat cek gula darah merupakan alat kesehatan yang biasa digunakan oleh penderita diabetes melitus untuk memantau kadar gula darah secara rutin dan mandiri. 

Penggunanya dapat membawa alat ini ke mana pun karena bentuknya yang compact. Jadinya, mudah untuk disimpan ke dalam tas dan kantong celana. 

Ruparupa Banner

Namun, perlu diingat tidak semua produk memiliki keunggulan yang sama. Agar tidak salah pilih, simak beberapa pertanyaan yang perlu Anda ketahui sebelum membeli alat cek gula darah. 

Pertanyaan Populer Seputar Alat Cek Gula Darah

cara memiliih alat cek gula darah yang bagus dan akurat
 Temukan produk kesehatan di Ruparupa.com

Apa itu alat cek gula darah ?

Menurut American Diabetes Association, glukometer atau blood glucose indicator adalah alat medis yang digunakan untuk menghitung kadar glukosa di dalam darah.

Dengan menggunakan perangkat digital ini secara terus menerus, maka seseorang bisa menggunakannya sebagai indikator untuk mengendalikan kadar gula darah agar selalu dalam batas normal.

Apalagi, naik turunnya kadar gula darah terus mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti olahraga, obat-obatan, insulin, stres, maupun pola makan.

Biasanya, alat ini digunakan oleh penderita diabetes melitus agar lebih mudah memantau dan mewaspadai bila tiba-tiba kadar gula darah naik atau turun secara drastis.

Apa saja yang dibutuhkan untuk mengukur gula darah?

Berikut ini beberapa alat yang perlu Anda siapkan untuk mengukur gula darah sendiri di rumah.

  • Jarum kecil atau lanset
  • Perangkat lancing yang berguna untuk menahan jarum
  • Alkohol
  • Kapas
  • Strip uji
  • Meteran glukosa
  • Kotak portabel
Baca Juga:   Nebulizer: Mengenal Manfaat dan Jenis Nebulizer

Setelah menyiapkan beberapa perlengkapan di atas, maka Anda bisa menggunakan glukometer dengan mudah. 

Caranya adalah mulai dari mengusapkan ujung jari dengan kapas yang sudah dibasahi alkohol. Lalu, tusuk ujung jari dengan lancet hingga mengeluarkan sedikit darah. 

Setelah itu, Anda bisa meletakkan tetesan darah tersebut pada strip uji dan masukan pada alat cek kadar gula darah atau glukometer.

Tunggu selama beberapa detik sampai angka pengukuran muncul pada layar meteran. Angka tersebut merupakan penunjuk kadar gula di dalam darah.

Bagaimana cara mengetahui kadar gula darah? 

Pemeriksaan kadar gula darah bisa dilakukan secara mandiri dengan memakai glukometer. Anda hanya perlu mengambil tetesan darah di ujung jari.

Namun, sebelum melakukan tes kesehatan ini, pastikan Anda melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  • Sudah menyiapkan jarum lancet ke dalam perangkat lancing.
  • Memasukkan strip uji ke meteran glukosa.
  • Mengusap ujung jari dengan kapas yang sudah diberi alkohol agar tidak infeksi. Hindari menekan jari terlalu keras agar cairan lain dalam pembuluh darah tidak ikut terambil.
  • Tusuk ujung jari untuk mengeluarkan setetes darah. Lalu, letakkan tetesan darah tersebut pada strip uji dan tunggu hasilnya keluar pada layar. 

Berapa lama puasa sebelum cek gula darah?

Bila Anda melakukan cek gula darah di laboratorium atau rumah sakit, biasanya Anda sangat disarankan untuk melakukan puasa minimal 8-10 jam, sebelum melakukan tes pengambilan darah. Sedangkan untuk pemeriksaan trigliserid, maka Anda harus puasa selama 12 jam.

Selama menjalankan puasa, Anda tidak boleh makan dan mengonsumsi minuman berasa, kecuali air putih.

Sedangkan bila Anda menggunakan alat tes gula darah sewaktu (GDS), maka Anda tidak perlu melakukan puasa. Namun, biasanya alat ini sangat membantu bila Anda memiliki gejala diabetes, seperti sering buang air kecil.

Baca Juga:   Hormon Insulin - Pengertian, Pengaruh, dan Fungsi

Apa merk alat cek gula darah yang bagus?

Pertanyaan ini sering membuat kita bingung dalam memilih glukometer. Apalagi, saat ini semakin banyak brand yang menjual alat pengukur gula darah digital.

Nah, agar tidak salah pilih, pastikan Anda membeli alat tes gula darah yang berasal dari produsen terbaik, bergaransi, akurat, dan memiliki fitur terlengkap. Jadinya, Anda pun akan lebih mudah saat melakukan pengecekan gula darah.

Salah satu alat tes gula darah rekomendasi Ruparupa adalah Sowell. Alat ini memiliki fitur unggulan, seperti melakukan tes hanya dalam waktu 8 detik. Selain itu, design alat ini cukup minimalis dan bisa Anda bawa ke mana-mana, serta memiliki garansi mesin hingga 2 tahun. 

Berapa harga alat untuk mengecek gula darah?

Beli di sini

Harga alat tes gula darah memang bervariasi. Biasanya berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp 300 ribu. Namun, hindari membeli produk tidak berkualitas dengan harga yang murah. 

Hal yang paling penting adalah pastikan Anda membeli alat tes gula darah yang memang sudah teruji dan memiliki fitur lengkap, seperti produk kesehatan dari Sowell. Alat tes kesehatan milik Sowell mudah digunakan, sudah teruji klinis, dan memiliki fitur lengkap.

Itu dia beberapa cara dan pertimbangan saat membeli alat cek gula darah.  Anda bisa mendapatkan produk kesehatan terbaik dan berkualitas hanya di Ruparupa. Platform belanja satu ini tidak hanya menyediakan perlengkapan kesehatan, seperti oximeter dan alat pengukur tekanan darah, tetapi juga menjual peralatan rumah tangga dan furnitur terbaik.

Selain itu, jangan lewatkan berbagai program penawaran terbaik dari Ruparupa, seperti cashback, potongan harga, hingga bebas biaya ongkir, yang tersedia eksklusif bagi setiap penggunanya.