9 Keunikan Rumah Adat Baileo yang Wajib Diketahui

0
12396

Rumah adat provinsi di Indonesia memiliki arsitektur yang begitu indah. Seperti salah satunya adalah keunikan rumah adat Baileo dari Maluku dan Maluku Utara. Rumah adat ini juga punya berbagai filosofi yang tercemin di dalamnya.

Inilah yang membuat rumah adat Balelo tidak hanya sebatas kemegahan, tetapi juga punya ciri khas yang berbeda dari rumah adat lainnya.

Ruparupa Banner

Keunikan Rumah Adat Baileo

Pasti kamu penasaran kira-kira apa saja keunikan dari rumah adat Baileo asal Maluku ini? Mari intip penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Struktur bangunan

Rumah Baileo berbentuk panggung, yang fondasi bangunan terbuat dari tiang-tiang kayu pohon kelapa. Tiang ini langsung ditanam ke dalam tanah sehingga memperkokoh struktur bangunannya.

Sedangkan bagian dinding dan atap terbuat dari gaba-gaba atau tangkai rumbia dengan model terbuka agar dapat memudahkan para roh leluhur untuk keluar masuk rumah.

keunikan rumah adat baileo maluku
Sumber: www.romadecade.org

2. Ukuran yang besar

Keunikan rumah Baileo adalah memiliki ukuran yang sangat besar. Memang sedikit berbeda dari rumah adat lainnya, karena rumah ini berfungsi untuk menampung banyak orang.

3. Digunakan sebagai balai

Pasalnya, rumah adat ini berfungsi sebagai balai atau tempat pertemuan, baik untuk mengadakan musyawarah atau kepentingan lain, seperti pertemuan adat dan upacara.

Baca Juga:   Kenali Uniknya Tongkonan, Rumah Adat Toraja

Oleh karena itu, tak heran bila terdapat sejumlah benda bersejarah dan keramat di dalam bangunan ini.

4. Arsitektur terbuka

Rumah adat Baileo memiliki konsep arsitektur berbentuk rumah panggung. Berbentuk bangunan persegi panjang, yang ketinggianya mencapai 2 meter. Nah, untuk masuk ke dalam rumah ini, kamu harus melewati tangga berukuran sektiar 1,5 meter.

Selain itu, bangunan rumah Baileo juga menggunakan konsep terbuka tanpa dinding. Filosofi dari bangunan tanpa dinding ini adalah bertujuan untuk memudahkan roh leluhur untuk keluar masuk bangunan.

5. Batu pamali

Pada area depan bangunan selalu terdapat tempat sesaji khusus yang bernama batu Pamali. Maka dari itu, setiap pendatang wajib menghormati dan mejaga keberadaannya batu Pamali ini.

6. Kerangka lantai papan

Uniknya, kerangka lantai rumah adat Baileo masih menggunakan papan yang disusun dan direkatkan tanpa menggunakan paku, melainkan menggunakan papan murni dan teknik kunci.

Meskipun begitu, lantai papan rumah Baileo tetap bisa bertahan kuat, tanpa ada bunyi derit sama sekali.

7. Punya tiang-tiang penyangga

Rumah adat Baileo memiliki banyak tiang penyangga, yang mempunyai nilai filosofinya masing-masing.

Ada 9 tiang di depan dan belakang, serta 5 buah tiang berada di sisi kanan dan kiri. Jumlah tiang penyangga ini melambangkan perkumpulan antar desa atau dikenal juga dengan istilah Siwak Lima.

Sedangkan 4 tiang lainnya, didirikan di sisi lain di dalam rumah. Tiang utama berfungsi utuk menopang rangka lantai. Untuk bagian atasnya, menggunakan tiang balok, yang menopang rangka atap dan menahan pagar.

Baca Juga:   Adem Banget! 10 Desain Rumah Tropis Masa Kini yang Manis

8. Ornamen dengan nilai filosofis

Keunikan lainnya terletak pada ornamen dua ekor ayam yang diletakkan secara berhadapan dan diapit oleh dua ekor anjing pada bagian kiri dan kanannya. Ornamen ini melambangkan kemakmuran dan juga kedamaian.

Selain itu, rumah adat ini juga memiliki ukiran matahari, bintang, dan bulan. Ukiran tersebut menggunakan kombinasi warna hitam, merah, dan kuning, yang melambangkan bahwa rumah ini merupakan tempat untuk menjaga persatuan.

9. Menggunakan material alam

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bahwa seluruh bahan dan material dari bangunan rumah adat Baileo menggunakan hasil alami dari alam, seperti kayu, bambu, dan rumbia.

***

Nah, itu dia 9 keunikan rumah adat Baileo yang jarang diketahui. Kamu juga bisa melihat keunikan rumah adat lainnya di Indonesia dengan membaca artikel ini. 

Buat kamu yang mencari berbagai kebutuhan rumah tangga dan furnitur berkualitas, kamu  bisa langsung mengunjungi Ruparupa.com.

Situs belanja online ini memberikan kemudahan untuk membeli furnitur dengan aneka pilihan pembayaran dan juga gratis ongkir, lho. Yuk, segera kunjungi Ruparupa.com sekarang juga!