8 Bahan Rumah Tangga Ampuh Penghilang Goresan Pada Furnitur Kayu

Memiliki furnitur kayu berkualitas adalah sebuah kebanggan dan investasi tersendiri bagi rumah Anda. Selain karena awet, furnitur kayu juga biasanya lebih ‘tahan banting’. Anda dapat vernis ulang atau bahkan modifikasi kembali setelah beberapa waktu, sehingga terus terlihat baru. Sebuah meja kayu utuh misalnya, dapat di potong menjadi dua bagian meja sedang, bila Anda beralih ke rumah dengan luas yang lebih kecil.

Nah, merawat furnitur kayu bisa mudah-mudah-susah. Susah karena Anda dituntut untuk peka terhadap goresan yang terjadi. Semakin dini mengenali goresan tipis, semakin mudah menyamarkannya. Mudah karena Anda selalu bisa mencoba trik simpel menghilangkan goresan pada furnitur kayu menggunakan bahan-bahan rumah tangga berikut.

Tips: Samarkan goresan pada furnitur kayu dengan menyamakan warna serta teksturnya

1. Kopi

Buatlah secangkir kopi hitam kental, kemudian aplikasikan larutan kopi ke goresan tadi menggunakan lap halus. Cocok untuk furnitur dengan warna kayu gelap.

2. Semir Sepatu

Ambil semir sepatu berwarna senada dengan furnitur kayu Anda, kemudian aplikasikan hati-hati pada tempat goresan berada dan biarkan mengering dengan sendirinya. Material semir sepatu cocok untuk kamuflase furnitur kayu yang memiliki goresan agak dalam.

3. Pensil Alis Berbahan Dasar Minyak

Sama seperti semir sepatu, Anda dapat menggunakan pensil alis berbahan dasar minyak (Oil based) untuk memberikan sentuhan perbaikan pada furnitur kayu yang tergores agak dalam. Jangan lupa pilih yang berwarna cokelat ya.

4. Krayon

Krayon anak-anak juga dapat Anda manfaatkan untuk menambal goresan pada furnitur kayu, loh. Caranya, pilih warna krayon yang sesuai, kemudian parut dalam sebuah mangkuk kecil. Celupkan mangkuk ke dalam panci berisi air mendidih, hingga krayon meleleh. Aplikasikan lilin krayon pada furnitur dan ratakan adonan tersebut menggunakan pisau pipih. Diamkan hingga krayon mengental dan menjadi satu dengan furnitur. Cocok untuk memperbaiki goresan furnitur yang dalam.

5. Kacang Walnut

Tak ingin hanya ‘menambal’ goresan, namun benar-benar menghilangkannya? Coba gosokkan kacang walnut yang Anda miliki di lemari camilan langsung ke goresan. Minyak walnut dikatakan merupakan salah satu bahan terbaik untuk menghilangkan kerusakan pada furnitur kayu.

6. Selai Kacang

Berfungsi sama seperti kacang walnut, selai kacang pun dapat Anda gunakan untuk membuat mebel kesayangan cantik kembali. Oleskan selai kacang tanpa gula ke bagian yang rusak, diamkan selama satu jam, kemudian bersihkan.

7. Petroleum Jelly

Cara lainnya adalah dengan mengoleskan petroleum jelly dan membiarkannya semalaman, hingga kayu di sekelilingnya mengembang dan menutupi bagian yang rusak. Pastikan Anda membersihkan ulasan petroleum jelly tadi dan menyapukan vernis tipis pada bagian yang sudah Anda perbaiki.

8. Mayones

Terakhir, bila kayu sudah retak atau terbelah, Anda dapat menggunakan mayones dan membiarkannya selama dua hingga tiga hari agar minyak mayones membuat kayu ‘bengkak’ dengan sendirinya dan mengisi retakan yang terjadi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *