6 Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

0
35717
Mencegah Kebakaran di Rumah

Kebakaran merupakan momok yang sering menghantui kita, karena meskipun kita bisa mencegah kebakaran tetapi musibah tak pernah bisa diprediksi kehadirannya. Kerugian kebakaran juga bisa tak hanya berupa materi, namun juga kerugian nonmateri. “Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih.”

Begitulah kiranya yang dapat digambarkan ketika terkena musibah. Untuk itu, ada baiknya Anda menyimak langkah-langkah mencegah kebakaran dan peralatan apa saja yang harus disiapkan sebagai pengamanan ekstra dari bahaya kebakaran jika musibah datang menghampiri.

Ruparupa Banner

Cara mencegah kebakaran di rumah

1. Menjauhkan alat pemantik dan barang-barang yang mudah terbakar dari jangkauan anak-anak.

Karena rasa ingin tahu yang besar, anak-anak seringkali mengabaikan bahaya yang mungkin saja terjadi jika mereka memainkan barang-barang yang tidak seharusnya berada di jangkauan mereka. Untuk mencegah kebakaran di rumah, simpanlah segala macam alat pemantik dan barang-barang yang mudah terbakar seperti korek api, rokok, lilin, peralatan elektronik agar tidak mudah dijangkau anak-anak.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Furnitur Untuk Ciptakan Rumah Minimalis Monokrom

2. Menjauhkan sumber api dengan barang-barang mudah terbakar

Lilin yang menyala di dekat tirai sangat mudah menimbulkan bahaya kebakaran, begitu pula dengan rokok yang masih menyala dan dibiarkan tanpa pengawasan. Awasi penggunaan api dan jangan pernah meninggalkan api menyala di dekat barang-barang yang mudah terbakar untuk mencegah kebakaran.

3. Gunakan peralatan elektronik sewajarnya dan sesuai prosedur

Jangan membiasakan diri menggunakan listrik paralel karena mudah memicu hubungan arus pendek. Begitu pula dengan menyalakan peralatan elektronik dalam waktu yang sangat lama. Selain membuat tagihan listrik meningkat, juga bisa membuat peralatan elektronik overheat sehingga memicu hubungan arus pendek.

Peralatan yang harus disiapkan sebagai pengaman ekstra:

1. Siapkan alat pemadam api

jual tabung pemadam api portable
Tabung pemadam kebakaran ukuran portable

Selalu siap alat pemadam api di rumah yang kualitasnya diperiksa secara berkala. Kebakaran kecil dapat segera dipadamkan dengan alat pemadam api ini.

2. Pasang alat pendeteksi asap

jual detektor asap
Alat detektor asap akan berbunyi jika ada asap

“Tak ada asap kalau tak ada api” bukan hanya sekadar pribahasa. Asap yang dideteksi secara dini mampu menyelamatkan Anda dari kebakaran yang besar, karena tak hanya mampu mendeteksi asap, alat ini juga bisa mengeluarkan air untuk memadamkan api.

Baca Juga:   8 Tips Ciptakan Ruang Kerja Minimalis di Rumah

3. Simpan barang berharga di dalam brankas tahan api

Brankas Tahan Api Dengan Kunci Biometrik
Brankas Tahan Api Dengan Kunci Biometrik

Karena bencana tak dapat dihindarkan, maka kita harus siap menjaga barang-barang berharga di tempat yang paling aman. Gunakan brankas tahan api untuk menyimpan barang-barang dan dokumen berharga Anda agar tidak ikut dilalap si Jago Merah. Pilih brankas yang tahan api dan air yang memiliki sistem kunci yang baik dan tahan api hingga waktu yang cukup lama.

Kini Anda sudah mengetahui cara mencegah kebakaran di rumah serta peralatan yang harus disiapkan sebagai pengamanan ekstra jika kebakaran terjadi. Tak perlu khawatir berlebihan, yang terpenting adalah Anda tetap waspada dan siap menjaga keamanan rumah Anda dari bahaya kebakaran.