5 Manfaat Merencanakan Menu Makanan Seminggu

0
604
Merencanakan Menu Makanan

Bagi Ibu rumah tangga yang juga bekerja, merencanakan menu makanan untuk keluarga menjadi sebuah tantangan tersendiri. Ditengah kesibukan antara keluarga, rumah dan kantor, memilih menu untuk keluarga kadang menambah pikiran. Daripada berkutat di dapur, tentunya Anda lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama suami dan anak, bukan?

Lalu apa yang biasa Anda lakukan untuk bisa menyajikan makanan sehat dan lezat untuk keluarga? Pernahkah terpikirkan untuk merancang makanan untuk seminggu? Ternyata merencanakan menu makanan selama seminggu banyak memberikan manfaat lho. Yuk kita lihat satu persatu.

5 Manfaat Merencanakan Menu Makanan Seminggu:

1. Gizi sekeluarga tercukupi

manfaat merencanakan menu makan semingguBagi seorang Ibu, memberikan yang terbaik bagi keluarga adalah hal terpenting, termasuk makanan yang dimakan oleh seluruh anggota keluarga. Terlebih jika Anda memiliki anak yang masih dalam usia pertumbuhan. Dengan memasak makanan sendiri, Anda dapat memantau gizi anak melalui makanan yang Anda sajikan. Termasuk untuk bekal sekolah si Kecil serta bekal makan siang Anda dan Suami.

2. Kualitas makanan terjaga

Menjaga kualitas makanan salah satunya melalui kebersihan. Dengan memasak sendiri, Anda dapat memastikan bahwa bahan masakan telah dicuci dengan baik dan berkualitas baik. Anda juga bisa memilih sayuran organik untuk meningkatkan kualitas makanan.

3. Belanja lebih hemat

Nah dengan merancang menu makanan selama seminggu, Anda tahu bahan dan bumbu apa saja yang diperlukan, baik dari jenis dan jumlahnya. Seperti yang kita ketahui, membeli bumbu dan bahan masakan dalam jumlah  banyak akan jauh lebih murah. Anda juga bisa membuat berbagai macam jenis bumbu dasar, seperti bumbu putih, merah dan kuning, dan disimpan di dalam tempat penyimpanan makanan.

manfaat merencanakan menu makan seminggu4. Hemat waktu

Merancang menu makanan seminggu bisa menghemat waktu Anda, karena Anda tidak perlu termenung di depan kulkas dalam waktu lama sambil membayangkan masakan apa yang ingin dimasak dengan bahan dan bumbu yang tersedia di dalam kulkas. Selain itu, jika Anda memiliki asisten rumah tangga, Anda bisa meninggalkan pesan, dan selama Anda bekerja, ART bisa menyiapkan bahan-bahan tanpa perlu menunggu Anda pulang ke rumah. Saat tiba di rumah, Anda tinggal memasak karena semua bahan telah siap.

5. Tidak ada bahan makanan yang mubazir

Pernahkah Anda terpaksa membuang buah, sayur ataupun bumbu masakan karena terlalu lama berada di kulkas dan membusuk? Jika ya, salah satu manfat merencakan menu makanan seminggu bisa mengurangi kemungkinan itu. Karena bahan dan bumbu yang Anda beli sudah pasti yang Anda butuhkan dalam waktu dekat.

Ternyata banyak sekali manfaat merancang makanan selama seminggu. Anda juga bisa memasak makanan dalam jumlah banyak dan disimpan di dalam tempat penyimpanan makanan, dan menghangatkannya sebanyak yang dibutuhkan. Beberapa makanan seperti ayam bakar, ayam goreng, rendang, empal, dan lainnya bisa dimasak dalam waktu lama. Kemudian disimpan di tempat penyimpanan makanan dan dibekukan. Dengan cara ini, makanan bisa tahan hingga 1 bulan, dan Anda bisa menghemat banyak hal, termasuk waktu. Jangan lupa untuk memilih wadah penyimpanan makanan yang berkualitas ya.

Semakin singkat waktu yang Anda butuhkan untuk memasak, semakin banyak waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan aktifitas lain bersama suami dan anak-anak bukan?

Selamat mencoba!