Resep Chicken Mentai Mudah dan Lezat

0
2486
resep chicken mentai mudah dan lezat

Seiring berjalannya waktu, ada banyak variasi makanan lezat yang muncul dan membuat orang tertarik mencobanya. Salah satu menu makanan praktis yang cukup menjadi favorit adalah chicken mentai

Chicken mentai merupakan makanan kekinian dari negara Jepang yang identik dengan saus mentai. Makanan ini memiliki banyak penggemar dari berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. 

Ruparupa Banner

Tidak heran kalau kita sering menjumpai menu makanan satu ini di restoran dan kafe. Namun, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan mudah, lho. Penasaran, ‘kan? Simak  resep chicken mentai berikut ini.

Bahan Ayam Goreng Tepung

  • 150 gram paha ayam fillet
  • 4 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 3 sdm sagu
  • 2 sdt lada putih bubuk
  • 3 sdm air

Bahan Saus Mentai

  • 3 sdm mayonaise
  • 1½ sdm saus sambal

Cara Membuat Chicken Mentai

Untuk membuat resep chicken mentai yang lezat, kamu perlu melewati dua proses, yaitu pembuatan ayam goreng tepung dan saus mentai. Simak caranya berikut ini, yuk!

Bagaimana Cara Membuat Ayam Goreng Tepung?

1. Pertama-tama, cuci bersih paha ayam fillet, lalu sisihkan ke dalam wadah. Bagian paha ayam lebih empuk dan juicy. Namun, kamu juga bisa menggantinya dengan bagian dada ayam. 

resep chicken mentai cuci dan potong ayam

2. Kemudian, siapkan wadah dan masukkan 2 sdm tepung bumbu serbaguna, 1 sdm sagu, 1 sdt lada putih bubuk, serta 3 sdm air. Aduk hingga tercampur rata. Campuran ini akan menjadi adonan basah.

Baca Juga:   Resep Sosis Bakar Balado Teflon, Menu Darurat Setiap Saat

3. Masukkan potongan ayam ke dalam adonan basah. Aduk sampai merata dan adonan melapisi seluruh permukaan ayam. Diamkan sejenak.

resep chicken mentai adonan basah

4. Sambil menunggu, siapkan wadah lainnya. Campurkan 2 sdm tepung bumbu serbaguna, 2 sdm sagu, dan 1 sdt lada putih bubuk. Kamu tidak perlu menambahkan air untuk campuran ini karena akan menjadi adonan kering, ya. 

adonan kering ayam goreng tepung

5. Masukkan potongan ayam di adonan basah ke adonan kering secara satu persatu menggunakan sumpit. Setelah seluruh permukaan ayam sudah terbaluri oleh adonan kering, sisihkan ke wadah lainnya. Lakukan ke semua potongan ayam.

baluri chicken mentai dengan adonan kering

6. Setelah semua potongan ayam terbaluri adonan kering, kamu bisa mendiamkannya selama 30 menit di dalam kulkas agar lebih padat. Namun, kalau ingin langsung digoreng juga tidak masalah, kok

resep chicken mentai adonan ayam goreng tepung

7. Panaskan minyak dalam wajan antilengket. Kemudian, masukkan potongan ayam satu persatu dan goreng hingga berwarna kuning kecokelatan atau golden brown

resep chicken mentai ayam goreng tepung

8. Kalau sudah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan ke dalam wadah. 

resep chicken mentai ayam goreng

Bagaimana Cara Membuat Saus Mentai yang Lezat?

1. Panaskan wajan antilengket dengan api kecil. Lalu, masukkan 3 sdm mayonaise dan 1½ sdm saus sambal. 

Baca Juga:   Resep Tongseng Kambing Empuk dan Anti Gagal

saus mentai

2. Aduk terus hingga kedua bahan tercampur rata. Kamu bisa menambahkan saus sambal jika suka pedas. Semakin banyak saus sambal, warna saus mentai akan jadi lebih terang, lho. 

3. Jika kedua saus sudah tercampur rata, matikan api dan letakkan saus mentai di atas ayam goreng tepung.

4. Sajikan chicken mentai bersama dengan nasi hangat dan telur mata sapi. 

resep chicken mentai

Itulah dia resep chicken mentai yang lezat dan anti-ribet sehingga kamu bisa membuatnya untuk makan siang atau bekal. Coba buat sekarang juga, yuk!

Lantas, Apa Saja Peralatan Masak yang Dibutuhkan?

Nah, untuk membuat hidangan yang lezat, kamu perlu menggunakan peralatan masak berkualitas, seperti wajan antilengket, penjepit makanan, wadah, dan saringan minyak. Berikut rekomendasi alat masak yang bisa kamu beli. 

Cooking Color 28 Cm Althea Wajan
Cooking Color 28 Cm Althea Wajan

Beli di sini

Krischef Penjepit Makanan Silikon
Krischef Penjepit Makanan Silikon

Beli di sini

Appetite 255 Ml Set 3 Pcs Mangkuk Saji
Appetite 255 Ml Set 3 Pcs Mangkuk Saji

Beli di sini

Krischef Saringan Gorengan 23 Cm
Krischef Saringan Gorengan 23 Cm

Beli di sini

 

Kamu bisa mendapatkan peralatan masak dan perlengkapan dapur lainnya hanya di ruparupa.com.

Miliki alat masak terbaik hemat hingga 50% klik di sini

Di situs belanja online ini, kamu juga bisa membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama dari Kawan Lama Group, meliputi ACE, Informa, Krisbow, Selma, dan lain-lain.