6 Jenis Kanopi Minimalis, Kamu Pilih yang Mana?

0
5528
Sumber: Unsplash.com

Kanopi kerap digunakan pada area outdoor. Selain bisa membuat rumah estetik, tujuan menggunakan kanopi adalah untuk melindungi area outdoor agar tidak kehujanan dan kepanasan. Tidak heran bila jenis kanopi minimalis cukup beraneka ragam.

Untuk itulah, dalam memilih kanopi, kita harus sesuaikan dengan kebutuhan, bahan yang digunakan, serta ukuran kanopi tersebut.

Ruparupa Banner

Apa Saja Jenis Kanopi Minimalis?

Nah, bila kamu berencana untuk memasang kanopi minimalis di rumah, simak beberapa jenis kanopi dan fungsinya berikut ini.

1. Kanopi Minimalis Estetik yang Terbuat Dari Kaca

Atap kanopi dari kaca bisa membuat rumah minimalis tampak lebih mewah dan elegan. Bahan kaca yang transparan memungkinkan kamu menikmati pemandangan langit yang indah, serta merasakan sinar matahari pagi dan siang hari.

Sumber: kanopibsd.co.id

Tak hanya di depan rumah, kanopi kaca juga cocok digunakan pada bagian belakang rumah, balkon, teras, atau ruang terbuka lainnya.

Meskipun kanopi dari kaca ini bisa menambah estetika rumah, perlu diingat juga kalau saat matahari sedang panas-panasnya, maka suhu ruangan pun ikut naik. Maka dari itu, kamu perlu memasang kipas angin atau AC agar tetap adem.

2. Kanopi Minimalis Spandek yang Mudah Dipasang

Kanopi dari bahan spandek adalah campuran antara 55% aluminium, 43% seng, dan 2% bahan silikon supaya fleksibel.

Biasanya, kanopi memiliki bentuk yang tipis sehingga mudah dipasang, bahkan bisa dipasang oleh satu orang. Meski bahannya tipis, kanopi dari spandek bisa bertahan hingga 15 tahun, lho.

Baca Juga:   10 Alat Kebersihan Rumah Praktis di Bawah Rp 200 ribu

Selain itu, kanopi dari spandek juga tersedia dalam berbagai warna, yang bisa kamu sesuaikan dengan tema dan suasana rumah.

Sayangnya, kanopi ini cukup berisik saat hujan dan tidak bisa menyerap panas. Jadi, saat hari sedang cerah, suhu ruangan pun jadi naik.

3. Kanopi Dari Alderon yang Anti Bocor

Salah satu kelebihan utama kanopi dari alderon adalah kokoh dan tahan lama, meski terkena hujan deras. Kanopi alderon yang terbuat dari uPVC (Unplasticizide Polyvinyl Chloride) berbentuk gelombang dan memiliki rongga.

Nah, biasanya, rongga tersebut bisa menahan panas sehingga akan membuat rumah terasa lebih sejuk. Selain itu, kanopi alderon juga bisa meredam suara hujan, sehingga tidak terlalu berisik.

Ada dua jenis kanopi alderon, yaitu double layer dan single layer. Kanopi alderon double layer memiliki beberapa kelebihan dari yang single layer, seperti bisa meredam suara dan hawa panas lebih baik.

Sayangnya, kanopi dari alderon lebih mahal dan hanya tersedia dalam dua warna, putih dan abu-abu.

4. Kanopi Dari Membran yang Tahan Lama

Jenis kanopi dari memberan bisa bertahan hingga 30 tahun. Kamu bisa menemukan kanopi membran dalam banyak ukuran, mulai dari yang kecil untuk area parkir kendaraan hingga berukuran besar untuk area wisata.

Baca Juga:   7 Kombinasi Pastel untuk Dekorasi Rumah Minimalis

Meskipun harganya terbilang mahal, tapi kanopi membran tetap banyak digunakan karena desainnya yang futuristik, modern, dan mewah.

Kanopi membran biasanya bisa kamu temukan di perumahan elit, perusahaan, lapangan olahraga, tenda cafe, kolam renang, hingga taman.

5. Kanopi Dari Polycarbonate Kuat

Polycarbonate terbuat dari bahan plastik yang transparan, mirip kaca. Kanopi ini terbuat dari polimer yang tampak jernih, sehingga akan memberi kesan ruangan yang lebih tinggi.

Bahan polycarbonate terkenal awet, ringan, kuat, dan pemasangannya pun mudah, serta tahan sampai 10 tahun. Selain itu, kanopi polycarbonate juga bisa meredam panas matahari hingga 90%.

6. Kanopi Taman

Terakhir, ada kanopi taman, yang coock diletakkan di teras  dan taman belakang rumah. Biasanya, kanopi taman berukuran cukup kecil dan fleksibel. Jadi, kamu bisa menutupnya ketika tidak digunakan. Namun, ada juga yang berbentuk tiang besi dan cukup kuat.

Nah, berikut ini rekomendasi kanopi taman yang bisa kamu pilih buat di rumah.

kanopi minimalis
Atap Kanopi Tarik 1.95 Mtr – Hijau

Beli di sini

kanopi minimalis
Soleil 1 Mtr Atap Kanopi – Cokelat

Beli di sini

kanopi minimalis
Kanopi Taman Markise P1007 – Hijau

Beli di sini

kanopi minimalis
Kanopi Taman Markise P1004 – Merah Tua

Beli di sini

 

Kamu bisa menemukan kanopi taman terbaik hanya di Ruparupa.com. Situs belanja online ini menyediakan berbagai perlengkapan dan perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.