4 Cara Mudah Memasang Plafon PVC Di Rumah

0
270

Plafon PVC atau Poly Vinyl Chloride kini sedang menjadi primadona para pemilik rumah. Pasalnya, material satu  ini menawarkan beragam keunggulan. Salah satunya adalah t Anda bisa memasang sendiri plafon ini dengan mudah.

Selain itu, plafon PVC juga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan di rumah karena bahannya yang lebih lentur, ringan, dan daya tahan yang kuat.

Bahan ini juga disebut-sebut tahan air, rayap, bahkan anti api, loh. Tak heran bila plafon ini digemari oleh banyak orang.

Cara Mudah Memasang Plafon PVC

Meski menawarkan banyak keunggulan, pemasangan yang tidak tepat justru akan membuat kualitas plafon menjadi berkurang.

Nah, agar Anda bisa menghemat biaya jasa tukang, artikel ini akan membahas panduan cara pemasangan plafon PVC yang tepat. Simak, yuk.

1. Siapkan alat dan bahan pemasangan

Sebelum memasang rangka plafon, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan seluruh bahan yang Anda butuhkan. Untuk bahan, Anda perlu menyiapkan papan PVC, paku beton, lem silikon, besi hollow, lis PVC, dan sekrip.

Agar seluruh bahan tidak berserakan, Anda bisa menggunakan kotak penyimpanan dengan sekat pemisah. Dengan ini, seluruh perlengkapan menjadi rapi dan Anda bisa lebih leluasa melakukan pemasangan.

Baca Juga:   Desain Interior Japandi, Perpaduan Budaya Timur dan Barat

Beli di sini

2. Lakukan pengukuran rangka plafon

Pastikan Anda mengukur ketinggian terlebih dahulu sebelum memasang plafon. Namun, hindari mengukurnya melebihi ring balok karena dapat membuat paku membengkok. Hal ini biasanya terjadi akibat tekanan tembok yang cukup keras.

Selain itu, ketinggian plafon sebaiknya lebih dari tiga meter. Bil semakin tinggi ketinggiannya, maka hasilnya pun akan terlihat lebih menawan.

Supaya lebih mudah, Anda bisa menandai sekeliling ruangan menggunakan selang waterpass agar ketinggiaan plafon menjadi rata.

3. Pasang plafon PVC

Langkah selanjutnya adalah proses pemasangan plafon PVC. Pertama-tama, pastikan Anda  memasang besi hollow pada bagian dinding dengan menggunakan paku beton.

Kemudian, Anda perlu menyiapkan instalasi lis profil PVC pada bagian bawah kerangka dengan menggunakan sekrup dan bor. Selanjutnya, secara perlahan Anda tempelkan lis pada area sudut tembok secara berurutan hingga terpasang sempurna.

Bila ada bagian yang berlebih, Anda bisa memotongnya dengan mesin geinda ataupun gergaji agar hasilnya lebih rapi.

Untuk keamanan, pastikan Anda memasangnya dengan memakai pelindung tangan dan kacamata agar partikel halus dan serpihan debu tidak mengenai mata.

Sumber: unsplash.com/@spacejoy

4. Lakukan pemasangan papan PVC

Langkah terakhir adalah penempelan papan PVC. Anda bisa memasang papan PVC ini satu per satu pada pinggiran tembok menggunakan sekrup dan bor. Kemudian, masukkan bagian sisi papan secara perlahan ke dalam lis PVC.

Baca Juga:   Pondasi Cakar Ayam untuk Rumah Tinggal Sebenarnya Bernama Pondasi Setempat / Foot Plat

Selanjutnya, Anda tinggal menyambungkan bagian lain dengan lembaran papan PVC hingga menutupi keseluruhan plafon.

Jangan lupa untuk memasang sekrup pada sisi lain lembaran papan PVC sebelum menghubungkan ke bagian berikutnya.

Jika papan plafon PVC sudah terpasang sempurna, maka Anda cukup memastikan setiap sekrup telah terpasang kencang agar tidak mudah lepas di kemudian hari.

Hal yang paling penting adalah Anda perlu memasangnya dengan sabar dan perlahan agar tampilan interior rumah tetap terlihat apik dan rapi,, ya!

Nah, itu dia cara memasang plafon PVC sendiri di rumah. Tidak sulit, bukan? Anda bisa melihat berbagai inspirasi plafon terlebih dahulu sebelum memasangnya di rumah.

Bila sudah menemukan model plafon yang Anda sukai, Anda bisa berbelanja langsung di Ruparupa.com. Situk belanja online satu ini menyediakan beragam kebutuhan rumah tangga dan aneka furnitur terbaik dari merek unggulan miliki Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, langsung saja cek Ruparupa.com dan dapatkan beragam promo menarik lainnya. Selamat berbelanja!