Menata Kamar Mandi Menjadi Luas

0
196
Tips Menata Kamar Mandi

Harga properti yang kian meroket membuat banyak pengembang memilih menjadikan masyarakat menengah sebagai target penjualan mereka untuk return of investment yang lebih cepat dibandingkan membangun properti-properti mewah. Rumah dan apartemen mungil dengan gaya modern minimalis jadi produknya. Bagaimana mengakali ruangan-ruangan dengan luas terbatas supaya tetap nyaman digunakan para penghuninya, jadi tantangannya. Termasuk area kamar mandi.

Mungil Tapi Fungsional, itulah pilihan rumah saat ini

Menyiasati ruangan dengan luas terbatas justru menantang kreativitas, karena belum tentu mereka yang diberkahi dengan area luas bisa mengoptimalkan kelebihannya. Berikut beberapa teknik yang bisa dipraktikkan untuk mendapatkan rasa luas di area kamar mandi yang sebenarnya terbatas.

Tips Menata Kamar Mandi

1. Gunakan warna-warna lembut

Warna-warna lembut pada tembok dan lantai cenderung memberi ilusi sehingga ruangan terasa lebih luas. Gunakan warna terang hanya pada aksesoris, handuk, atau dekorasi kamar mandi jika warna lembut terasa membosankan untuk Anda.

2. Manfaatkan kaca

Lupakan gorden atau kaca berbayang untuk kamar mandi Anda, sebaiknya gunakan kaca transparan. Ini akan membuat kamar mandi terasa lebih lapang. Gantungkan pula cermin untuk menguatkan efeknya.

3. Lantai yang terbukarak kamar mandi

Dari pada menempatkan laci atau kabinet, gunakan rak untuk kamar mandi yang menggunakan karet hisap. Selain Anda tidak perlu mengebor atau memaku yang berpotensi merusak tembok atau keramik, rak gantung juga membuat lantai terlihat kosong dan terbuka sehingga ruangan terasa lebih luas.  Gantungan handuk kamar mandi dengan karet hisap juga efisien menggantikan fungsi rak jemuran yang memakan tempat.

4. Cahaya natural

Jika memungkinkan, tempatkan jendela paling tidak di bagian atas dinding kamar mandi yang menghadap ke luar ruangan untuk mendapatkan cahaya natural. Cahaya matahari yang masuk akan membuat ruangan terasa lebih hidup. Jika tidak memungkinkan, gunakan recessed lighting atau lampu yang dipasang masuk ke plafon dengan penyinaran tidak langsung sehingga langit-langit terasa tinggi.

5. Alihkan ke atas

Saat ruangan di bawah kecil, alihkan perhatian ke atas. Hiasi langit-langit kamar mandi Anda dengan lampu gantung misalnya. Anda bisa juga menambahkan rak untuk kamar mandi yang digantung untuk memaksimalkan ruang penyimpanan. Pastikan saja bahwa ukurannya tidak berlebihan sehingga justru akan memberi kesan sempit pada ruangan.

6. Maksimalkan pojok

Pojok-pojok yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan menjadi rak terbuka dari lantai hingga langit-langit. Anda bisa menempatkan peralatan mandi maupun aksesoris kamar mandi untuk mempercantik area. Rak terbuka juga “memaksa” Anda untuk lebih rapi dan terorganisir. Pot tanaman hijau atau vas dengan bunga segar akan memberi sentuhan lebih hidup pada kamar mandi Anda.

Walaupun tidak gampang, bukan hal yang mustahil untuk menata kamar mandi mungil sebagai area yang tidak hanya fungsional, tapi juga menyenangkan. Produk-produk kreatif seperti rak untuk kamar mandi serta gantungan handuk kamar mandi dengan karet hisap, bisa jadi ide tempat penyimpanan di kamar mandi. Ayo cek di sini.

Selamat berkreasi!