Tips Memilih Rice Cooker Berkualitas dan Berdaya Hemat

0
253
memilih rice cooker

Alat menanak nasi seperti memilih rice cooker saat ini sudah banyak dibutuhkan. Sebab menanak nasi dengan cara manual dirasa menyita waktu kecuali membutuhkan kapasitas yang banyak. Karena simple dalam penggunaan dan menghemat waktu, menanak nasi saat ini sudah jauh lebih gampang. Jenis dari alat menanak nasi ini juga bermacam-macam. Biasanya berbeda dari segi daya listrik yang dibutuhkan dan juga harga yang dibanderolnya.

Peralatan elektronik seperti rice cooker ini memang dimanfaatkan banyak orang saat ini karena kepraktisannya. Untuk memilih mana yang terbaik, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal. Karena patut dipertimbangkan manakah yang hemat listrik dan sehat untuk digunakan. Berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin membeli rice cooker terbaik.

Tips Memilih Rice Cooker Terbaik

1. Dilengkapi Pot Anti Lengket

Kels 1.5 Ltr Warren Rice Cooker Multifungsi – Copper

Tips pertama dalam memilih rice cooker adalah melihat ada tidaknya pot anti lengket. Karena kelengkapan pot anti lengket ini adalah untuk mencegah nasi jadi lengket dan juga menempel. Material inner pot yang berkualitas bisa menjadikan masakan atau nasi lebih hangat dalam waktu singkat. Sehingga nasi juga bisa matang sempurna dan anti gosong. Alat penanak nasi yang dilengkapi dengan pot anti lengket lebih direkomendasikan bagi siapapun yang ingin membeli rice cooker.

2. Hemat Listrik

Kels 1.5 Ltr Walton Rice Cooker – Copper

Penggunaan alat elektronik penanak nasi ini tentu akan boros listrik jika digunakan berulang kali. Sehingga dalam memilihnya Anda bisa memperhatikan hemat listrik atau tidak. Selain itu pastikan bahwa Anda memilih yang aman digunakan untuk kesehatan. Sebaiknya tidak tergiur harga murah karena belum tentu kualitasnya bagus. Supaya nasi yang dimasak lebih sehat, perhatikan material yang digunakan serta apakah dilengkapi fitur hemat listrik. Apalagi jika Anda memilih yang berkapasitas besar dikhawatirkan nasi akan tersisa banyak.

Jika Anda hanya tinggal sendiri maka rice cooker yang cocok digunakan adalah yang lebih kecil. Kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan hidup sehari-hari. Anda juga tidak perlu masak berulang yang berakibat pada konsumsi listrik yang membengkak.

3. Cermati Fitur yang Dimiliki

Kris Rice Cooker Digital Serbaguna 1.2 Ltr – Putih

Fitur yang ada pada rice cooker tentu patut dipertimbangkan. Dari satu jenis ke jenis lainnya memang berbeda. Semakin banyak fitur yang ada pada penanak nasi, maka harganya juga bisa semakin mahal. Konsumsi listriknya pun juga semakin besar. Penting untuk memilih fitur yang sesaui dengan kebutuhan misalnya fitur 3 in 1 yang bsia digunakan untuk menghangatkan ataupun mengukus makanan. Baca fitur yang ada pada deskripsi produk dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

4. Pilih Merk Berkualitas

Kris Rice Cooker Digital Serbaguna 1.8 Ltr – Putih

Anda bisa mempertimbangkan merk berkualitas yang bisa dicari di berbagai referensi. Merk tertentu biasanya juga memproduksi berbagai macam jenis barang. Jika ada merk yang awalnya menjual wajan anti lengket kemudian memproduksi rice cooker, sebaiknya tidak dipilih. Bukan tanpa alasan tetapi produk terbaru yang dirilisnya belum digunakan atau teruji oleh masyarakat luas tentang bagaimana kualitas yang ditawarkan. Pilih merk yang memang mengeluarkan produk serupa atau spesialis menjual alat penanak nasi. Bandingkan dari segi harga, fitur dan juga material yang dimilikinya.

5. Terbuat dari Bahan yang Aman

Klaz Rice Cooker Digital 1.8 Ltr

Isu tentang panci yang dilapisi bahan kimia memang mengkhawatirkan. Bahkan yang lebih mgnerikan lagi adalah bahan kimia tersebut bisa menyebabkan kanker. Lalu bagaimana cara memilih rice cooker yang terbuat dari bahan-bahan aman? Anda bisa memilih produk yang sudah SNI atau standar nasional Indonesia. Sangat penting dalam memilih alat penanak nais yang sudah memiliki sertifikat laboratorium dimana pancinya tidak ada kandungn PFOA. Sebaiknya tidak mudah tertarik pada alat penanak nasi yang murah tetapi memastikan bahwa alat tersebut terbuat dari material yang aman untuk kesehatan.

6. Daya Tahan yang Bagus

Klaz Rice Cooker Digital 0.8 Ltr

Sebelum membeli alat penanak nasi, tak ada salahnya untuk melakukan survey agar memastikan bahwa apa yang Anda pilih memanglah bagus. Mulailah bertanya kepada saudara, tetangga atau bahkan teman-teman Anda mengenai merk terbaik yang menawarkan ketahanan terjamin. Tanyakan pula berapa lama penggunaan atau keawetan dari merk yang Anda gunakan. Harga yang murah atau mahal memang tidak menjamin rice cooker memiliki kualitas bagus. Anda bisa membandingkan satu merk dengan merk lain.

7. Cara Pembersihan yang Mudah

Klaz Rice Cooker Digital 1.5 Ltr

Membersihkan rice cooker memang harus dilakukan dengan baik demi kesehatan. Sebab, pembersihan yang sulit dan tidak maksimal dikhawatirkan berdampak pada kesehatan. Material yang bagus juga akan mendukung kemudahan kita dalam membersihkan rice cooker tanpa khawatir dampaknya terhadap kesehatan kita.

Selain dengan tips yang telah disebutkan, Anda bisa membeli rice cooker di tempat terpercaya agar kualitasnya memang terjamin. Salah satunya adalah ketika membeli secara online maka pastikan bahwa toko tersebut terpercaya. Seperti yang ada di ruparupa.com dimana segala macam kebutuhan lengkap tersedia. Mulai dari peralatan rumah tangga, otomotif, home improvement dan lain sebagainya. Dapatkan penawaran menarik dan promo di setiap kategori.