3 Bahaya Lapisan Rice Cooker yang Mengelupas

0
235
bahaya lapisan rice cooker

Tahukah Anda ternyata ada dampak yang timbul akibat bahaya lapisan rice cooker yang mengelupas? Selain bisa menyebabkan keracunan bagi penggunanya, lapisan rice cooker yang rusak ini juga bisa memicu kanker, terutama jika digunakan terus menerus dalam waktu  panjang.

Tidak hanya itu,  ada beberapa alasan lainnya kenapa Anda tidak boleh meremehkan lapisan anti lengket yang terkelupas. Apa saja itu? Simak pembahasannya di bawah ini.

Bahayakah lapisan rice cooker yang terkelupas?

bahaya lapisan rice cooker

Jawabannay, tentu berbahaya. Apalagi, alat masak nasi yang sudah mengelupas pada bagian bawahnya bisa menyebabkan munculnya zat karsinogenik.

Karsinogenik adalah bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan untuk jangka panjang, serta dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti yang berikut ini.

1. Karsinogenik dapat menjadi penyebab kanker 

Kebanyakan lapisan anti lengket pada panci rice cooker terbuat dari PFOA atau asam perfluorooctanoic, yang biasanya digunakan dalam proses pembuatan wajan teflon.

Baca Juga:   Tips Merawat Rice Cooker Agar Tidak Cepat Mengelupas

Penggunaan bahan PFOA ini sendiri masih menjadi perdebatan di dunia kesehatan karena dianggap dapat menimbulkan zat berbahaya, seperti karsinogenik, yang dapat memicu berkembangnya sel kanker.

Rice cooker
Pilih rice cooker terbaik dan berkualitas!

Beli di sini

2. Menyebabkan kerusakan ginjal dan hati

Peralatan masak antilengket ternyata cukup berbahaya. Hal ini diungkapkan oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS, yang mengklaim dalam peralatan masak tersebut, terdapat zat berbahaya PFAS. Kandungan inilah yang akhirnya menyebabkan risiko kesehatan serius, misalnya kerusakan ginjal dan hati.

Tidak hanya itu, umumnya peralatan tersebut digunakan dalam tekanan tinggi atau mulai mengelupas. Untuk itulah, lebih baik segera periksa peralatan masak antilengket yang Anda miliki. Bila memang sudah tidak bisa digunakan lagi, lebih baik menggantinya dengan peralatan yang baru. Lebih baik lakukan pencegahan sebelum terlambat.

3. Menimbulkan masalah bagi kesuburan

Melansir dari Alodokter, zat karsinogenik yang terdapat pada peralatan masak ini, ternyata bisa menimbulkan masalah bagi kesuburan. Untuk itu, sebaiknya hindari menggunakan peralatan masak yang sudah tidak optimal lagi.  Jangan sepelekan bahaya lapisan rice cooker yang sudah mengelupas.

Baca Juga:   Tips Memilih Rice Cooker Berkualitas dan Berdaya Hemat

Namun, bila Anda merawat rice cooker dengan benar, maka Anda bisa menggunaknnya lebih lama.  Pastikan Anda tidak mencuci beras langsung pada panci rice cooker sehingga menggores lapisannya. Selain itu, pilih rice cooker yang berkualitas agar lebih tahan lama, seperti rekomendasi dari Ruparupa satu ini.

Rice cooker terbaik
Gunakan rice cooker terbaik untuk memasak nasi untuk seluruh anggota keluarga

Beli di sini

Pastikan menggunakan rice cooker dengan produk yang memiliki kualitas food grade sehingga aman digunakan untuk memasak nasi untuk seluruh anggota keluarga. Nah, untuk menemukan produk yang sudah terpercaya dan tidak membahayakan kesehatan, Anda bisa menemukannya hanya di Ruparupa, platform belanja yang selalu mengutamakan keaslian produk, kemudahan, dan keamanan saat berbelanja.