Tips Membuat Pola Makan Sehat Selama Pandemi

0
508

Pola makan sehat – masa pandemi, hidup sehat dapat dimulai dengan membuat pola makan sehat. Asupan cairan dan makanan yang bergizi akan meningkatkan imun Anda sehingga resiko tertular penyakit lebih rendah. Makan sehat yang dimulai sejak dini juga akan mengurangi resiko penyakit di masa tua.

Simak yuk, tips membuat pola makan sehat selama pandemi.

Pola Makan Sehat, Perhatikan Nutrisi Pada Makanan

bhg.com

Untuk saat ini, belum ada makanan untuk melawan covid-19, namun Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda dengan makanan bernutrisi. Beberapa nutrisi yang penting untuk Anda konsumsi adalah vitamin A, C, D, E, B6, B9, B12, mineral zat besi, selenium, dan zinc. Anda dapat mengkonsumsi nutrisi secara alami melalui makanan.

Pola Makan Sehat, Hindari Konsumsi Lemak dan Minyak Berlebihan

downshiftology.com

Lemak memang salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, lemak dan minyak yang berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan. Anda dapat mengukus/merebus/memanggang makanan daripada menggorengnya. Tujuannya untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Anda dapat mengurangi makanan gorengan, daging, dan produk susu tinggi lemak dan menggantinya dengan kacang-kacangan, ayam, ikan berlemak (salmon, tuna, dan lainnya), susu low fat, dan minyak nabati (zaitun, jagung, atau kedelai).

Pola Makan Sehat, Banyak Minum Air Putih

idntimes.com

Air sangat membantu untuk mengedarkan nutrisi dan komponen penting dalam darah ke seluruh tubuh. Selain itu, cairan juga dapat mengatur suhu tubuh, melumasi sendi, serta membuang zat-zat sisa. Namun, kebutuhan air pada tiap orang berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, berat dan tinggi badan, serta jenis aktivitas.

Anda dapat meminum air sebanyak 8 – 10 gelas setiap hari. Tidak harus air putih, Anda juga dapat meminum jus buah, air lemon, teh, kopi dan lainnya. Namun sebaiknya kurangi konsumsi kopi dan teh yang mengandung kafein, jus yang mengandung gula tinggi, serta minuman bersoda.

Hindari Konsumsi Gula dan Garam Berlebih

tamingofthespoon.com

Hindari penggunaan gula dan garam secara berlebihan. Anda dapat menggantinya dengan menggunakan rempah-rempah untuk menambahkan rasa. World Health Organization menganjurkan untuk memakai garam beryodium < 5 gram atau sekitar 1 sendok teh, setiap harinya. Untuk gula, gunakan < 50 gram atau maksimal 4 sdm.

Hindari juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula seperti kue kering, minuman bubble, ice cream, keripik. Jika Anda ingin mengkonsumsi minuman manis, Anda dapat memesan dengan gula yang tidak terlalu banyak yaitu less sugar atau half sugar.

Hindari Konsumsi Alkohol dan Soda Berlebih

laurenslipglossary.com

Mengkonsumsi alkohol dan tidak memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh Anda maupun meningkatkan daya tahan tubuh. Soda dan alkohol akan meningkatkan kemungkinan kerusakan hati, kanker,penyakit jantung dan membuat perut menjadi buncit loh!

Menghindari bukan berarti memaksa untuk tidak mengkonsumsi sama sekali. Anda boleh minum minuam alkohol atau soda namun jangan terlalu sering. Anda dapat minum minuman yang lebih sehat seperti jus, sirup tanpa pewarna buatan, dan lainnya.

Pola Makan Sehat Hindari Makan Di Luar

flickr.com

Nongkrong atau makan di restoran atau cafe memang mengasyikan, Namun, masa pandemi membuat Anda lebih baik makan dirumah dan tidak terlalu bertemu banyak orang.

Jika Anda makan di luar, kebersihan makanan tentu diluar jangkauan Anda. Selain itu, jika makan diluar maka Anda mengambil resiko untuk bertemu banyak orang dan tidak tahu apakah orang – orang disana terinfeksi atau tidak. Untuk itu, lebih baik makan didalam rumah dan memasak makanan sendiri agar kebersihan lebih terjamin.

Minum Suplemen

freepik.com

Suplemen dan multivitamin dapat membantu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda yang tidak sepenuhnya Anda dapatkan dari makanan. Oleh karena itu, untuk melengkapi pola makan sehat, Anda dianjurkan untuk minum suplemen secara teratur.

Beberapa suplemen yang mampu menjaga kekebalan tubuh Anda yaitu vitamin C, ekstrak echinacea, kunyit, meniran dan habbatussauda. Untuk mengetahui dosis dan jenis suplemen yang sesuai untuk Anda, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter atau apoteker terdekat.

Diatas adalah beberapa tips untuk pola makan sehat Anda. Selain itu, untuk hasil yang lebih sehat, Anda dapat mengisi waktu luang Anda untuk berolahraga disaat pandemi. Untuk melengkapi hidup sehat Anda, simak yuk 5 barang rekomendasi daru Ruparupa berikut ini.

Masker

Peralatan Makan

Juicer

Disinfektan

Matras Yoga

Lengkapi kebutuhan hiduo sehat Anda dengan beragam produk berkualitas hanya di Ruparupa.