6 Tips Membuat Anak Menyukai Makanan Sehat

0
937
Sumber: Unsplash.com

Kebanyakan anak kecil tidak suka makan sayuran dan buah. Padahal, di masa pertumbuhan, anak-anak perlu mengonsumsi buah, sayur, serta makanan sehat lainnya. 

Banyak anak yang menganggap bahwa sayuran punya rasa yang pahit. Inilah yang membuat mereka jadi tidak mau mencoba makan sayur sedikit pun.

Ruparupa Banner

Bila hal tersebut dibiarkan, bisa-bisa mereka tumbuh dewasa menjadi pemilih makanan. Lalu, bagaimana cara membuat anak menyukai makanan sehat?

Cara Jitu Agar Anak Suka Makanan Sehat

Untuk itulah, kita tidak boleh menyerah saat memberikan makanan buat anak. Nah, berikut ini ada beberapa cara jitu yang bisa kita coba lakukan untuk memperkenalkan makanan sehat kepada anak.

1. Berikan Kesempatan kepada Anak untuk Memilih

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih sendiri makanan yang ingin dicicipinya. Dengan begitu, mereka jadi lebih bersemangat untuk mencoba makanan tersebut.

Selain itu, cara ini juga bisa membuat anak merasa lebih dihargai dan mandiri. Lama kelamaan, kebiasaan ini bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka. Inilah yang dapat mendorong mereka untuk mencoba makanan baru. 

Namun, pastikan kamu menyediakan pilihan makanan yang sehat dan bernutrisi untuk anak. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol nutrisi anak tanpa harus memaksanya.

Baca Juga:   45 Inspirasi Nama Bayi Perempuan dan Artinya
Sumber: Unsplash.com

2. Berikan Kesempatan Anak Untuk Mengenal Porsi Makannya

Daripada memaksa anak untuk menghabiskan makanan yang terlalu banyak untuknya, cobalah untuk membiarkan mereka belajar tentang porsi makannya sendiri.

Jika kita terlalu memberikan kepada anak untuk menghabiskan makanannya, justru membuat mereka jadi tidak menikmatinya. Cara ini juga bisa membantu mengajarkan mereka untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab. 

Hal yang perlu kamu lakukan adalah mulai dari memberikan porsi sedikit terlebih dahulu. Lalu, tambahkan ketika ia memintanya lagi. Lama kelamaan, mereka bisa mulai mencoba menu baru.

Sumber: Unsplash.com

3. Ajak Anak Masak Makanan Bersama

Anak akan lebih tertarik untuk mencoba makanan baru ketika mereka terlibat dalam proses pembuatannya. 

Untuk itu, kamu bisa mengajak mereka membantu mencuci sayur, mengaduk, atau menakar makanan. Cara ini akan membantu mereka lebih proses pembuatan makanan yang ia nikmati.

Nah, lama kelamaan, mereka juga bisa terbiasa menyiapkan makanan sendiri. Selain itu, melalui cara ini kamu juga bisa mengenalkan makanan sehat.

Sumber: Unsplash.com

4. Ikut Makan Bersama Anak

Anak-anak biasanya mudah mengikuti apa yang dilakukan orang lain. Untuk itu, kita bisa memberikan contoh yang baik kepada mereka dengan mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari.

Lama kelamaan, anak akan tergoda dan ingin mencicipi makanan sehat tersebut. Bila mereka sudah mulai terbiasa mengonsumsi buah dan sayuran, kamu bisa berikan pujian yang tulus agar mereka jadi lebih terbiasa mengonsumsi makanan sehat.

Baca Juga:   Tips Belanja di Ruparupa Tampilan Baru
Sumber: Unsplash.com

5. Hindari Memaksa Anak

Ketika anak terlihat tidak menyukai makanan baru yang kamu berikan, lebih baik ganti masakan tersebut daripada memaksanya untuk makan.

Cobalah menyuguhkan menu makanan baru dengan bumbu dan tampilan yang lebih menarik.

Memang membutuhkan waktu dan kesabaran untuk menunggu mereka mencicip makanan yang terlihat baru buat mereka. Namun, cara ini bisa membantu mereka jadi lebih berani mencicipi makanan tersebut dengan cara yang lebih menyenangkan dan tidak menyiksa.

6. Jadikan Kebiasaan

Tips terakhir yang bisa kita lakukan adalah menjadikan pola makan sehat sebagai kebiasaan, mulai dari belanja sayur dan buah hingga masak makanan dan camilan sehat.

Kamu bisa mengajak anak untuk ikut berbelanja stok bulanan. Lalu, perkenalkan kepadanya berbagai macam sayur dan buah. Tanyakan juga makanan apa yang ingin ia coba.

Sumber: Unsplash.com

Itu dia 6 tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat anak suka makan makanan sehat. Kamu bisa menyiapkan makanan dengan peralatan makan yang lucu agar mereka juga semakin semangat mencicipi menu baru 

Nah, kami memiliki beberapa rekomendasi peralatan makan anak dari Ruparupa.com, yang bisa menarik perhatian anak, seperti berikut ini.

Sendok makan khusus bayi ini didesain kecil untuk memudahkan si kecil saat makan. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Piring makan khusus anak ini disertai pinggiran untuk membantu anak makan tidak berceceran. Dengan desain yang cerah dijamin dapat menarik perhatian si kecil. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Celemek bahan silikon yang bebas BPA, PVC dan Phthalate ini terdapat kantung dibagian bawah untuk menampung makanan yang jatuh saat anak makan, sehingga tidak berceceran. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini