Sendok stainless stell seringkali menjadi pilihan perlatan makan untuk keluarga. Bukan hanya karena design yang cantik tapi juga lebih aman.

Tapi ternyata faktanya banyak produk yang tidak menggunakan material terbaik, dan mengikuti standard justru berbahaya yang mana dapat mengandung BPA penyebab kanker loh!

BPA atau bisphenol-A adalah bahan kimia berbahaya yang biasanya ada pada pembuatan tempat makanan dan produk kebersihan. Jenis kimia ini dapat meniru estrogen dan hormon lainnya, serta berinteraksi dengan reseptor sel tertentu yang meningkatkan perkembangan kanker payudara, ovarium, dan prostat serta potensi penyakit berbahaya lainnya.

Memikirkan dari segi kesehatan inilah maka ini saatnya kamu beralih kepada peralatan makan yang terbuat dari bahan yang aman dan berkualitas salah satunya seperti stainless steel berkualitas.

Apakah Sendok Stainless Steel Aman?

Jawabannya ya, tapi lagi-lagi tidak semuanya aman untuk digunakan.

Pasalnya konsumen harus menyadari bahwa merek peralatan makanan dari produsen yang berbeda, tentu terbuat dengan cara yang berbeda pula. Selain itu juga terdapat dengan komposisi dan kualitas stainless steel yang bervariasi.

Beberapa alat makan menggunakan komposisi paduan dari baja tahan karat gabungan dari berbagai logam, yang mengandung kromium dan nikel yang tidak sepenuhnya baik untuk tubuh.

Secara medis tubuh membutuhkan sedikit kromium, yang biasanya datang dari makanan sehat. Namun tubuh juga tidak bisa menerima jumlah nikel yang banyak, karena dapat menyebabkan keracunan logam berat.

Cara Mengetahui sendok yang aman digunakan?

Peralatan Makan
Source: Pixabay

Sendok stainless tentu dapat terlihat dari kualitasnya, karena peralatan yang berkualitas tinggi terbuat dari bahan yang jauh lebih aman untuk kesehatan.

Sederhananya jika bahan berkualitas tinggi mampu menahan panas, tidak bereaksi dengan makanan, mengelupas atau meluluhkan bahan kimia berbahaya ke dalam makanan.

Sebagai tolak ukurnya sendiri pada stainless steel terdapat beberapa angka yang harus diperhatikan seperti 18/10. Berguna sebagai penunjuk kandungan krom dan nikel. Semakin tinggi kadar keduanya, maka ketahanan terhadap panas dan karat akan semakin baik. Meskipun harga biasanya sedikit lebih mahal. Namun bukankah kesehatanmu jauh lebih penting dari sekedar uang?

Catatan, banyak peralatan yang dijual dengan harga murah, karena umumnya mereka menggantikan nikel dengan nitrogen atau mangan yang materialnya dijual dengan harga rendah. Namun hal ini menyebabkan harga dan kualitas ikut menurun.

Alasan mengapa banyak produsen menghindari penggunaan nikel yang lebih baik sendiri, hanya karena ingin memotong biaya bahan baku dan dapat menjualnya dengan harga yang lebih murah.

Melihat fakta ini mana yang Ruppers pilih kesehatan atau uang?

Tips Memilih Sendok stainless yang Tepat

jual vsendok garpu set stainless
Source: Pixabay

Gunakan indikator 18/10 sebagai penunjuk kandungan krom dan nikel. Sekaligus sebagai penanda peralatan ini sudah food grade, yaitu aman dan tidak akan memindahkan atau mentransfer zat-zat yang membahayakan ke makanan.

Di Ruparupa kami hanya Menawarkan set sendok Stainless Steel berkualitas tinggi, dan memberikan alternatif memasak yang aman untuk panci dan wajan lainnya. Dengan perawatan yang baik maka peralatan tersebut dapat berfungsi untuk waktu yang sangat panjang.

Selain itu pada platform Ruparupa yang merupakan official online store dari ACE Online dan Informa, juga selalu mengedepankan kualitas. Perpaduan bahan yang terbaik, terbuat dari bahan premium. Kekuatan paduan inilah yang membuatnya tetap sama meskipun telah melalui proses pencucian.

Perawatan Sendok Stainless

Setelah membahas sedikit fakta kesehatan pada sendok stainless mari berpindah pada tips merawat sendok stainless steel yang benar.

Gunakan alat pembersih yang terbuat dari bahan halus, yang tidak akan menggores permukaan stainless steel. Bersihkan permukaannya dengan hati-hati, agar tidak mengganggu integritas peralatan yang berkualitas tinggi.

Jika terdapat noda membandel maka dapat menggunakan pasta gigi, gosok dan keringkan. Sementara itu untuk membuat peralatan tetap mengkilap gunakan air dengan campuran cuka, kemudian gosok menggunakan sponge dan bilas.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar sendok stainless steel dalam keadaan baik.

Untuk mengetahui harga sendok stainless dan mendapatkan dengan kualitas food grade yang aman untuk kesehatan, percayakan semua pada Ruparupa yang menyediakan aneka jenis Perlengkapan Makan yang terbuat dari bahan berkualitas

Kami juga menyediakan aneka set Dapur Minimalis yang dapat melengkapi hunian semakin nyaman. Percayakan semua kebutuhan kamu pada Ruparupa.