Sekolah Tatap Muka Akan Dimulai, Lindungi Anak Dengan 9 Cara Ini

0
88
Sekolah tatap muka

Beberapa waktu lalu, pemerintah telah mengizinkan anak-anak untuk melakukan sekolah tatap muka secara terbatas. Keputusan ini diambil oleh pemerintah karena dianggap sebagai solusi pembelajaran terbaik untuk anak-anak di masa perkembangan mereka. 

Dalam menghadapi situasi new normal ini, memang pasti ada rasa khawatir yang menghantui para orang tua. Namun, Anda boleh sedikit merasa lega, sebab setidaknya saat ini sudah ada vaksin COVID-19, yang bisa memperkecil risiko anak terpapar virus berbahaya. Meski begitu, sebagai orang tua tetap perlu memberikan perlindungan ekstra untuk si kecil.

Persiapan Sekolah Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19

Berikut ini beberapa cara terbaik yang bisa membuat anak tetap aman, meskipun berakitivitas di luar rumah.

1Mendaftarkan Anak Dalam Program Vaksin Covid-19 

American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar semua anak dan remaja yang telah memenuhi syarat untuk menerima vaksin. Oleh karena itu, bila anak Anda belum mendapatkan vaksin, lebih baik ajak mereka untuk menerimanya dengan segera. 

Terlebih, saat ini sudah terdapat varian virus korona yang bermutasi, seperti varian Delta dan Delta Plus, yang lebih berbahaya karena lebih menular. Melansir dari beberapa sumber, varian virus korona ini bisa menyebabkan gejala Covid-19 yang lebih parah, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Namun, vaksinasi dapat mengurangi berbagai risiko berat dari penyakit Covid-19 ini. Apalagi, saat ini program vaksinasi sudah bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk untuk mereka yang pernah terpapar virus korona.

Akan tetapi, saat mengajak anak Anda untuk melakukan vaksin, hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi tubuh mereka. Pastikan mereka dalam keadaan yang sehat dan sudah melakukan skrining lanjutan.

2Menggunakan Masker Anak Berkualitas

 

Beli di sini

Untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap anak dari virus korona dan berbagai infeksi lain seperti pilek atau flu, ajarkan mereka untuk selalu memakai masker dengan benar. Cara yang paling mudah adalah pastikan anak-anak secara konsisten menggunakan masker wajah saat berpergian.

Selain itu, pastikan Anda memilih masker wajah berkualitas, yang sudah terbukti dapat mencegah penyebaran virus korona lebih baik. Anda bisa membeli masker terbaik  dari Ruparupa, yang terbuat dari material halus dan lembut di kulit, serta nyaman saat Anda memakainya dalam waktu lama.

3Ajarkan Anak untuk Menerapkan Social Distancing

Melansir dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention), menjaga jarak setidaknya 1-2 meter dari orang lain sangat efektif untuk menghindari penularan penyakit Covid-19. 

Untuk itu, ajarkan kepada anak-anak dalam menjaga jarak dengan orang lain. Anda pun juga bisa menyarankan kepada sekolah untuk menggunakan ruangan outdoor saat belajar dan bermain. Cara ini dapat membantu mengurangi risiko paparan virus.

Baca Juga:   5 Langkah Hidup Sehat, Agar Tubuh Makin Kuat Lawan COVID-19

4Melakukan Skrining Kesehatan 

Untuk memperkecil risiko penularan virus korona, maka perlu adanya identifikasi, seperti tes skrining bagi siswa, guru, dan staf sekolah. Umumnya, tes skrining ini memang dilakukan kepada orang yang belum sepenuhnya melakukan vaksinasi dan saat terjadinya peningkatan kasus Covid-19. Namun, untuk mencegah penularan, lebih baik tes skrining tetap dilakukan agar semua yang hadir di sekolah benar-benar dalam keadaan sehat.

5Istirahat yang Cukup

Menurut Patricia Bates, yang merupakan seorang konselor di bidang pendidikan dan kehidupan keluarga di Avera McKennan Hospital & University Health Center, mengatakan jika memiliki tidur yang cukup dan pola hidup yang baik, maka bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak. Bila anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka mereka pun bisa lebih siap untuk memulai sekolah tatap muka di era new normal.

6Berbicara Dengan Anak Tentang Situasi yang Terjadi

Sekolah tatap muka di masa pandemi virus korona saat ini tentunya banyak perbedaan dibandingkan dengan saat kondisi normal. Untuk itu, Anda perlu memberikan penjelasan kepada anak-anak tentang perbedaan ini.

Cobalah untuk memberikan pengertian kepada anak-anak tentang perubahan yang terjadi. Mulai dari harus menjaga jarak, menggunakan masker sepanjang hari, sampai tidak bisa bersentuhan dengan teman. Selain itu, Anda juga harus mengajarkan kepada mereka tentang perubahan jadwal sekolah yang akan terjadi.

7Jujur dan Terbuka Mengenai Pandemi Covid-19

Jika anak-anak Anda mungkin belum pernah mendengar tentang pandemi virus korona saat ini, maka Anda perlu mengungkapkan secara jujur kondisi yang terjadi. Hal ini dapat membantu anak Anda agar lebih mengerti dan memahami dalam menghadapi situasi seperti ini. 

Saat berbicara dengan anak-anak, Anda juga dapat menggunakan kesempatan untuk meminta pendapatnya ketika mereka harus kembali ke sekolah. Jangan ragu untuk meminta mereka mengungkapkan perasaan ketakutan dan kecemasannya. Lalu, jelaskan solusi yang bisa Anda dan anak-anak lakukan saat mulai sekolah tatap muka nanti. 

9Membawakan Bekal dari Rumah

Beli di sini

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan si kecil dan mencegah penyebaran kuman penyebab penyakit adalah dengan membawakan bekal makan siang dari rumah. Cara ini bisa menghindari mereka dari membeli makanan dari luar.  Dengan mempersiapkan makanan dari rumah, Anda bisa memberikan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk buah hati.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mempersiapkan anak untuk sekolah tatap muka. Ya, memang rasanya agak sulit melakukan kebijakan baru ini. Namun, dengan mengajarkan kepada anak-anak protokol kesehatan yang tepat, seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan melakukan vaksinasi, maka bisa membantu mereka meminimalisir dari risiko tertular virus korona. 

Apalagi, anak-anak memiliki risiko kemungkinan terpapar lebih besar daripada orang dewasa. Jadinya, pastikan selalu jaga protokol kesehatan 5 M (Mencuci tangan, Memakai Masker, Menjaga jarak,  Menjauhi Kerumunan, dan Membatasi Mobilitas). Selain itu, pastikan Anda  membawa peralatan wajib di era new normal, seperti hand sanitizer, masker wajah, dan tisu basah antiseptik.

Anda bisa menemukan berbagai perlengkapan kesehatan tersebut hanya melalui Ruparupa, platform yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga terlengkap dari merek terpercaya, seperti ACE, Informa, dan masih banyak lagi.