#RuparupaExpert – Dokter Spesialis Gizi Klinik

0
722
Ask The Experts dr Cindy

dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi MARS, MS, SpGK

Dokter Spesialis Gizi Klinik di RS Medistra, Jakarta

Pendidikan

  • Spesialis Gizi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (2003)
  • Magister Administrasi Rumah Sakit Universitas Indonesia (1996)
  • Fakultas Kedokteran Trisakti (1993)

Sertifikasi

  • Specialist Certification of Obesity Professional Education (SCOPE) , World Obesity Federation (2013)
  • Inke Maris Executive Media Training (2015)

Riwayat Pekerjaan

  • Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Tim Bariatric Surgery RS Gading Pluit, Jakarta (2004 – 2016)
  • Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Tim ICU RS Medistra, Jakarta (2003 – Sekarang)
  • Dokter Spesialis Gizi Klinik Cita Beauty Centre, Jakarta (2003 – sekarang)
  • Pendiri Drcmeal Catering (2016 – sekarang)

Organisasi

  • Anggota Ikatan Dokter Indonesia
  • Anggota Perkumpulan Dokter Gizi Medik Indonesia
  • Pengurus Perkumpulan Ikatan Dokter Gizi Klinik Jakarta

Tentang dr. Cindiawaty Pudjiadi MARS, MS, SpGK

Dokter Cindy memulai karirnya sebagai dokter gizi klinik di RS Medistra, Jakarta sejak tahun 2003. Ia juga tergabung dalam Tim ICU RS Medistra, Jakarta, untuk menangani kasus-kasus berat bersama dokter spesialis lainnya.

“Di Medistra itu macam-macam kasus, bukan hanya kasus mudah, tapi kasus yang sulit spesialis gizi juga terlibat disitu. Jadi dalam satu tim, berupaya bagaimana supaya pasien bisa benar-benar dibantu untuk kesembuhannya,” ujar dr Cindy.

Menjadi seorang dokter spesialis gizi klinik bukanlah cita-cita dokter Cindy. Proses pemilihan menjadi spesialis yang membawanya menjadi seorang dokter spesialis gizi klinik. Ia menginginkan satu spesialis yang tidak terlalu berat, tidak selalu jaga malam namun dapat membuat orang cantik dan sehat. Dan pilihan yang tersedia saat itu adalah spesialis kulit atau spesialis gizi.

Hingga akhirnya ia memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi spesialis gizi klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Setelah menyelesaikan studinya di tahun 2003, ia kemudian memulai karirnya menjadi seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik di RS Medistra, Jakarta dan Cita Beauty Centre di Jalan Wijaya, Jakarta.

Di tahun 2004, ia juga sempat bergabung dalam Tim Bariatric Surgery di RS Gading Pluit, Jakarta. Tapi karena jarak yang terlalu jauh, dokter Cindy memutuskan untuk menyudahi kerja sama praktek dokter di RS Gading Pluit pada tahun 2016.

Bekerja dalam tim ICU di RS Medistra membuat dr. Cindy merasakan adanya tantangan lebih. “Seorang pasien yang terserang stroke dan diprediksi sulit sembuh, tapi karena bantuan 1 tim, pasien tersebut bisa berjalan pulang dan selamat, itu merupakan sebuah kebahagiaan yang tidak tergantikan oleh apapun,” ujarnya.

Bagi Dokter Cindy, membantu pasien untuk kembali sehat dengan diet seimbang merupakan kebahagiaan yang tak terhingga. Tak heran jika akhirnya ia merambah ke bisnis catering melalui akun instagramnya dengan nama “drcmeal”. Bisnis catering ini awalnya hanya untuk memenuhi permintaan pasien yang kesulitan memasak menu dietnya.

Dari sekian banyak kasus yang ditangani, kasus obesitas hadir dengan presentase tertinggi. Tak heran jika saat ini banyak yang menawarkan catering diet sebagai pilihan makanan. Namun perlu diperhatikan bagi pengguna jasa catering ini adalah siapa yang memantau catering diet tersebut, sebaiknya pilih catering yang berada dibawah pengawasan dokter gizi.

“Kalau dietnya ngaco-ngaco bisa saja dia (konsumen) masuk rumah sakit karena kurang garam, kurang kalium, kurang gizi, atau bisa juga kena jantung, stroke, karena pemilihan makanan yang kurang tepat”, jelas dr Cindy.

Kalau mau benar-benar turun berat badan, bonusnya sehat, cobalah ke dokter spesialis gizi klinik, sehingga berat badan yang dicapai ideal dan badan tetap sehat

dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi MARS, MS, SpGK

Dalam hal diet sehat dan seimbang, menunya harus disesuaikan untuk setiap pasien. Karena kebutuhan satu orang dan orang lainnya belum tentu sama, bergantung dari kesehatan, usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, serta aktifitasnya dihitung untuk mendapatkan nilai gizi yang dibutuhkan oleh orang tersebut. Karena kebutuhan setiap orang berbeda, maka dr Cindy akan memberikan variasi menu yang berbeda juga. Agar tidak membingungkan pasien, tak heran jika dr Cindy selalu menjelaskan komposisi makanan menu sehatnya menggunakan contoh makanan dengan ukuran tertentu, agar pasien dapat mengikuti menu dengan lebih mudah.

Ask The Experts dr Cindy

dr. Cindy siap membantu Anda!

Apakah Anda mengalami masalah tentang kesehatan yang berkaitan dengan asupan gizi? Atau Anda ingin melakukan diet?

Tanyakan kepada Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, SpGK.

Tanya dr Cindy Sekarang Kumpulan Artikel dr. Cindy