#AskRuparupacom: Apa Gizi Terbaik Pengganti Susu

Tanya:

Saya hamil anak kedua saat anak pertama saya berusia 23 bulan. Anak pertama baru saja stop ASI. Tapi masalahnya tidak mau mengkonsumsi sufor atau susu yang lain. Amankan jika ibu hamil tetap menyusui anak pertama? Apa yang bisa saya kasih sebagai pengganti susu?
Defi – Bogor

Jawab:

Halo Ibu Defi,

Bila Ibu ingin tetap menyusui selama hamil, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Karena menyusui dapat menyebabkan kontraksi uterus, walaupun kontraksi yang terjadi mungkin ringan, saran saya sebaiknya ibu tetap berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan ibu.

Dari bidang saya, saran saya sudah waktunya ibu untuk menyapih anak pertama, karena melihat usia anak pertama Ibu yang sudah berusia 23 bulan, maka sudah saatnya untuk disapih. Anak Ibu tentu saja sudah mengkonsumsi berbagai makanan.

Saran saya agar Ibu lebih memperhatikan kualitas dan kuantitas makanan yang dikonsumsi oleh si Kecil. Untuk masalah susu formula yang tidak mau dikonsumsi oleh anak, Ibu dapat mencoba untuk mencampurkan susu formula tersebut dengan makanan yang dikonsumsi.

Berikan produk olahan susu seperti keju dan yogurt sebagai nutrisi tambahan.

Misalnya ibu membuat puding atau telur yang dikocok bersama dengan susu, atau pasta yang ditaburi keju. Ibu cukup menambahkan 2 gelas susu yang dicampurkan dengan makanan anak ibu, sehingga tidak terlihat bentuk susunya.

Produk susu seperti keju, yoghurt, dapat juga diberikan, misalnya,dalam bentuk roti yang diberi keju atau kentang dengan keju kemudian dipanggang,Β  yoghurt yang ditambahkan /dicampurkan dengan potongan buah, dan lain-lain. Buatlah bentuk-bentuk yang menarik, sehingga anak mau mencoba.

Pada usia tersebut anak sedang dalam masa pengenalan makanan, jadi ibu harus tetap berusaha memberikan berbagai macam, makanan satu persatu. Bila di satu waktu belum mau, dapat dicoba diberikan kembali di lain waktu.

Kebutuhan gizi anak dalam sehari:

  • 3 porsi karbohidrat dapat berupa 3 porsi nasi / roti/ pasta /havermut / kentang, dll
  • 1 porsi daging: sekitar 40 gram ayam/ikan atau 1 telur
  • 2 potong tahu atau 2 potong tempe
  • Sayuran 1.5 mangkuk
  • Minyak 3 sendok teh
  • Gula 2 sendok teh
  • Susu 1-2 gelas

Nah semua bahan makanan di atas, dapat dibagi-bagi dalam sehari, dengan berbagai macam bentuk makanan, kreasikan makanan tersebut menjadi makanan yang menarik dan enak, sehingga anak mau mencoba.

Selamat mencoba, semoga sehat selalu untuk Ibu Defi dan keluarga!


Ask The Experts dr Cindy

dr Cindy siap membantu Anda!

Apakah Anda mengalami masalah tentang kesehatan yang berkaitan dengan asupan gizi? Atau Anda ingin melakukan diet?

Tanyakan kepada Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, SpGK.

Lihat Profil dr. Cindy Kumpulan artikel dr. Cindy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here