#AskRuparupacom: Menu Makanan Anak Kurang Zat Besi

0
343
anak kurang zat besi

#AskRuparupacom: Menu Makanan Anak Kurang Zat Besi

Tanya:

Dok..
Anak saya umur 3th 6bln, hampir 1 th ini mengalami kekurangan zat besi. Hasil lab darah tepi baik semua, jadi analisa DSA-nya positif kurang asupan zat besi saja. Yang jadi masalah, si anak picky eater sangat. Kira-kira bagaimana trik untuk memenuhi asupan gizi serta meningkatkan asupan zat besi? Mohon dibantu ya, Dok. Terima kasih
Rizma – Jakarta

Jawab:

Hai Ibu Rizma,

Zat besi merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi banyak terdapat dalam makanan sumber hewani semisal daging, ikan, ayam, dan lainnya. Zat besi yang bersumber dari hewani ini disebut “heme iron”, zat besi tipe inilah yang lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan bahan makanan yang mengandung zat besi “non-heme iron”.

Zat Besi lebih mudah diserap jika dikonsumsi bersama dengan vitamin C

Makanan yang mengandung zat besi yang masuk “non-heme iron” adalah bahan makanan sumber zat besi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, misalnya: kacang-kacangan, kacang polong, dan beberapa sayur (bayam, asparagus, bit, dll) dan buah (misalnya: apricot,prune). Perlu Anda ketahui juga bahwa penyerapan zat besi oleh tubuh akan lebih mudah jika dibarengi dengan makanan sumber vitamin C, seperti jeruk, lemon, strawberi, tomat, dll.

Anak umur 3 tahun  memang sedang dalam proses pengenalan makanan. Pada masa ini, anak sering memilih-milih makanan, akan tetapi sebagai ibu, tidak boleh putus asa. Cobalah memberikan makanan dengan berbagai bentuk yang menarik, rasa yang enak, dan berikanlah menu yang bervariasi setiap harinya.

Bila misalnya hari ini tidak mau daging, dapat dicoba lagi beberapa hari kemudian dengan bentuk dan rasa yang berbeda. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah porsinya, berikanlah porsi makan yang kecil pada anak dengan intensitas yang cukup sering. Perlu diingat kemampuan makan anak tidak sama dengan orang dewasa, anak hanya mampu untuk makan sedikit-sedikit, karena kebutuhannya juga lebih sedikit dibandingkan orang dewasa.

Karena kemampuan makan anak dengan porsi kecil inilah, sebagai ibu harus mengusahakan pemberian makanan anak yang bergizi lengkap dan seimbang pada setiap porsi makannya. Sehingga kebutuhan zat gizi, dalam kasus ini adalah kebutuhan akan zat besi yang dibutuhkan oleh anak, dapat terpenuhi.

Berikut contoh menu makanan harian untuk memenuhi asupan zat besi:

  • Pagi: nasi + telur orak arik dengan ayam cincang dan sayuran + buah potong
  • Snack jam 10: perkedel kentang dengan isi daging sapi cincang + wortel
  • Siang: nasi + ikan goreng dan sup sayuran + buah
  • Snack jam 16.00: lemper ayam dengan sedikit sayuran
  • Malam: pastel tutup dengan isi daging cincang dan sayuran + sup jagung dengan potongan tahu
  • Sebelum tidur: susu

Usahakan untuk memberikan makanan bergizi lengkap dan seimbang dalam porsi kecil dengan intensitas yang sering. Anda bisa melakukan beberapa cara seperti ini untuk menyiasati anak yang sulit makan. Jangan berhenti untuk membuat variasi makanan agar anak tidak cepat bosan.

Selamat mencoba!

 


Ask The Experts dr Cindy

dr Cindy siap membantu Anda!

Apakah Anda mengalami masalah tentang kesehatan yang berkaitan dengan asupan gizi? Atau Anda ingin melakukan diet?

Tanyakan kepada Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, SpGK.

Lihat Profil dr. Cindy Kumpulan artikel dr. Cindy