13 Nama Alat Dapur dan Gambarnya yang Wajib Dimiliki

0
24693
nama alat dapur dan gambarnya

Mengetahui nama alat dapur dan gambarnya itu merupakan hal yang penting, lho. Bagaimana tidak, kita pasti akan menjumpai atau bahkan menggunakannya saat ingin memasak.

Nah, kalau kamu sendiri, apakah tertarik untuk belajar memasak atau membuat kue? Jika ya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu berbagai nama alat dapur dan gambarnya agar tidak salah.

Ruparupa Banner

Terkadang, kita juga membeli beberapa peralatan masak dengan fungsi yang sama sehingga jarang digunakan. Pastinya tidak mau ‘kan peralatan tersebut menumpuk di dapur kamu?

Apa Saja Alat Dapur yang Wajib Kamu Punya di Rumah?

Perlengkapan masak memang beraneka ragam. Saking banyaknya, kadang membuat dapur kita jadi berantakan. Padahal, tidak semua alat masak perlu kita miliki.

Hanya beberapa alat dapur di bawah ini yang perlu kamu siapkan di rumah, seperti berikut ini.

1. Wajan 

Nama alat dapur pertama yang wajib kamu miliki di rumah adalah wajan. Alat masak satu ini juga memiliki beberapa jenis dan fungsi yang berbeda-beda, seperti untuk menggoreng, memanggang, dana menumis. 

Namun, kamu hanya perlu memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Hal paling penting adalah pilih wajan dengan bahan yang berkualitas, seperti stainless, cast iron, atau keramik, agar tidak membahayakan kesehatan saat menggunakannya. 

Berikut rekomendasi wajan yang bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp300 ribuan

Selma 24 Cm Karen Wajan Penggorengan
Selma 24 Cm Karen Wajan Penggorengan

Beli di sini

Krischef 28 Cm Wajan Curling - Hitam
Krischef 28 Cm Wajan Curling – Hitam

Beli di sini

nama alat dapur dan gambarnya
Krischef 30 Cm Wajan Dengan Tutup

Beli di sini

2. Panci

Kamu pasti sudah mengenali nama alat dapur satu ini dan tidak asing dengan gambarnya bukan? Ya, ini adalah panci!  Ada banyak jenis panci dengan fungsi yang berbeda- beda, lho.

Jika ingin membuat sup, kamu dapat menggunakan panci sup atau stock pot. Sedangkan panci yang sering kamu gunakan untuk membuat mie instan dinamakan sebagai panci saus atau saucepan. 

Selain kedua jenis tersebut, masih ada model panci lainnya, seperti panci presto, panci kukus, dan panci panggang.  

nama alat dapur dan gambarnya
Krischef 28 Cm Panci Shabu Dengan Sekat

Beli di sini

3. Rice cooker

Sebagai orang Indonesia, pasti kita terbiasa makan nasi setiap harinya. Oleh karena itu, kamu wajib menyiapkan rice cooker atau alat penanak nasi di rumah. 

Rice cooker memiliki ukuran yang berbeda berdasarkan liter. Untuk itu, pastikan pilih ukuran rice cooker yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga di rumah agar kamu tidak memasak terlalu banyak.

Kamu bisa membeli rice cooker dengan daya listrik yang rendah supaya kamu bisa lebih menghemat listrik, seperti rekomendasi berikut ini.

nama alat dapur
Kris Rice Cooker 1.8 Ltr – Silver

Beli di sini

4. Set alat masak

Apakah kamu mengetahui semua nama alat dapur dan gambarnya ini? Tidak apa-apa kalau belum tahu. Namun, kamu wajib tahu fungsi dari alat-alat tersebut. Yuk, kenalan satu-satu, seperti gambar di bawah ini.

Baca Juga:   8 Desain Rak Bumbu Dapur Cantik pada Kitchen Set
alat masak
Cooking Color Lark Set 6 Pcs Sendok Masak Dengan Holder

Beli di sini

Pada gambar paling atas disebut sebagai skimmer, yang berfungsi untuk mengambil makananan yang sedang direbus atau goreng.

Sedangkan gambar di bawahnya adalah slotted turner, yang berfungsi untuk menggoreng makanan dan meniriskan minyak melalui celah yang ada.

Berikutnya adalah ladle, yang berfungsi untuk menyendok sup atau saus.  Lalu, ada spoon untuk mengaduk atau menata makanan di atas piring dan spaghetti server untuk membantu kamu mengangkat atau meniriskan spaghetti.

Terakhir, pada gambar paling bawah disebut sebagai whisk untuk mencampur adonan kue atau bahan makanan lainnya agar lebih cepat rata. 

5. Mixer

Kamu suka membuat kue di rumah? Pasti sudah tidak asing lagi dengan alat dapur satu ini dong? Mixer dapat membantu kamu untuk mencampurkan semua adonan kue yang ingin dibuat secara merata.

Mikser sendiri memiliki beberapa jenis. Ada planetary mixer untuk membuat adonan yang lebih lembut dan encer.

Selain itu, kamu bisa memakai spiral mixer untuk mencampur adonan yang lebih kental dan banyak. Sedangkan horizontal dough mixer untuk mencampur adonan roti, mie, kulit pastel, dan lain-lain.

Tidak perlu memiliki semua alat mixer tersebut karena kamu dapat membeli yang sudah punya ketiga fitur pengadukan sekaligus. Namun, pastikan kamu membeli yang berkualitas agar bisa tahan lama, seperti rekomendasi berikut ini.

nama alat dapur
Ariete Stand Mixer Retro 5.5l – Hijau

Beli di sini

 

6. Blender

Blender seringkali digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan bumbu masakan. Tipsnya,  pastikan kamu memilih blender dengan dua sampai tiga wadah berbeda.

Jadi, kamu bisa menggunakan wadah tersebut khusus untuk bahan makanan tertentu, seperti buah, sayur, hingga daging. Dengan demikian, bakteri atau bau yang ada tidak tercampur di dalam satu wadah blender. 

nama alat dapur dan gambarnya Kels Nova Set 6 Pcs Mini Blender - Merah
Kels Nova Set 6 Pcs Mini Blender – Merah

Beli di sini

7. Kompor

Alat dapur selanjutnya yang wajib ada di rumah kamu adalah kompor. Saat ini, sudah ada banyak sekali variasi kompor, seperti kompor gas portable, kompor gas tanam, kompor listrik, hingga kompor induksi. 

Dengan banyaknya pilihan kompor tersebut, kamu hanya perlu memilih yang sesuai kebutuhan dan dekorasi dapur di rumah. Berikut rekomendasi kompor yang bisa kamu beli.

nama alat dapur dan gambarnya Kris Kompor Induksi Dengan Panci 2000w - Silver
Kris Kompor Induksi Dengan Panci 2000w – Silver

Beli di sini

8. Chopper

Alat satu ini dapat dikatakan sebagai blender mini. Fungsi utamanya adalah untuk menghaluskan bahan dan bumbu masakan, tetapi dengan daya kecil dan tidak sekuat blender. 

Tekstur yang dihasilkannya pun lebih kasar dari blender biasa. Nah, jika kamu suka masak, alat ini wajib ada di dapur rumah untuk memudahkan aktivitas memasak kamu. Berikut rekomendasi chopper yang bisa kamu beli.

nama alat dapur dan gambarnya Ataru Chopper Manual - Abu-abu
Ataru Chopper Manual – Abu-abu

Beli di sini

9. Pisau

Pisau juga merupakan salah satu alat dapur yang wajib ada di rumah untuk membantu kamu memasak. Namun, pisau memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda.

Baca Juga:   5 Cara Menghilangkan Bau dari Tempat Sampah

Ada pisau khusus daging, memotong sayuran, mengupas buah, memotong kue, bahkan untuk membuat ukiran pada buah.

Nah, kamu dapat membeli langsung satu set pisau dengan berbagai ukuran yang lengkap agar lebih hemat dan memudahkan kamu saat menggunakannya. 

nama alat dapur dan gambarnya Cooking Color Set 6 Pcs Virtus Pisau Dapur
Cooking Color Set 6 Pcs Virtus Pisau Dapur

Beli di sini

10. Alat Parut

Nama alat dapur satu ini adalah pemarut atau sering juga disebut parutan. Biasanya, alat ini digunakan untuk memarut berbagai bahan masakan, yaitukeju, wortel, dan lain-lain.

Pemarut sendiri memiliki berbagai model yang dapat menghasilkan bentuk parutan yang berbeda, lho. Hasil parutan tersebut dapat berupa garis-garis, gerigi, dan lain-lain.

Pilih pemarut dengan bahan berkualitas dan tidak mudah karat, ya. Jadinya, kamu bisa pakai dalam waktu lebih lama, seperti rekomendasi berikut ini.

Joseph-joseph Duo Parutan Dengan Wadah - Merah
Joseph-joseph Duo Parutan Dengan Wadah – Merah

Beli di sini

11. Talenan

Alat dapur selanjutnya yang wajib ada di rumah adalah talenan. Biasanya, talenan berfungsi sebagai alas untuk memotong bahan makanan. Talenan juga punya beberapa bahan berbeda, seperti kayu, plastik, atau silikon.

Tipsnya, pisahkan antara talenan khusus daging, sayuran, dan buah-buahan.  Cara ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan bakteri pada daging berpindah ke sayuran dan buahan.

Untuk memotong daging, kamu bisa memakai talenan berbahan silikon dan kayu. Sedangkan untuk buah-buahan dan sayuran, gunakan talenan dari bahan kayu atau bambu agar lebih mudah saat memotongnya, seperti berikut ini.

nama alat dapur dan gambarnya Cooking Color 39x29 Cm Set 2 Pcs Woldy Talenan Bambu & Nampan
Cooking Color 39×29 Cm Set 2 Pcs Woldy Talenan Bambu & Nampan

Beli di sini

12. Centong nasi

Siapa yang saat mengambil nasi dari rice cooker sering menggunakan sendok stainless? Bila kamu salah satunya, hentikan kebiasaan ini karena dapat merusak lapisan dalam rice cooker

Lebih baik gunakan centong nasi berbahan plastik atau kayu dengan permukaan yang tumpul. Namun, pastikan kamu memilih yang sudah berlabel food grade agar aman saat digunakan, seperti rekomendasi berikut ini.

Ataru Sendok Nasi Dengan Holder - Hijau
Ataru Sendok Nasi Dengan Holder – Hijau

Beli di sini

13. Saringan

Kamu pasti sudah mengenali nama alat dapur dan gambarnya satu ini, kan? Ya, ini adalah saringan yang sering digunakan untuk meniriskan minyak saat menggoreng. 

 Meski bentuknya sama, tetapi saringan juga memiliki banyak jenis. Ada yang khusus untuk minyak, mengayak tepung, serta untuk mencuci sayuran dan buah-buahan, seperti yang berikut ini.

Krischef Saringan Gorengan 23 Cm
Krischef Saringan Gorengan 23 Cm

Beli di sini

Krischef Saringan Dapur 10 Cm
Krischef Saringan Dapur 10 Cm

Beli di sini

Nah, itulah 13 nama alat dapur dan gambarnya yang wajib kamu ketahui. Apakah kamu sudah memiliki semua alat tersebut di rumah? Jika belum, temukan berbagai alat dapur berkualitas hanya di ruparupa.

Situs belanja online ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga dengan kualitas terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan Krisbow.

Yuk, belanja sekarang dan dapatkan berbagai promo menarik.