Resep Bolu Kukus Gula Merah Pasti Mekar dan Lembut

0
891
resep bolu kukus
Sumber: veronteokitchen.blogspot.com

Bolu kukus adalah kue berbentuk bunga cantik yang punya rasa lembut. Camilan satu ini pun menjadi favorit banyak orang dari dulu sampai sekarang. Ternyata, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah, lho. Cukup ikuti resep bolu kukus satu ini.

Untuk membuat kue bolu kukus agar terlihat semakin cantik, kita pun bisa memberikan sentuhan berbagai warna memakai pewarna makanan. Namun, kamu juga bisa membuatnya hanya dengan gula merah sehingga bolu berwarna coklat muda.

Ruparupa Banner

Lalu, bagaimana cara membuat bolu kukus yang pasti mekar dan terasa lembut? Tenang, kali ini kami punya resep bolu kukus gula merah yang praktis dan dijamin pasti enak. Yuk, ikuti sekarang. 

Bahan-bahan

  • 200 gram gula merah halus
  • 3 helai daun pandan
  • 200 ml air 
  • 2 butir kuning telur
  • ¼ sdt garam
  • ½ sdt soda kue
  • 250 gram tepung terigu
  • ¼ sdt bubuk vanili
  • 50 gram gula pasir
  • ¼ sdt baking powder
  • 100 ml minyak goreng
bolu kukus gula merah
Sumber: mykitchen101en.com

Cara Membuat Bolu Kukus

Setelah semua bahan sudah kamu siapkan, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pertama-tama, rebus 200 ml air sampai mendidih dan masukkan gula merah, daun pandan, garam, serta vanili bubuk. Aduk semua bahan sampai tercampur rata.

2. Setelah mendidih dan tercampur sempurna, saring air gula merah dan letakkan di dalam wadah. Diamkan hingga mencapai suhu ruangan.

Baca Juga:   15 Ide Makanan Kekinian untuk Jualan

3. Sambil menunggu, kamu bisa mencampurkan kuning telur, gula pasir, baking powder, dan soda kue ke dalam wadah terpisah. Lalu, aduk menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai adonan mengembang berwarna pucat. 

4. Kemudian, turunkan kecepatan mixer menjadi yang paling rendah sambil masukkan air rebusan gula merah yang telah mencapai suhu ruangan. Kamu bisa mengaduknya terus dan secara bertahap tambahkan tepung terigu.

5. Setelah adonan sudah tercampur rata, matikan mixer dan tambahkan minyak goreng. Aduk menggunakan spatula hingga merata.

6. Tuangkan semua adonan ke cup bolu kukus dan letakkan di dalam panci kukus. Kukus bolu selama kurang lebih 20 menit menggunakan api besar. Pastikan kamu melapisi tutup panci menggunakan serbet agar uap tidak menetes.

7. Setelah 20 menit, bolu kukus sudah dapat kamu angkat dari panci kukus dan siap dinikmati.

Nah, itu dia resep bolu kukus gula merah yang mudah, lembut, dan pasti mekar. Coba buat sekarang, yuk!

Tips Membuat Bolu Kukus

Selain mengikuti resep tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membuat bolu kukus.

Pertama, saat mengaduk minyak dengan adonan, pastikan kamu menggunakan spatula yang rata. Hal ini bertujuan agar minyak tidak mengendap pada bagian bawah wadah.

Baca Juga:   8 Menu Buka Puasa Praktis Cuma 30 Menit

Kemudian, sebelum kamu mengukus bolu, panaskan panci kukus sampai penuh uap agar dapat matang maksimal. Selain itu, kamu juga tidak boleh membuka tutup panci sebelum waktunya selesai ya, Ruppers! Tidak mau ‘kan bolu kukus kamu gagal mekar? 

Selain itu, pastikan air kukusan tidak terlalu banyak atau tinggi karena nantinya bisa menyebabkan cipratan ke bagian bawah bolu kukus sehingga menjadi bantet.

Kamu juga perlu memilih gula merah yang berkualitas agar menghasilkan warna bolu kukus yang cantik.

Itulah dia resep bolu kukus dan tips membuatnya agar bisa mekar dan lembut. Sudah siap membuatnya untuk orang-orang terdekat kamu? 

Nah, agar bolu kukus dapat mekar dengan cantik, kamu akan memerlukan beberapa rekomendasi peralatan bikin kue seperti berikut ini. 

Philips Mixer Hr1559 - Hijau
Philips Mixer Hr1559 – Hijau beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Kris Stand Mixer 3.5 Ltr 300 W
Kris Stand Mixer 3.5 Ltr 300 W beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Krischef 33.5 Cm Panci Kukus Dengan Dua Piringan
Krischef 33.5 Cm Panci Kukus beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Cooking Color 18 Cm Orlando Saucepan Dengan Pengukus
Cooking Color 18 Cm Saucepan beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Semua peralatan masak, baking, dan perlengkapan dapur berkualitas tersebut dapat kamu temukan di Ruparupa.com, lho.

Situs belanja online ini juga menjual berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi. 

Yuk, belanja sekarang dan selamat berkreasi dengan masakan kamu, Ruppers!