Rekomendasi Gergaji Mesin Sesuai Jenis dan Fungsinya

0
16540
gergaji mesin

Meski jarang digunakan oleh banyak orang, gergaji mesin tentu merupakan alat vital di dunia pertukangan. Gergaji ini berguna untuk memotong kayu, besi ataupun pipa. Ada beberapa jenis gergaji yang memiliki fungsi berbeda-beda sehingga bermanfaat sesuai dengan kebutuhannya. Alasan mengapa ada beberapa jenis gergaji adalah karena sesuai dengan bahan yang akan dipotong.

Mata gergaji bisa cepat tumpul apabila salah dalam penggunaan. Jenis gergaji mesin atau yang lain memang bisa mengganti matanya namun ada juga yang tidak bisa. Anda harus melakukan pengasahan terlebih dahulu menggunakan alat khusus. Bisa juga dengan penggantian gergaji baru. Berikut beberapa jenis gergaji dimana Anda akan tahu letak perbedaannya.

Ruparupa Banner

Macam-Macam Gergaji Mesin Sesuai dengan Fungsinya

1. Chainsaw

mesin gergaji
Krisbow Mesin Gergaji 55 Cm

Jenis gergaji mesin yang pertama adalah chainsaw. Jenis ini merupakan gergaji yang memiliki rantai dan ada gigi ripping. Fungsinya adalah untuk proses pemotongan lebih tajam. Chainsaw merupakan kategori jenis band saw dan berguna dalam pengerjaan kayu misalnya saja seperti memotong pohon. Penggunaannya cukup mudah namun tetap harus berhati-hati terutama bagi para tukang pemula yang akan mengoperasikan gergaji mesin jenis chainsaw ini.

2. Chop Saw

gergaji listrik
Krisbow Gergaji Listrik 37,2 Cc

Bentuk dari chop saw ini terbilang unik karena gergajinya berbentuk bunda portable. Ukurannya cukup besar dan berguna untuk pemotongan logam atau batu. Ada juga yang memfungsikannya untuk pemotongan beton. Mereka menambahkan cairan agar bisa mengurangi debu ketika proses pemotongan. Gergaji chop saw menggunakan bilah ompong dari material abrasive khusus. Tujuannya adalah membuat proses pemotongan lebih mudah. Chop saw sendiri juga disebut sebagai abrasive saw, concrete saw atau cut-off-saw.

Baca Juga:   10 Jenis Obeng Beserta Fungsinya yang Wajib Ada di Rumah

3. Jigsaw

mesin gergaji jigsaw
Krisbow Mesin Gergaji Jigsaw 6,5 Cm 570 W

Jigsaw yang sering Anda dengar merupakan gergaji yang bisa Anda genggam. Jigsaw memiliki bilah potong yang pendek beserta dengan gigi halus. Gerakan bilah potongnya juga naik turun beserta kecepatan yang bisa Anda atur. Mereka yang menggunakan gergaji ini juga tidak sembarangan karena dirancang khusus untuk pemotongan kurva. Bisa juga Anda manfaatkan untuk pemotongan garis-garis yang tidak lurus. Gergaji jigsaw juga memiliki dua jenis lainnya yakni yang menggunakan kabel dan tidak.

4. Band Saw

mesin gergaji
Krisbow Mesin Gergaji 18 Inci 2.2kw

Band saw merupakan gergaji yang memiliki ukuran cukup tinggi dengan puli-puli di bagian atas dan bawah meja potong. Fungsinya adalah untuk menggerakkan pita kontinu atau yang seringkali disebut dengan sabuk yang memiliki gigi halus dan memotong benda. Band saw cocok Anda gunakan untuk pemotongan lengkungan yang cukup rumit. Tetapi, keterbatasannya adalah untuk kedalaman beberapa inchi. Band saw cocok untuk pengerjaan pemotongan kayu, PVC, pipa dan juga tabung.

5. Rotary Saw

mesin gergaji potong
Greenworks Mesin Gergaji Potong 40v – Hijau

Jenis gergaji berikutnya adalah rotary saw. Jenis ini memiliki bilah potong tetap dan juga gagang yang bertipe screwdriver. Rotary saw bisa Anda gunakan untuk beberapa pekerjaan ataupun konstruksi. Sangat cocok jika Anda memanfaatkannya untuk memotong dinding ataupun melakukan perbaikan. Gergaji ini juga bisa Anda gunakan dalam pemotongan kecil namun harus cermat dalam penggunaannya.

6. Table Saw

gergaji meja
Proxxon Mata Gergaji Meja Pet 28731

Table saw adalah bilah yang lebih besar jika Anda bandingkan dengan jenis gergaji rotary. Gergaji ini lengkap dengan motor yang berkecepatan tinggi dan ada di bawah meja datar. Agar bisa menyesuaikan kedalam saat pemotongan, bilah pada gergaji mesin tersebut bisa muncul dari alas meja. Cocok Anda gunakan untuk pemotongan yang berukuran identik.

Baca Juga:   Rekomendasi Tang Untuk Digunakan Sehari-Hari

7. Compound Miter Saw

mesin gergaji
Krisbow Mesin Gergaji Potong 52 Cc – Merah

Compound miter saw merupakan gergaji yang bisa Anda gunakan dalam melakukan proses pemotongan lurus dan simetris. Pisau pada gergaji compound miter saw ini bisa berputar ke arah atas ataupun bawah. Pisau dari gergaji ini juga bisa Anda pasang di bagian lengan yang Anda sesuaikan bagian sudutnya. Dengan begitu, dalam melakukan pemotongan yang kompleks ataupun cukup rumit bisa lebih mudah.

8. Circular Saw

mesin gergaji bensin
Maximus Gergaji Mesin Bensin 25cc – Oranye

Circular saw atau buzz saw ini merupakan gergaji yang memiliki pisau bergerigi dengan diameter 7 hingga 9 inch. Gergaji ini juga paling umum digunakan. Terutama ketika akan memotong kayu, plastik, batu, logam dan lainnya. Circular saw cukup mudah untuk Anda gunakan meski tetap harus berhati-hati.

9. Mini Chainsaw

gergaji bensin
Krisbow Gergaji Mesin Bensin 25cc – Merah

Mini chainsaw adalah versi kecil dari gergaji chainsaw. Gergaji ini berfungsi untuk pemotongan ringan. Ukurannya kecil dan ringan jika Anda bandingkan dengan gergaji chainsaw yang cukup besar. Gergaji mesin ini cukup mudah Anda genggam meski harus tetap berhati-hati dalam menggunakannya. Mini chainsaw memiliki variasi harga sesuai dengan merk yang beredar.

10. Flooring Saw

mata pisau gergaji
Proxxon Mata Pisau Gergaji 2 Pcs

Flooring saw ini merupakan gergaji dengan penggunaannya diletakkan di lantai. Biasanya digunakan untuk memtong bahan keramik dan juga bahan bangunan yang lain. Menggunakan gergaji ini membuat Anda tidak perlu memindahkan benda yang lain ke tempat yang lebih tinggi.

Untuk menemukan berbagai jenis gergaji mesin berkualitas, Anda bisa mencarinya di ruparupa.com. Ada beragam jenis dan fungsi yang berbeda yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, promo dan harga terjangkau bisa Anda dapatkan di ruparupa.com. Segala macam home improvement tersedia lengkap.

Editor: Sharon Suryaatmadja