Martil atau palu mungkin menjadi perkakas di rumah yang jadi andalan Anda, tapi itu baru permulaan. Ada beberapa perkakas untuk rumah yang juga wajib menjadi “bintang” di rumah Anda agar proyek rumah tangga serta perbaikan-perbaikan kecil bisa dilakukan sendiri. Berikut daftarnya (hitung berapa yang telah Anda miliki):

1. Obeng

Baik obeng dengan ujung bunga ataupun datar merupakan perkakas untuk rumah. Saat pegangan pintu copot atau ketika stop kontak listrik perlu diperbaiki, alat ini akan jadi penyelamat Anda. Memiliki beberapa obeng dengan ukuran yang tepat akan sangat bermanfaat untuk mengerjakan banyak pekerjaan perbaikan kecil di rumah.

2. Meteran

Alat pengukur ini merupakan perkakas untuk rumah  yang juga wajib dimiliki. Tanpa meteran, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang sempurna saat harus memperkirakan letak yang pas untuk memasang foto di dinding. Begitu pula ketika harus menghitung berapa banyak ubin yang diperlukan untuk dipasang di kamar mandi atau ketika memilih furnitur baru yang ukurannya pas di ruang tamu minimalis Anda.

3. Pisau serbaguna

Biasa disebut cutter, pisau tipis yang tajam ini sangat bermanfaat saat harus mengorek cat yang masuk di sela pinggiran jendela, membuka kotak kiriman yang dikemas rapat, bahkan ketika harus merapikan pinggiran karpet yang sulamannya rusak. Begitu banyak pekerjaan kecil yang bisa diselesaikan dengan alat ini sehingga Anda wajib memilikinya sebagai perkakas di rumah.

4. Kape

Perkakas dengan ujung datar ini sangat bermanfaat untuk membersihkan lem atau cat kering yang menempel pada satu permukaan. Kape juga sangat membantu saat harus meratakan dempul atau pasta tertentu. Miliki ukuran kecil untuk menggores serta yang lebih besar saat perlu meratakan sesuatu.

5. Tang

Perkakas untuk rumah ini akan sangat membantu saat Anda perlu memegang objek dengan mantap, begitu pula ketika harus menarik, memutar, atau membengkokkan logam. Lengkapi pula koleksi Anda dengan jenis tang yang kepalanya memiliki sekrup yang ukurannya bisa disesuaikan. Tang jenis tersebut akan memberi pegangan kuat saat Anda harus memasang atau mencopot baut.

6. Pemotong kabel

Gunting jenis ini memiliki mata pisau cukup tajam untuk memotong kabel sesuai ukuran yang Anda inginkan. Perkakas ini juga bisa digunakan untuk menguliti bagian luar kabel ketika Anda perlu mendapatkan koneksi listrik dengan menyambung bagian dalam kabel dengan kabel lain.

7. Bor

Perkakas ini sangat berguna ketika Anda perlu melubangi sesuatu di rumah untuk memasang sekrup. Pekerjaan yang tentunya akan terlalu melelahkan jika dilakukan hanya dengan obeng (apalagi jika sekrup yang perlu dipasang banyak). Bor bisa digunakan untuk aneka jenis sekrup, membuat pekerjaan jadi lebih mudah dan cepat tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga. Anda hanya perlu berhati-hati kapan harus berhenti karena kecepatan alat ini bisa merusak kepala sekrup.

Setelah mengoleksi perkakas-perkakas untuk rumah, yang perlu Anda lakukan adalah menyusun dan merapikan perkakas pada satu tempat sehingga tidak tercecer dan mudah ditemukan saat dibutuhkan. Beberapa pilihan perkakas terbaik bisa ditemukan di laman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here