Perbedaan Ukuran Matras Pada Pertandingan Senam

0
1625
ukuran matras

Salah satu cabang olahraga yang membutuhkan kelenturan dan ketangkasan adalah olahraga senam dan ukuran matras nya. Olahraga yang satu ini sangat baik untuk tubuh. Bukan hanya untuk kesehatan saja, akan tetapi juga untuk kebugarannya. Oleh karena itu, senam menjadi salah satu olahraga favorit yang banyak masyarakat minati.

Seperti halnya olahraga lainnya, senam juga membutuhkan sarana dalam pelaksanaannya. Sarana yang olahraga butuhkan dalam jenis ini ada bermacam-macam. Mulai dari sarana berupa tempat, pakaian, alat, dan juga aksesoris lainnya. Artikel ini akan membahas jenis senam lantai dengan sarana yang digunakan yaitu berupa alas senam atau matras.

Ruparupa Banner

Fungsi matras pada olahraga senam

Matras sendiri memilki secara umum memiliki arti sebagai benda berupa bantalan berbentuk persegi panjang yang besar yang berguna untuk menopang tubuh atau berbaring. Untuk selanjutnya, matras memiliki arti yang lebih luas. Mulai dari rancangan khusus untuk tempat tidur, sampai pada alas untuk berolahraga.

Ada banyak jenis olahraga yang menggunakan alas untuk praktiknya. Seperti senam lantai, gym, akrobatik, yoga, beladiri dan jenis olahraga lainnya. Di sini matras berguna sebagai alas dengan tujuan untuk melindungi bagian tubuh dari risiko benturan dengan lantai. Karena semua jenis olahraga tersebut di atas adalah jenis olahraga dengan gerakan yang memungkinkan tubuh berbenturan langsung dengan lantai.

Pada olahraga senam, risiko cidera akibat adanya benturan tubuh dengan lantai memang besar. Karena dalam olahraga ini, sebagian besar gerakan merupakan gerakan yang berisiko bagian tubuh menyentuh, atau bahkan berbenturan dengan lantai. Karena hal itu, dalam olahraga ini memerlukan alat berupa matras yang berfungsi untuk meminialisir terjadinya risiko akibat adanya benturan tubuh dengan lantai.

Baca Juga:   Tips Memilih Matras Yoga Yang Bagus

Jenis matras yang sesuai untuk olahraga senam

Di pasaran atau toko bisa dijumpai matras dengan jenis yang berbeda-beda. Karena sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya matras memang memiliki banyak fungsi. Bukan hanya sebagai alas untuk oleh raga, tetapi juga bisa sebagai alas tidur atau tempat tidur. Dengan demikian maka dalam perkembangannya, matras dirancang sesuai dengan kebutuhannya. Ada matras untuk tempat tidur, ada juga matras untuk olahraga senam.

Untuk olahraga senam, matras biasanya terbuat dari busa karet atau spon. Bahan ini dipilih karena memiliki kekenyalan dan daya elastisitas yang cukup bagus, sehingga bentuknya akan segera kembali ke bentuk semula setelah Anda gunakan. Bahan ini juga cukup awet dan tidak mudah lembek sehingga bisa Anda gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dalam pemakaiannya, busa karet atau spon tersebut kemudian dibungkus dengan kain yang terbuat dari kain perlak atau kulit sintetis. Kain pembungkus ini berfungsi untuk menjaga agar matras tidak lekas kotor dan mudah Anda bersihkan. Selain itu bahan kain pembungkus tersebut bisa menghindari terjadinya selip yang mengakibatkan terpeleset atau tergelincir.

Matras ini tidak mengandung PVC, karet dan lateks sehingga tidak licin dan Anda tidak tergelincir.

Baca Juga:   4 Cara Memilih Matras Yoga untuk Pemula

Perbedaan Ukuran Matras pada Olahraga Senam

Pada olahraga senam itu sendiri ada banyak jenis matras yang tersedia dengan berbagai tipe dan ukuran.  Perbedaan ukuran tersebut biasanya juga sesuai dengan jenis olahraga senam yang akan dilaksanakan. Biasanya ukuran matras untuk senam sesuai dengan gerakan dalam kegiatan senam tersebut. Semakin banyak dan beragam gerakan, maka semakin luas matras yang Anda butuhkan.

Ukuran luas matras memang seharusnya memungkinkan pesenam bisa melakukan gerakan senam dengan leluasa. Karena apabila matras kurang luas, maka gerakan pesenam juga tidak bisa leluasa dan akibatnya gerakan tidak bisa Anda lakukan secara maksimal. Untuk itu sebaiknya luas matras memiliki ukuran yang leluasa untuk pesenam dalam melakukan gerakannya.

1. Matras ukuran 120 x 200 cm

kasur
Magniflex 120×200 Cm Magni Vitale Kasur

Matras dengan ukuran ini biasanya berguna untuk senam lantai dengan gerakan yang sederhana. Ukuran matras ini lebih sesuai untuk melakukan gerakan stay atau tidak berpindah dan berpindah dalam space yang tidak terlalu luas. Misalnya adalah untuk melakukan gerakan lilin, gerakan rol muka dan rol belakang.       

2. Matras ukuran 180 x 200 cm

kasur
Informa Sleep 180×200 Cm Cusco Kasur Dengan Bantal & Guling

Matras ini memiliki ukuran yang lebih lebar, sehingga pesenam bisa melakukan gerkan-gerakan yang ekstra dan membutuhkan lebih banyak space. Matras dengan ukuran ini sesusai untuk senam dengan gerakan lompat harimau, lenting tengah, lompat jongkok, lenting lengan belakang, sikap kayang, sikap meroda, salto dan sebagainya.

Untuk mendapatkan matras senam yang Anda inginkan, Anda bisa berbelanja di ruparupa.com Dengan berbagai pilihan yang tersedia, Anda bisa memilih matras yang Anda butuhkan sesuai dengan selera dan keuangan Anda.

Editor: Sharon Suryaatmadja