4 Cara Memilih Matras Yoga untuk Pemula

0
1023
cara memilih matras yoga
Sumber: Unsplash.com

Olahraga merupakan hal yang wajib dilakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, olahraga juga memiliki sejumlah manfaat, seperti membantu menurunkan berat badan dan membentuk otot.

Saat ini, olahraga bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun sehingga kamu tidak perlu bersusah payah ke gym atau menggunakan peralatan khusus.

Ruparupa Banner

Misalnya, hanya dengan menggunakan matras yoga, kamu sudah bisa melakukan workout, senam lantai, dan jenis olahraga lainnya. Praktis sekali, bukan?

Bagaimana cara memilih matras yoga untuk para pemula?

Namun, memilih matras yoga tidak bisa dilakukan secara asal.  Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar yoga mat yang kamu pilih sesuai dan dapat digunakan dalam jangka panjang, seperti mempertimbangkan ketebalan matras hingga bahan dasar pembuatannya.

Nah, daripada bingung, kamu bisa menyimak cara memilih matras yoga berikut ini agar kegiatan olahraga kamu dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh.

1. Perhatikan ketebalan matras

Perlu kamu ketahui bahwa matras yoga sesungguhnya memiliki ketebalan yang berbeda-beda berdasarkan tujuan penggunaannya. 

Jika kamu hendak menggunakan matras untuk melakukan yoga dinamis atau workout, maka kamu bisa memilih matras yoga berukuran 3-5 mm. Selain membantu untuk menstabilkan kaki saat posisi berdiri, matras dengan ketebalan ini juga ringan dan mudah untuk dibawa ke studio yoga atau berpergian.

Baca Juga:   Tips Memilih Matras Yoga Yang Bagus

Namun, jika kamu membutuhkan matras untuk melakukan yoga statis, maka pilihlah matras yoga berukuran 6-10 mm. Untuk pemula, matras ini menjadi pilihan yang tepat karena dapat mengurangi risiko terjadinya cedera, lho.

memilih matras yoga
Sumber: Unsplash.com

2. Pilih ukuran matras yang sesuai tinggi badan

Sebelum memilih matras yoga, ketahui dulu ukuran tinggi badan kamu. Sebab, ukuran matras yoga yang ideal adalah 15 cm lebih panjang dari tinggi badan kamu. Misalnya, kamu memiliki tinggi 160 cm, maka kamu bisa memilih matras yoga berukuran 175 cm.

3. Perhatikan berat matras yoga

Kamu suka melakukan yoga di rumah? Kalau ya, pilihlah matras yoga dengan berat 1 kg atau lebih. Selain memberikan kenyamanan, matras satu ini juga cocok untuk kamu yang senang melakukan gerakan yoga dinamis.

Sebaliknya, jika kamu melakukan yoga atau workout di luar, bawalah matras dengan berat kurang dari 1 kg untuk mempermudah kamu saat membawanya.

4. Pahami material matras

Terakhir, kamu juga harus memahami bahwa ada banyak jenis bahan dasar untuk membuat matras yoga. Beberapa di antaranya yang umum digunakan adalah bahan PVC, TPE, dan PU Rubber. Adapun karakteristik daripada seluruh bahan di atas, antara lain:

  • PVC
Baca Juga:   8 Jenis Yoga yang Praktis dan Cocok Buat Pemula

Matras yoga dengan bahan PVC memiliki harga yang terjangkau sehingga digemari oleh orang-orang yang baru saja belajar yoga. Sayangnya, bahan satu ini tidak terlalu ramah lingkungan karena sulit didaur ulang.

  • TPE

Nah, bahan matras satu ini cukup ringan untuk dibawa kemanapun dan mudah dicuci. Kemudian, untuk kamu yang memiliki alergi lateks, bahan ini sangat aman digunakan karena bebas lateks.

  • PU Rubber

Kemudian, ada pula matras yoga dengan bahan PU rubber. bahan satu ini sedikit mahal jika dibandingkan dengan material lainnya dan kurang direkomendasikan untuk kamu yang memiliki alergi lateks.

Namun, masa pemakaiannya cukup awet dan memiliki daya lekat yang sangat baik.

cara memilih bahan matras yoga
Sumber: Unsplash.com

Nah, itu dia beberapa tips memilih matras yoga yang tepat untuk pemula. Agar lebih mudah, kamu juga dapat mengunjungi Ruparupa.com untuk menemukan berbagai pilihan matras yoga lainnya.

Situs belanja online ini juga menyediakan peralatan olahraga dan perlengkapan rumah tangga dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, mulai hidup sehat dengan matras yoga yang tepat, seperti berikut ini.

matras yoga
Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc – Biru Muda
Matras yoga dengan bobot yang ringan sehingga dapat dibawa kemanapun.

Beli di sini

matras yoga berwynn
Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc – Biru
Matras yoga dengan foam lembut yang mampu menyerap benturan saat berolahraga.

Beli di sini

yoga mat
Kiwikana Matras Yoga Pu Rubber 0.3 Cm – Hijau
Matras yoga dengan bahan PU rubber anti slip dan mudah dibersihkan.

Beli di sini

matras yoga tpe
Kiwikana Matras Yoga Tpe Motif 0.5 Cm – Tosca
Matras yoga yang empuk dan nyaman cocok untuk pilates, senam lantai, dan olahraga lainnya.

Beli di sini