6 Rekomendasi Ukuran Matras Yoga dan Senam Lantai Terbaik

0
6814
olahraga ringan di rumah
Saat yoga, pastikan kamu menggunakan matras agar tubuh dapat bergerak dengan nyaman

Matras senam lantai merupakan salah satu perlengkapan olahraga yang umum digunakan. Selain untuk pilates dan yoga, peralatan olahraga satu ini juga dipakai buat jenis latihan lainnya.

Bukan cuma model dan bentuk, kita pun harus memilih ukuran matras yang sesuai untuk menunjang aktivitas olahraga.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Matras Senam?

Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih matras yang tepat, seperti berikut ini.

1. Tentukan Ketebalan Matras

Ketebalan matras cukup beragam, yaitu sekitar 3-15 mm. Matras yang tipis biasanya cocok digunakan untuk olahraga yoga, sedangkan matras yang agar tebal lebih cocok untuk jenis olahraga gym.

2. Perhatikan Ukuran Matras

Agar lebih nyaman saat olahraga, pilihlah matras dengan panjang minimal 170 cm dan lebar minimal 60 cm. Jadinya, kamu bisa melakukan berbagai jenis latihan dan senam lantai di matras tanpa khawatir terbentur lantai.

3. Pilih Matras yang Ringan

Berikutnya, pastikan matras yang digunakan memiliki desain tipis dan ringan dengan berat tidak lebih dari 1,5 kg. Jadi, kamu dapat dengan mudah membawa dan memindahkan matras ke mana saja.

4. Pilih Matras yang Tidak Licin

Biasanya, matras terbuat dari bahan karet agar tidak mudah bergeser. Namun, kamu juga bisa menemukan bahan matras lainnya, seperti NBR dan PVC. Supaya makin empuk, umumnya matras juga dilengkapi dengan busa padat.

Baca Juga:   Tren Olahraga Yang Akan Populer di Tahun 2020

5. Perhatikan Permukaan Matras

Ada dua jenis permukaan matras yang bisa kamu temukan, yaitu halus dan grippy. Semakin lengket permukaan matras, maka akan semakin nyaman kamu pakai untuk berolahraga.

Berapa Ukuran Matras Senam Lantai atau Matras Yoga yang Nyaman?

Berikut rekomendasi dan ukuran matras senam lantai yang bisa kamu gunakan di rumah.

1. Matras Senam Lantai atau Yoga Single Layer

ukuran matras senam lantai 173 cm
Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc – Abu Abu

Beli di sini

Ukuran matras senam lantai ini sekitar 173 x 61 x 0.4 cm. Kamu bisa memakainya untuk berbagai jenis gerakan senam lantai dan yoga. Karena cukup ringan, kamu bisa membawa dan memindahkan matras ini dengan mudah ke mana saja.

2. Matras Senam Lantai Double Layer

ukuran matras senam lantai double layer
Berwyn Matras Yoga Double Layer – Biru

Beli di sini

Ukuran matras satu ini sekitar 173 x 61 x 0.3 Cm dan dilengkapi dengan double layer pada bagian bawah sehingga lebih empuk dan anti slip. Karena terbuat dari PU, maka matras ini mudah dibersihkan dan awet digunakan dalam jangka waktu panjang.

3. Matras Senam Lantai Rubber

ukuran matras senam lantai 183 cm
Kiwikana Matras Yoga Pu Rubber Motif 0.5 Cm – Hitam

Beli di sini

Matras yoga atau senam ini berukuran 183 x 61 x 0.5 cm dan terbuat dari PU rubber berkualitas dengan ketebalan 5 mm sehingga nyaman digunakan. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa pegal ketika berolahraga dan dapat mengurangi risiko terjadinya cedera.

4. Matras Yoga Bahan PVC

matras ukuran 173 cm
Hello Kitty Matras Yoga Pvc 6mm – Ungu

Beli di sini

Baca Juga:   6 Olahraga untuk Bulking dan Tips Suksesnya

Ukuran matras yang terbuat dari bahan PVC berkisar 173 x 61 x 0.6 cm. Bahan matras yoga PVC tidak mudah bergeser dan gampang dibersihkan. Kamu bisa menggunakan matras ini untuk yoga, pilates, dan jenis olahraga senam lantai lainnya.

5. Matras Yoga dengan Material NBR

matras 185 cm
Hello Kitty 185x80x1cm Matras Yoga – Hijau

Beli di sini

Matras senam lantai dengan ukuran 185 x 80 x 1 cm ini mempunyai tekstur yang empuk sehingga nyaman dipakai ketika berolahraga. Matras ini memakai material NBR (Nitrile Butadiene Rubber), yang terbuat dari karet alam dan cukup ringan.

6. Matras Yoga Ukuran 180 CM

matras senam ukuran 180 cm
Hello Kitty 180x85x1 Cm Matras Yoga – Pink

Beli di sini

Bila kamu mencari matras yoga atau senam yang berukuran cukup besar, maka matras satu ini bisa jadi pilihan. Matras senam berukuran 180 x 85 x 1 cm ini terbuat dari bahan NBR yang sudah anti slip. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi saat bergerak. 

Nah, itu dia berbagai rekomendasi ukuran matras senam yang bisa kamu pilih. Semua perlengkapan olahraga di atas dapat kamu temukan dengan mudah hanya melalui ruparupa.com.

miliki matras yoga terbaik hemat hingga 50% klik di sini

Melalui situs belanja online ini, kamu juga bisa menemukan perlengkapan olahraga dan perabot rumah tangga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.