Bisnis dapat dimulai di mana saja selama Anda berani mencoba. Sebagai seorang smartpreneur atau enterpreneur yang cerdas, Anda harus bisa memanfaatkan semua peluang yang ada. Contohnya coba saja tengok kembali garasi rumah Anda yang sudah lama tidak terpakai. Daripada dibiarkan menganggur dan dipenuhi sarang laba-laba, jauh lebih baik jika garasi mulai difungsikan sebagai titik awal memulai ide bisnis.

A Gift for You and for Everyone

Salah satu bisnis potensial yang sangat mungkin Anda mulai dalam garasi adalah membuka sebuah gift shop. Mungkin Anda telah berkali-kali membayangkan bagaimana rasanya memiliki gift shop lucu dengan dekorasi dan desain Anda sendiri.

Sayangnya, Anda terkendala masalah tempat karena belum mampu menyewa toko untuk membuka gift shopWell, say no more! Kami siap membagikan ide bisnis kreatif bagi Anda yang ingin memulai toko sendiri tanpa perlu menyewa tempat.

Gift shop pada dasarnya tidak memerlukan tempat yg terlalu luas karena hanya berisi barang2 mungil nan cantik seperti jepitan rambut, mug, notebook, gantungan kunci, pouch, dan berbagai barang unik lainnya. Itulah alasan mengapa gift shop cocok dijalankan dalam garasi rumah yang memiliki ukuran sempit sekalipun. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak dan ikuti!

1. Sulap Dinding Garasi Sesuai Tema Gift Shop

Yang menjadi dasar untuk mengoptimalkan tampilan gift shop adalah dinding ruangan. Penampilan dinding memang sangat berpengaruh untuk visual toko Anda. Pastikan warna dan corak dinding benar-benar mendukung tema yang Anda usung.

Cara paling praktis untuk menyulap dinding garasi agar sesuai tema adalah dengan menempelkan wallpaper. Misal Anda menginginkan tema rumah kayu, tempelah wallpaper bermotif kayu untuk menciptakan nuansa rumah kayu sesungguhya. Begitu juga jika Anda ingin menciptakan gift shop ala vintage yang kalem, wallpaper warna pastel tanpa motif berlebihan pastilah menjadi pilihan yang tepat.

Arthome Wallpaper Wallbrick 3d Mixed Wood Merbau
Kris Decor Wallpaper 3d Classical Brick – Biru

2. Tempatkan Rak untuk Menata Barang Dagangan

Jangan takut menyediakan 1001 macam barang unik dan lucu meskipun gift shop garasi Anda terbilang sempit. Masalah kekurangan space ini dapat Anda siasati dengan menata barang dagangan ke dalam rak bertingkat.

Penggunaan rak bertingkat bertujuan untuk memastikan kerapihan dan efisiensi penggunaan ruang. Barang yang disusun meninggi atau vertikal tentunya akan sangat menghemat tempat. Apalagi dengan ukuran benda-benda gift shop yang relatif kecil, satu rak saja bahkan sudah dapat memuat berbagai jenis barang dagangan Anda.

Krisbow Rak Besi Serbaguna 5 Tingkat

3. Beri Perabot Minimalis & Fungsional

Karena memiliki ruang display yang sempit, maka pastikan perabot yang digunakan tidak akan menimbulkan kesan ruangan yang semakin padat.

Pilihlah perabot minimalis yang fungsional sekaligus mampu memberi efek dekoratif. Contohnya adalah troli penyimpanan Krisbow bermotif kayu yang sangat elegan, cocok untuk fungsi dekoratif. Troli ini memiliki desain tiga tingkat yang dapat digunakan untuk meletakkan barang dagangan. Troli juga dilengkapi dengan roda yang bisa membantu kita mengangkut berbagai barang untuk disusun ke dalam rak.

Selanjutnya, Anda bisa memilih perabot fungsional dekoratif lainnya seperti lampu hias unik. Selain memperindah ruangan, pencahayaan lampu yang tepat juga dapat menimbulkan kesan ruangan yang lebih luas, lho!

Krishome Troli Penyimpanan 3 Tingkat
Eglare Lampu Gantung Hias Dome Cage 29 Cm – Gold

4. Percantik Interior dengan Dekorasi Tambahan

Sebagai sentuhan terakhir, Anda dapat memberi dekorasi tambahan seperti bunga artifisial. Letakkan bunga di beberapa tempat untuk mempercantik interior ruangan. Tapi ingat, jangan menggunakan pot yang terlalu besar dan membuat ruangan semakin sempit!

Pilihlah vas berbentuk ramping dengan isi beberapa tangkai bunga saja atau gunakan konsep tanaman gantung agar tidak memakan space. Meskipun terkesan minor, penambahan dekorasi sederhana ini tetap meningkatkan estetika gift shop Anda.

Arthome Bunga Artifisial Orchid Soil 34 Cm – Fuscia
Arthome Bunga Artifisial Sweet Pea 137 Cm – Biru

Jangan pernah ragu untuk menuangkan ide bisnis Anda di mana saja. Siapa sangka tempat sempit seperti garasi pun ternyata bisa disulap menjadi gift shop lucu dan unik? Tidak ada lagi alasan lahan sempit atau tidak punya modal sewa tempat. Bahkan untuk barang dagangan, tidak semua barang harus Anda dapatkan dari toko lain. Anda juga bisa menjual koleksi barang handmade buatan Anda sendiri.

Turn your hobby into a business, take a look at your garage to start one. Selamat berusaha, Ruppers!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here