7 Tips Menghilangkan Bau Baju yang Apek dan Tidak Sedap, Langsung Wangi Seketika!

0
1456
menghilangkan bau apek

Bukan jadi bersih dan wangi, bau baju bisa jadi apek karena teknik mencuci yang salah. Apakah hal ini pernah kamu alami? Bila ya, tidak perlu khawatir. Ada berbagai cara yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan bau apek pada pakaian.

Biasanya, bau apek bisa muncul karena berbagai penyebab, antara lain meletakkan pakaian basah di dalam mesin cuci terlalu lama, pakaian tidak kering seutuhnya, tidak cocok dengan jenis detergen, serta akibat mesin cuci yang jarang dibersihkan.

Ruparupa Banner

Apalagi, di musim hujan saat ini, mengeringkan pakaian cukup sulit. Inilah yang juga menimbulkan bau tidak sedap pada pakaian yang kita gunakan.

Lantas, Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Pakaian?

Nah, kami sudah mengumpulkan berbagai cara untuk menghilangkan bau apek pada baju yang dikutip dari beberapa sumber, seperti berikut.

1. Gunakan Astonish

Bau apek pada baju bisa timbul karena tidak cocok dengan jenis detergen yang digunakan. Bila demikian, gunakan Astonish, cairan pembersih pakaian yang bersifat lembut.

Cara pemakaiannya pun mudah. Cukup semprotkan Astonish pada pakaian yang bau, diamkan dulu selama 10 menit, lalu bisa kamu cuci hingga bersih. 

Baca Juga:   7 Tips Mudah Menyapu Lantai untuk Rumah Lebih Bersih
menghilangkan bau apek
Astonish 750 Ml Premium Cairan Pembersih Pakaian

Beli di sini

2. Cuci Baju Menggunakan Cuka

Efektivitas cuka untuk membersihkan berbagai jenis perabot dan pakaian memang tidak perlu diragukan lagi.

Kamu bisa menghilangkan bau apek di baju dengan menuangkan secangkir cuka ke dalam mesin cuci yang sudah diisi oleh air dan baju kotor. Kemudian, diamkan selama 2 jam, lalu cucilah seluruh pakaian dengan menyalakan mesin cuci. 

menghilangkan bau apek
Menambahkan cuka saat mencuci pakaian di mesin cuci bisa membuat bau apek menghilang

 

3. Tambahkan Lemon Saat Mencuci

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau apek pada baju adalah mencampurkan perasan air lemon dan air bersih saat ingin mencuci pakaian.

Jika proses mencuci sudah selesai, keringkan seluruh baju menggunakan jemuran dan bau apek pun tidak akan tercium lagi.

menghilangkan bau apek
Gunakan lemon saat mencuci pakaian dan jemur hingga kering untuk menghilangkan bau apek

4. Gunakan Pengering Elektrik

Menjemur baju di musim hujan memangmerepotkan karena bisa menimbulkan bau apek jika tidak kering seutuhnya. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan pengering pakaian elektrik.

Alat elektronik ini sudah menggunakan mesin pengering bertenaga yang mampu mengeringkan pakaian dengan cepat tanpa membuatnya kusut. Desainnya pun praktis karena bisa kamu lipat kembali jika sudah tidak digunakan.

menghilangkan bau apek
Jml Dribuddi Pengering Pakaian Elektrik

Beli di sini

5. Gantung Baju di Area Terbuka

Jika tidak ingin menggunakan mesin pengering elektrik, maka bisa mengeringkan pakaian dengan cara tradisional, yaitu menggunakan jemuran baju.

Baca Juga:   5 Tips Hemat Beli Elektronik Rumah Tangga

Letakkan jemuran di tempat yang memiliki ventilasi udara baik, seperti balkon atau halaman belakang rumah supaya bisa cepat kering dan meminimalisir penumpukan bakteri.

menghilangkan bau apek
Jemuran Pakaian Lipat 156x68x98 Cm

Beli di sini

6. Gunakan Arang

Selain cuka, kamu juga bisa menggunakan arang untuk menghilangkan bau apek pada pakaian. Soalnya, arang mampu menyerap bau tak sedap dengan baik.

Untuk menggunakannya, kamu perlu membungkus arang terlebih dahulu dengan sepotong kain atau letakkan di wadah kecil supaya noda hitamnya tidak berceceran ke pakaian. Kemudian, letakkan arang tepat di lemari pakaian supaya seluruh bau bisa terserap.

7. Tambahkan Minyak Esensial

Selain pakaian yang tidak kering, bau apek pada baju juga bisa timbul jika kamu menyimpannya terlalu lama di dalam lemari. Namun, kamu bisa langsung menyemprotkan minyak esensial untuk menghilangkan bau tersebut.

menghilangkan bau apek
Breathe Smooth Aloe Minyak Aromaterapi 10 Ml

Beli di sini

Itu dia tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau yang apek pada baju. Nah, seluruh perlengkapan di atas bisa kamu dapatkan di ruparupa.com, lho.

Temukan perlengkapan mencuci pakaian hemat hingga 50% klik di sini

Situs ruparupa.com juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga buat kamu, mulai dari peralatan listrik, alat kebersihan, hingga peralatan olahraga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Selma dan yang lainnya.