Atap spandek – atap menjadi kebutuhan untuk luar ruangan. Atap berperan sebagai penutup bagian atas bangunan agar bagian bawah bangunan terlindungi dari panas atau hujan.

Belakangan ini, atap jenis spandek menjadi perbiancangan dalam dunia pembangunan. Atap jenis ini terkenal karena fungsinya sebagai pengganti atap genteng dari tanah liat.

Atap spandek merupakan salah satu jenis atap rumah yang terbuat dari kombinasi material alumunium dan seng. Komposisi rasio yang digunakan adalah 55% alumunium dan 43% dari seng.

Setiap jenis atap memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Lalu apa yah kelebihan dan kekurangan jenis atap yang satu ini? Agar mengetahui kekurangan dan kelebihannya, Anda harus mengenal lebih banyak lagi. Yuk mengenal atap spandek untuk hunian Anda.

Ketahanan

Atap jenis ini memiliki ketahanan yang cukup kuat dan kokoh. Dengan campuran bahan kimia, atap spandek menjadi jenis atap anti pecah atau anti retak. selain anti retak, atap ini juga kuat akan angin yang cukup kencang.

Ketebalan

Ketebalan rata-rata yang dimiliki atap jenis ini sekitar 0,3 mm hingga 0,5 mm sehingga tergolong jenis atap yang ringan. Namun jangan khawatir yah Ruppers, walau ringan tetapi atap ini tetap kuat dan kokoh.

Banyak pilihan warna

Banyaknya pillihan warna pada atap jenis ini membuat atap ini unggul dibandingkan jenis atap lainnya. Permukaannya dapat dicat sesuai warna yang Anda inginkan sehingga Anda mudah mengkreasikannya sesuai konsep hunian Anda.

Daya tahan

Atap ini memiliki daya tahan yang lama alias awet sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Atap ini dapat bertahan hingga 20 tahun lamanya. Hal ini karenakan komposisi alumunium dan seng yang tepat.

Mudah dipasang

Tidak butuh waktu yang lama untuk menutupi hunian Anda. Dengan menggunakan atap jenis ini, atap mudah dipasang sehingga tidak memakan waktu yang cukup lama alias praktis. Walaupun mudah dipasang, atap spandek tahan akan angin yang cukup besar.

Daya serap

Ketika siang hari, atap ini menyerap cukup banyak panas dari matahari sehingga tidak heran jika siang hari ruangan menjadi lebih gerah dibandingkan menggunakan jenis atap lainnya. Hal ini dikarenakan komposisi material pada atap ini.

Berisik

Jika musim hujan, Anda harus bersiap akan suara jenis atap yang satu ini. Hal ini dikarenakan atap yang tipis atau ringan sehingga bukan menjadi peredam suara yang baik. Apabila hujan deras maka atap spandek ini dapat menimbulkan suara berisik, sehingga mengurangi rasa nyaman dalam hunian.

Harga

Tidak affdol jika tidak berbicara mengenai harganya. Harga atap spandek ini cukup menguras dompet, hal ini dikarenakan harganya yang cukup mahal. Namun harga setiap daerah berbeda – beda yah Ruppers, umumnya harga atap spandek ini relatif mahal.

Setiap jenis atap memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Anda dapat menyesuaikan jenis atap yang diinginkan sesuai kebutuhan hunian Anda.