Kenapa Atap Rumah Berbentuk Segitiga?

0
1309

Ketika seorang anak yang diminta menggambar rumah akan menempatkan segitiga di atas persegi atau persegi panjang. Tanpa disadari, ia telah menggambarkan salah satu desain rumah paling tradisional, rumah atap berbentuk segitiga. Tapi, kenapa atap rumah berbentuk segitiga? Yuk, baca lebih lanjut untuk ketahui apa alasannya!

Sumber: pixabay.com

Sebetulnya, atap pelana yaitu, bentuk segitiga di setiap ujung atap miring dianggap oleh arsitek sebagai bangunan Ur, salah satu bentuk asli paling awal untuk atap rumah.

Ini dia Alasannya

Alasan pertama kenapa atap rumah berbentuk segitiga adalah karena kemudahan konstruksi. Menentukan bentuk atap rumah adalah masalah terbesar saat mendesain atap. Segitiga itu bentuk konstruksi yang kuat. Alasan kedua adalah pada saat musim hujan, dua sisi atap segitiga bertujuan untuk menumpahkan air hujan.

Baca Juga:   Mengenal Atap Spandek Untuk Hunian Anda

Menumpahkan air dengan cepat adalah solusi paling efektif sehingga atap miring adalah yang terbaik. Agar atap tidak tergenang air yang akan terjadi jika mumpunyai atap rumah yang datar.

Atap rumah datar cenderung membutuhkan lebih banyak perawatan daripada atap miring untuk penembusan air. Dan juga, di negara yang memiliki musim salju, salju bisa turun dengan sangat lebat hingga menumpuk dan beban salju menjadi sangatlah berat. Semakin curam lereng atap rumah Anda, semakin sedikit kebutuhan untuk menahan beban salju yang tinggi.

Karena kemiringannya yang berbentuk segitiga, memungkinkan hujan, dedaunan dan benda lainnya atau kerusakan cuaca jatuh dari atap dan menjauhi struktur rumah. Pada dasarnya, bentuk segitiga itu kuat dan bisa terbilang mudah orang buat. Secara matematika, teorema Pythagoras, tidak terlalu rumit.

Baca Juga:   Mengenal Atap Spandek Untuk Hunian Anda

Alasan berikutnya adalah karena bahan bangunan terbuat dalam penampang lurus. Bentuk struktur yang paling efektif yang terangkai dari penampang lurus adalah segitiga, buka bentuk lainnyha seperti bentul bulat atau setengah bulat.

Lebih lagi, atap berbentuk segitiga memungkinkan Anda untuk Mmempunyai ruang yang bagus untuk loteng. Nah, sekarang Anda sudah tahu alasan kenapa atap rumah berbentuk segitiga. Anda bisa membeli atap untuk kanopi juga loh.

Atap Kanopi Retractable 1.95 Mtr – Hijau

Dengan mempunyai atap kanopi ini, Anda mampu menghadirkan suasana yang nyaman dan terlindung dari terik matahari pada pintu atau jendela rumah. Produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!