5 Tips Membuat Bekal Anak, Sehat dan Bergizi

0
195
tips membuat bekal anak
Sumber: pexels.com

Sebagai orang tua, kita pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Inilah yang membuat kita jadi suka belajar masak makanan lezat dan bergizi untuk bekal anak, baik saat pergi sekolah maupun jalan-jalan. 

Dengan membuat bekal anak sendiri, kita bisa menyiapkan makanan sehat  yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, lemak, hingga mineral seimbang. 

Ruparupa Banner
membuat bekal anak
Sumber: pexels.com

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Bekal Anak yang Sehat dan Tidak Membosankan?

Kadang kita suka bingung  ara membuat bekal anak dengan gizi seimbang tersebut setiap hari. Tenang, kali ini, kami punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat membuat bekal anak, lho. 

1. Pilih menu 4 sehat 5 sempurna

Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan bekal dengan lauk 4 sehat 5 sempurna, yang memiliki kandungan gizi lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Makanan 4 sehat terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, serta buah-buahan. Sedangkan 5 sempurna adalah susu sebagai pelengkap gizinya. Jadi, pastikan kamu menyiapkan semua elemen ini pada bekal si kecil, ya. 

Kamu bisa menyiapkan nasi putih bersama dengan nugget ayam, tempe bacem, sayur bayam, serta buah semangka. Tidak lupa juga untuk menyediakan segelas susu untuk si kecil ya, Ruppers. 

Baca Juga:   10 Daftar Urutan Film Batman Dari Pertama Sampai Terbaru

2. Letakkan setiap lauk di sekat berbeda

Setiap makanan tentunya akan memiliki rasa yang berbeda. Jadi, kamu bisa meletakkan beberapa jenis makanan tersebut di tempat terpisah dengan memakai kotak bekal banyak sekat.

Biasanya, kotak makan bersekat juga bisa membantu mempertahankan rasa makanan dan mencegahnya tercampur dengan jenis menu lainnya.

Berikut ini rekomendasi kotak bekal dengan sekat yang bisa kamu beli.

Delicia Tempat Makan Anak 3 Sekat
Delicia Tempat Makan Anak 3 Sekat

Beli di sini

Delicia Tempat Makan Anak 3 Sekat 470 Ml
Delicia Tempat Makan Anak 3 Sekat 470 Ml

Beli di sini

 

tips membuat bekal anak
Edison Mama Tempat Makan Bayi – Kuning

Beli di sini

tips membuat bekal anak
Tempat Makan Alqolam Lunch Box Hafiz

Beli di sini

3. Gunakan peralatan makan berkualitas

Tidak hanya menu makanan yang perlu diperhatikan, tetapi peralatan makannya juga merupakan hal penting.  Pastikan kamu memilih peralatan makan yang aman dari bahan kimia berbahaya, baik pada kotak bekal, sendok garpu, hingga botol minumnya. 

Pilihlah peralatan makan yang tahan panas, berlabel BPA Free, jenis plastik polypropylene (PP) berlogo segitiga dengan angka 5, serta food grade

Berikut rekomendasi peralatan makan anak yang bisa kamu beli.

Appetite Cora Set Tempat Makan Anak & Tas 3 Pcs
Appetite Cora Set Tempat Makan Anak & Tas 3 Pcs

Beli di sini

Smash Set Tempat Makan Anak - Pink
Smash Set Tempat Makan Anak – Pink

Beli di sini

bekal anak
Edison Mama Set Alat Makan Anak Mini – Kuning / Pink

Beli di sini

Bekal anak
Arrow Set Alat Makan Anak 4 Pcs

Beli di sini

4. Siapkan vitamin

Agar si kecil tetap sehat dan bugar, biasakan mereka untuk mengonsumsi vitamin secara rutin. Kamu bisa memberi mereka vitamin A, vitamin B, vitamin C, hingga vitamin D dalam satu tablet saja, lho.

Baca Juga:   9 Barang yang Harus Dipersiapkan Menjelang Persalinan

Tidak perlu khawatir, karena saat ini banyak vitamin anak yang tersedia dengan rasa lezat serta jenis bervariasi, seperti tablet hisap dan gummy. Jadi, si kecil pasti suka mengonsumsinya. 

Namun, pastikan untuk memberinya sesuai dosis yang disarankan ya, Ruppers. Walaupun si kecil menyukainya, hindari memberinya terlalu banyak karena justru akan membuatnya keracunan.

5. Berikan minuman sehat

Selain susu dan air putih, kamu juga bisa memberi si kecil minuman sehat, seperti jus, jeruk peras, atau minuman isotonik.

Kamu bisa membuat jus atau jeruk peras sendiri di rumah menggunakan alat berkualitas, seperti yang berikut ini. 

Kels Set 3 Pcs Belle Blender
Kels Set 3 Pcs Belle Blender

Beli di sini

Kris Pemeras Jeruk Elektrik
Kris Pemeras Jeruk Elektrik

Beli di sini

Dengan membuat bekal sendiri dari rumah, kamu bisa lebih memastikan kandungan dari makanan dan minuman tersebut. Jadinya, si kecil bisa semakin sehat dan bugar. 

membuat bekal anak sehat
Sumber: pexels.com

Nah, itu dia ima tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat bekal anak. Jadikan si kecil tumbuh sehat dengan memberinya bekal lezat dan bergizi setiap hari, ya!

Temukan peralatan makan anak berkualitas  dengan harga terjangkau
CEK DI SINI

Situs belanja ruparupa.com menyediakan berbagai peralatan makan dan mainan anak berkualitas dari Toys Kingdom. Jadi, kamu bisa membeli kebutuhan untuk si kecil dengan lebih mudah.