7 Jenis Plastik dan Simbol yang Wajib Kamu Tahu

0
4492
jenis plastik

Setiap kali membeli tempat makan atau wadah plastik, pasti kamu sering menemukan beberapa simbol di bagian bawahnya. Salah satunya adalah anak panah segitiga dengan angka yang di dalamnya. Ternyata, simbol tersebut menggambarkan jenis plastik, lho.

Anak panah segitiga tersebut mengartikan bahwa jenis plastik tersebut dapat di daur ulang.

Ruparupa Banner

Selain simbol anak panah, ternyata ada beberapa simbol lainnya, yang perlu kita perhatikan.

Nah, sebelum membahas lebih lanjut, ketahui terlebih dahulu beberapa kriteria wadah penyimpanan makanan dari pahan plastik yang aman untuk kita gunakan.

Kriteria untuk Wadah Makan Plastik

Ternyata, tidak semua tempat makan plastik aman untuk menyimpan makanan. Nah, agar tidak salah pilih, perhatikan beberapa hal berikut ini saat membeli wadah penyimpanan makanan berbahan plastik.

  1. Terdapat tanda food grade, yaitu simbol gelas dan garpu, artinya bisa dipakai untuk memproduksi alat makan.
  2. Memiliki tanda food safe, yaitu simbol centang. Artinya, makanan dan minuman yang diletakkan ke dalam wadah aman dan tidak akan terkontaminasi bahan-bahan kimia.
  3. Ada merek dagang yang dipatenkan, yaitu ada simbol M (trademark) atau R (registered). Tanda ini memiliki arti bahwa produk sudah terdaftar dan terjamin keasliannya.

Arti Setiap Simbol Daur Ulang pada Plastik Kemasan

Lalu, apa saja simbol dan arti dari plastik kemasan? Simak berikut ini, yuk. 

1. PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

Jenis plastik ini biasanya memiliki simbol anak panah segitiga dengan angka 1 dan tulisan PETE atau PET di bagian bawahnya. 

jenis plastik 1

Kamu dapat menemukan simbol satu ini pada berbagai kemasan makanan dan minuman, seperti kemasan minuman, botol minyak, botol soda, hingga toples selai yang biasanya hanya sekali pakai. 

Simbol ini menunjukkan bahwa kita tidak boleh menggunakan tempat makanberulang kali, apalagi jika mengisinya dengan air panas.

Soalnya, hal tersebut akan membuat lapisan polimer dan zat karsinogenik di plastik ikut terlarut ke air, bahkan dapat menyebabkan kanker pada tubuh manusia.

Baca Juga:   7 Jenis Rak dan Lemari Minimalis untuk Sekat Ruangan

2. HDPE atau PE-HD (High-density Polyethylene)

Apakah kamu pernah menjumpai kemasan plastik dengan simbol anak panah segitiga berangka 2 dan terdapat tulisan HDPE atau PE-HD di bawahnya?

Bentuk simbol tersebut seperti gambar di bawah ini, yang menandakan bahwa jenis plastik tersebut adalah High-density Polyethylene

jenis plastik 2

Jenis plastik ini biasanya lebih tebal daripada yang lainnya, seperti galon air minum, botol susu, serta botol sabun shampo. Jadi, cukup aman bila digunakan berulang kali.

Walaupun dapat digunakan kembali, jangan lupa untuk terus memperhatikan kebersihannya ya, Ruppers!

3. PVC atau V (Polyvinyl Chloride)

Simbol satu ini biasanya ada pada jenis plastik, seperti pipa air, kabel listrik, dan mainan anak.

Bentuk simbolnya seperti di bawah ini, dengan gambar anak panah segitiga dan terdapat angka 3 di bagian tenganya. Sedangkan bagian bawahnya, ada tulisan PVC atau V.

jenis plastik 3

Ternyata, semua barang berbahan plastik polyvinyl chloride ini beracun, loh. Di dalamnya terkandung berbagai bahan kimia berbahaya yang dapat larut dan tentunya dapat berdampak buruk pada kesehatan. 

Jadi, kamu harus waspada dengan jenis plastik ini ya, Ruppers. Pastikan kamu tidak membeli mainan anak dengan simbol tersebut. 

4. LDPE or PE-LD (Low-density Polyethylene)

Pernah menjumpai kemasan plastik dengan simbol anak panah segitiga berangka 5 dan tulisan LDPE,  seperti gambar di bawah ini?

Nah, arti dari simbol ini menunjukkan bahwa tempat penyimpanan tersebut tersebut terbuat dari plastik low-density polyethylene). 

jenis plastik 4

Simbol ini biasa terdapat pada kemasan kantong kresek, plastik sampah, dan bungkus makanan ringan. Jenis plastik ini cenderung elastis, dapat bertahan lama, dan boleh digunakan secara berulang kali

Jenis LDPE juga memiliki ketahanan yang kuat terhadap suhu panas dan uap air, serta dapat melalui proses daur ulang dengan mudah. 

5. PP (Polypropylene)

Salah satu jenis plastik terbaik adalah bahan polypropylene, yang memiliki simbol anak panah segitiga berangka 5 dan tulisan PP di bawahnya. 

Kamu bisa melihat gambar simbol plastik tersebut di bawah ini.

jenis plastik 5

Biasanya, bahan plastik tersebut banyak digunakan sebagai kotak bekal, wadah penyimpanan makanan, hingga botol minum bayi.

Polypropylene cenderung lebih kuat, ringan, tahan lama, mampu menahan suhu tinggi, dan tampilannya juga lebih mengkilap.

Baca Juga:   15 Tanaman Pembersih Udara Di Dalam Ruangan

Jadi, saat membeli kotak makanan dan peralatan makan bayi, pastikan kamu memilih yang memiliki simbol PP ini, ya!

6. PS (Polystyrene)

Kamu pernah dengar kalau styrofoam itu berbahaya bagi kesehatan tubuh? Ya, ternyata bahan dari styrofoam adalah plastik polystyrene.

Biasanya, wadah tempat makan ini memiliki simbol anak panah segitiga berangka 6 dan ada tulisan PS di bawahnya, seperti gambar berikut.

simbol 6

Selain pada styrofoam, kamu juga dapat menemukan simbol ini pada karpet telur, sendok atau garpu plastik, dan foam packaging.

Namun, usahakan untuk menghindari jenis plastik ini ya, Ruppers.  Soalnya, polystyrene dapat mengeluarkan zat kimia berbahaya, yang bisa memicu timbulnya kanker, terutama saat bersentuhan dengan suhu yang tinggi. Masih berani pakai kemasan plastik ini?

7. OTHER atau O (Other plastics)

Jenis plastik terakhir yang mungkin juga sering kamu temukan adalah dengan simbol anak panah segitiga berangka 7 dan ada tulisan OTHER atau O di bagian bawahnya.

Simbol ini menandakan bahwa jenis plastik ini tidak termasuk ke 6 kategori lainnya atau bisa disebut sebagai other plastics

Sebenarnya, penggunaan plastik ini sangat berbahaya karena dapat melepaskan zat beracun, seperti Bisphenol-A (BPA), yang mampu merusak organ dan hormon dalam tubuh.

Namun, ternyata banyak sekali yang menjual perlengkapan makan dengan kemasan ini, seperti botol minum olahraga atau botol susu bayi. 

Oleh karena itu, saat membeli perlengkapan makan, pastikan memilih yang bersimbol 5 atau memiliki tulisan BPA Free, ya. 

simbol 7

Nah, itu dia 7 jenis plastik beserta simbolnya yang wajib kamu ketahui, demi kesehatan dan lingkungan.

Hindari produk plastik yang berbahaya dan sulit didaur ulang ya, Ruppers.

Agar tidak salah pilih, kamu bisa menemukan berbagai model tempat makan yang berkualitas dengan bahan terjamin aman hanya di Ruparupa.com.

Kami juga punya beberapa rekomendasi produk wadah penyimpanan makanan dan minuman terbaik, seperti berikut ini. 

Rubbermaid 500 Ml Chug Botol Minum Double Wall - Ungu
Rubbermaid 500 Ml Chug Botol Minum Double Wall – Ungu beli di Ruparupa.com.
Botol minum merek Rubbermaid ini sudah memiliki sertifikasi food grade dan BPA free yang aman untuk makanan.

Beli di sini

Rubbermaid 236 Ml Set 3 Pcs Efl Wadah Makanan
Rubbermaid 236 Ml Set 3 Pcs Efl Wadah Makanan beli di Ruparupa.com.
Set wadah makanan ini sudah memiliki sertifikasi food grade dan BPA Free. Selain itu, wadah ini juga memiliki tutup yang sangat kuat dan dapat menempel di bagian bawah wadah agar tidak mudah hilang.

Beli di sini

set lunchbox Rubbermaid Set 4 Pcs Wadah Makanan Luncblox Sandwich beli di Ruparupa.com.
Jadikan bekal kamu lebih aman dan tetap lezat dengan lunchbox dari Rubbermaid ini. Terbuat dari plastik berkualitas yang aman bagi tubuh.

set lunchbox