10 Keuntungan Memasak Sendiri di Rumah saat Pandemi

0
6802
memasak sendiri

Saat pandemi seperti ini, ada baiknya Anda menjaga kesehatan diri sendiri dan anggota keluarga, bukan? Salah satu caranya adalah dengan memasak makanan sendiri di rumah. Ternyata, kegiatan ini memiliki banyak kelebihan, lho. Berikut 10 alasan mengapa memasak sendiri lebih menguntungkan terutama di masa pandemi.

1. Memasak Sendiri Lebih Menghemat Biaya

memasak sendiri hemat
Sumber : unsplash.com

Tentunya kegiatan ini bisa menghemat biaya daripada membeli makanan di luar. Anda bisa memanfaatkan bahan makanan yang ada di rumah seperti misalnya sayur yang Anda tanam sendiri.

Ruparupa Banner

2. Menggunakan Bumbu Alami

memasak sendiri sehat
Sumber : unsplash.com

Dengan memasak di rumah, Anda juga bisa memperhatikan dan memilih bumbu yang digunakan pada makanan. Pastinya, makanan akan jadi lebih sehat jika Anda menggunakan bumbu yang alami.

3. Lebih Mudah untuk Menerapkan Konsep Gizi Seimbang

memasak sendiri bergizi
Sumber : unsplash.com

Anda pun bisa memperhatikan bahan makanan yang digunakan untuk memasak. Bahan makanan yang baik tentu akan menyehatkan untuk Anda dan anggota keluarga di rumah.

4. Memasak Sendiri Lebih Bersih dan Sehat

memasak sendiri bersih
Sumber : unsplash.com

Perhatikan juga kebersihan dapur dan bahan makanan yang digunakan untuk memasak. Sehingga masakan yang dihasilkan bisa lebih menyehatkan, Ruppers!

5. Hilangkan Stress dengan Memasak Sendiri

hilangkan stress
Sumber : pexels.com

Merasa bosan atau stress saat di rumah? Alihkan beban pikiran Anda dengan kegiatan yang menyenangkan seperti memasak sendiri. Pasti akan sangat seru ketika Anda mencoba membuat menu baru dan hasilnya sesuai selera. Manfaat hobi memasak ini ternyata baik untuk kesehatan mental juga, ya!

6. Bisa Memiliki Lebih Banyak Waktu dengan Keluarga

makan bersama keluarga
Sumber : pexels.com

Saat makan masakan sendiri bersama keluarga, tentunya waktu makan di rumah sendiri ini bisa dijadikan quality time bersama. Anda bisa mengobrol sambil bercanda ketika makan bersama keluarga.

7. Memasak Makanan Sesuai Selera Sendiri

memasak sesuai selera sendiri
Sumber : unsplash.com

Pernah membeli makanan di luar dan rasanya tidak sesuai dengan selera Anda? Hal ini tidak akan terjadi jika Anda memasak sendiri. Karena manfaat memasak makanan sendiri adalah Anda bisa mengatur rasa sesuai selera keluarga di rumah juga.

8. Melatih Skill Memasak Sendiri

melatih skill memasak sendiri
Sumber : pexels.com

Bagi Anda yang hobi memasak, kegiatan ini juga bisa dijadikan saat untuk melatih skill Anda. Mungkin Anda bisa mencoba memasak menu baru untuk meningkatkan kemampuan memasak di rumah. Manfaat belajar memasak sendiri kembali lagi yaitu bisa menghilangkan stress, lho!

9. Menjadi Pengalaman Berharga bagi Si Kecil

pengalaman masak untuk anak
Sumber : pexels.com

Ajak juga si kecil ketika Anda sedang memasak. Pasti akan sangat seru karena anak Anda pun dapat belajar tentang memasak. Misalnya seperti memasak masakan Jepang dan Korea yang nikmat.

10. Tentunya, Tak Perlu Keluar Rumah

masak di rumah
Sumber : pexels.com

Dan, manfaat memasak sendiri yang terakhir adalah tentunya Anda tidak perlu keluar rumah sehingga dapat terhindar dari virus Corona. Karena saat pandemi seperti ini memang dianjurkan untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, bukan?

Peralatan Memasak yang Wajib Dihadirkan di Rumah Sendiri

Jadi, makin tertarik untuk memasak sendiri di rumah? Ini dia beberapa rekomendasi produk perlengkapan memasak yang bisa Anda miliki. Dijamin, memasak jadi lebih menyenangkan dan mudah dengan memiliki produk-produk berikut ini!

Panci dan Wajan

Memiliki panci dan wajan dapat digunakan untuk menggoreng atau merebus makanan. Pilihlah panci dan wajan berkualitas agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Spatula

Miliki juga spatula, sendok saji, juga sendok saring yang pastinya akan berguna ketika digunakan untuk memasak. Mulai dari mengadung makanan, membalik makanan, juga menyaring makanan.

Pisau dan Talenan

Produk lain yang tidak boleh ketinggalan adalah pisau dan talenan. Anda bisa memiliki jenis pisau yang berbeda-beda sehingga dapat memudahkan saat memotong berbagai jenis bahan makanan.

Kitchen Gadget

Anda juga bisa memiliki kitchen gadget di rumah agar kegiatan memasak bisa lebih mudah dan praktis. Pilihlah kitchen gadget yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya.

Celemek

Lengkapi juga dapur Anda dengan celemek, pot holder, dan sarung tangan yang dapat memudahkan Anda ketika memasak. Celemek juga bisa menjaga baju Anda agar tetap bersih.

Nah, ayo lengkapi peralatan memasak Anda dengan rekomendasi produk diatas ini. Temukan juga peralatan masak dan perlengkapan makan lainnya di Ruparupa.com yang menjual berbagai produk berkualitas dari merek terbaik. Anda juga bisa menikmati berbagai penawaran menarik setiap belanja di sini, lho. Tunggu apa lagi? Yuk, belanja sekarang juga!