Perlengkapan Makan

    5 Bahan Perlengkapan Makan Yang Baik dan Terjangkau Untuk Keluarga

    Perlengkapan makan menjadi sebuah barang yang terkadang tidak kita sadari penting bagi kehidupan kita. Banyak jenis perlengkapan makan yang kita gunakan setiap hari seperti sendok, garpu, piring, mangkok, tempat air minum, ada juga aksesoris meja makan, lap dapur, tudung saji dan juga aksesoris dapur lainnya. Dibuat dari berbagai macam bahan yang tentu disesuaikan dengan fungsi dan juga budget si pemilik.

    Tidak ada yang tahu kapan perlengkapan makan dibuat pertama kali. Sendok menjadi salah satu peralatan makan yang dibuat paling awal dengan bahan kayu saat itu. Pada selanjutnya, bahan peralatan makan menjadi lebih bervariasi mulai dari tembaga, silver, bahkan emas dengan harga yang fantastis.

    Namun memilih perlengkapan makan janganlah berdasarkan pada harga maupun desain yang menarik. Bahan perlengkapan makan perlu menjadi faktor utama dalam pemilihan. Bila salah memilih, perlengkapan makan dapat memberi ancaman bagi kesehatan kita maupun juga keluarga tercinta.

    Berikut ini kami berikan 5 bahan perlengkapan makan yang baik bagi keluarga untuk menjadi bahan referensi anda di kemudian hari.

    1. Stainless steel

    Bahan stainless steel merupakan bahan yang sangat umum ditemui untuk perlengkapan makan seperti sendok, garpu, hingga pisau. Bahannya yang kuat dan tahan lama membuat stainless steel menjadi bahan favorit bagi tiap keluarga untuk peralatan makan mereka.

    Perlu anda ketahui bahwa perlengkapan makan berbahan stainless steel tidak dibuat sepenuhnya dari besi nikel. Perlengkapan makan dari stainless steel mengandung campuran kromium yang mencegah dari karat maupun noda. Pada saat pembelian perlengkapan makan, anda dapat memperhatikan logo pada peralatan makan: 18/10 , 18/8 , 18/0. Angka pertama menunjukkan seberapa banyak kromium yang digunakan sementara angka kedua menunjukkan komposisi nikel pada peralatan makan tersebut. Semakin banyak komposisi nikel yang ada, semakin mengkilap perlengkapan makan tersebut.

    2. Melamin

    Bahan melamin juga merupakan bahan yang sering ditemui untuk peralatan makan anda. Bahannya yang ringan namun kuat seperti keramik membuatnya digunakan oleh banyak keluarga pada meja makan mereka.

    Namun pemilihan haruslah dilakukan dengan hati-hati. Pastikan logo BPA-free (non-BPA) dan juga PP ada pada perlaatan makan melamin yang anda ingin beli. PP atau Polyprophylene merupakan bahan plastik dan melamin yang telah diuji keamanannya sedangkan BPA merupakan Bisphenol-A, bahan kimiawi yang berbahaya bagi tubuh. Peralatan makan dengan komposisi BPA dapat mengganggu kesehatan metabolism tubuh anda saat anda menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

    3. Kaca

    Peralatan makan yang terbuat dari kaca terhitung cukup banyak dan cukup mudah ditemukan di berbagai toko peralatan makan. Bahannya yang bening dan mudah dibersihkan menjadi salah satu alasan pemilihan. Tidak hanya itu, peralatan makan berbahan kaca terkadang memiliki ukiran yang cantik sehingga dapat mendekorasi meja makan anda. Pastikan ketebalan kaca sesuai dengan kebutuhan anda agar peralatan makan tidak mudah pecah pada saat penggunaan.

    4. Keramik

    Peralatan makan dengan bahan ini lebih sering digunakan dalam acara-acara penting saja. Dengan motif yang bervariasi, meja makan anda dapat terlihat lebih cantik. Namun penggunaan peralatan makan berdasar keramik setiap hari cukup menyulitkan dikarenakan peralatan makan ini lebih berat dibandingkan dengan peralatan makan berbahan lainnya.

    5. Kayu

    Bagi pecinta bahan berbau natural, anda dapat mempertimbangkan peralatan makan berbahan kayu sebagai peralatan makan anda. Peralatan makan berbahan kayu yang beredar di pasaran telah didesain untuk aman digunakan setiap hari. Selain itu, peralatan makan ini ringan dan mudah dibersihkan sehingga nyaman digunakan.

    Momen bersantap dengan keluarga tentu semakin nyaman jika menggunakan perlengkapan makan yang tepat. Berbagai perlengkapan makan berkualitas seperti sendok, garpu, teko, gelas serta beragam produk lainnya tentu akan melengkapi waktu makan Anda bersama keluarga. Selain itu, kami juga menyediakan nampan, tudung saji, tatakan gelas, taplak meja juga tempat sendok yang dapat diletakkan dimanapun Anda menginginkannya.

    Semua produk perlengkapan makanan yang kami jual merupakan produk berkualitas dengan jaminan produk original yang membuat Anda nyaman saat menggunakannya. Tentu saja setiap produk hadir dengan pilihan yang beragam dan terbuat dari material yang tidak berbahaya saat digunakan. Selain itu, kami hadir dengan konsep 100% kepuasan pelanggan yang mengedepankan layanan prima untuk setiap transaksi yang Anda lakukan di Ruparupa.com.