6 Manfaat Sunscreen dan Cara Menggunakannya dengan Benar

0
8620
manfaat sunscreen
Sumber: unsplash.com

Menggunakan sunscreen ketika pergi ke luar rumah memang menjadi hal yang penting. Manfaat sunscreen atau yang sering disebut dengan tabir surya adalah untuk melindungi kulit dari pancaran sinar matahari. Skincare satu ini biasanya digunakan pada pagi hari.

Bila kulit dibiarkan terpapar sinar matahari secara langsung, tentu bisa berbahaya untuk kesehatan kulit, antara lain dapat menyebabkan penuaan dini, timbul flek hitam, dan kanker kulit.

Ruparupa Banner

Memang, memakai sunscreen mungkin tidak akan memberikan manfaat secara langsung atau instan. Namun, pemakaian secara rutin akan memperlihatkan hasilnya di masa mendatang. Anggap saja menggunakan sunscreen adalah bagian dari investasi untuk kulit.

Lantas, Apa Saja Manfaat Sunscreen Bagi Kulit Tubuh?

Berikut beberapa manfaat memakai sunscreen secara rutin, baik bagi kulit tubuh maupun wajah. 

1. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini dimulai dengan timbulnya bercak hitam, keriput, garis halus, dan kulit yang tidak lembab lagi. Salah satu penyebab adalah karena paparan sinar matahari ke kulit tanpa perlindungan. 

Dengan rutin menggunakan skincare, kita bisa mengurangi risiko penuaan dini sebanyak 24 persen.

manfaat sunscreen mencegah penuaan dini
Sumber: unsplash.com

2. Menghindari paparan sinar UV

Selain menyebabkan penuaan dini, paparan sinar matahari berbahaya bagi kulit karena mengandung UVA dan UVB. Kalau kulit terpapar terlalu lama, hal ini akan menyebabkan  kanker kulit. Jadi, pastikan untuk rutin menggunakan sunscreen di kulit tubuh dan wajah.

Baca Juga:   5 Kelebihan Alat Masak Silikon, Aman dan Anti Gores

3. Menurunkan risiko kanker kulit

Manfaat sunscreen berikutnya adalah bisa mengurangi risiko terkena penyakit kanker kulit, terutama bagi wanita dengan kulit sensitif dan rentan. Soalnya, suncreen dapat melindugi kulit dari UVA dan UVB.

4. Mencegah timbulnya bintik-bintik hitam

Timbulnya bintik-bintik hitam pada kulit tentunya akan menimbulkan rasa kurang percaya diri. Bintik hitam dapat muncul akibat penuaan diri dan bekas jerawat yang tidak segera kamu tangani. Nah, sunscreen bisa mencegah timbulnya bintik-bintik hitam ini.

5. Menghindari terjadinya iritasi kulit

Iritasi dapat terjadi karena kulit mengalami pengelupasan, rasa terbakar, gatal-gatal, dan kemerahan. Hal ini bisa terjadi akibat paparan sinar matahari berbahaya yang membakar lapisan epidermis kulit atau dalam kata lain terkena sunburn

Nah, ada baiknya kamu selalu menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau SPF 50 saat berada di luar rumah.

manfaat sunscreen mencegah sunburn
Sumber: freepik.com

6. Membuat warna kulit merata

Selain mengurangi berbagai risiko berbahaya akibat paparan sinar matahari, ada manfaat sunscreen lainnya, yaitu membantu meratakan warna kulit. 

Jika kamu memiliki bagian kulit yang belang, cobalah untuk mengaplikasikan sunscreen secara rutin ke seluruh bagian tubuh, terutama yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. 

Bagaimana Cara Menggunakan Sunscreen dengan Benar?

Setelah mengetahui berbagai manfaat sunscreen, pasti penasaran ‘kan bagaimana sih cara menggunakannya dengan benar? Nah, ini dia cara menggunakan sunscreen dengan benar.

1. Pilih produk sunscreen yang tepat

Sebelum menggunakannya, kamu perlu mengetahui kandungan yang ada di dalam sunscreen.

Jika ingin bepergian ke luar ruangan, cobalah gunakan sunscreen dengan kandungan SPF 50. Namun, kalau hanya beraktivitas di dalam ruangan, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan SPF 30.

manfaat sunscreen melindungi dari UV
Sumber: freepik.com

2. Kocok botol sunscreen

Ada beberapa sunscreen yang perlu kamu kocok terlebih dahulu sebelum digunakan seperti jenis spray. Mengocok botol sunscreen  berfungsi untuk menghindari kandungan sunscreen menggumpal di dasar botol dan membuatnya menjadi kurang efektif.

Baca Juga:   10 Ide Tukar Kado Natal di Bawah Rp20 Ribu yang Bermanfaat

3. Aplikasikan minimal 15 menit sebelum keluar

Lebih baik gunakan sunscreen minimal 15 menit sebelum kamu terkena paparan sinar matahari langsung. Hal ini penting karena sunscreen baru akan bekerja dengan efektif setelah 15 menit pengaplikasian.

manfaat sunscreen dan cara menggunakan
Sumber: pexels.com

4. Gunakan takaran yang tepat

Umumnya, takaran sunscreen yang tepat adalah sekitar takaran 2 ruas jari untuk area wajah dan leher. Sedangkan untuk seluruh tubuh, kamu bisa mengoleskan sebanyak 2 sendok makan sunscreen. 

5. Oleskan sunscreen secara merata

Pastikan untuk selalu mengoleskan sunscreen secara merata ke wajah dan tubuh kamu. Dengan begitu, sunscreen dapat melindungi seluruh permukaan kulit kamu secara efektif. 

manfaat sunscreen bagi tubuh
Sumber: freepik.com

Nah, itulah beberapa manfaat sunscreen dan cara menggunakannya dengan benar yang bisa kamu terapkan. 

Kamu bisa memakai sunscreen ketika sedang berjemur untuk mendapatkan asupan vitamin D. Namun, pastikan berjemur pada waktu yang tepat dan tidak terlalu lama.

Agar kulit tetap sehat, kamu juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin melakukan urutan skincare yang tepat. 

Berikut ini beberapa rekomendasi alat perawatan wajah dan kulit yang bisa kamu beli di ruparupa.com

Ataru Alat Pijat Wajah Jade
Ataru Alat Pijat Wajah Jade

Beli di sini

Kels Paris Facial Steamer
Kels Paris Facial Steamer

Beli di sini

Kris Set Alat Pembersih Wajah
Kris Set Alat Pembersih Wajah

Beli di sini

Kels Peony Facial Steamer
Kels Peony Facial Steamer

Beli di sini

Kamu juga bisa meminimalisir paparan sinar matahari berlebih ke kulit tubuh dengan menggunakan jaket. Ini dia rekomendasi jaket trendy yang bisa kamu beli di ruparupa.com. 

Ataru Ukuran L Jaket Foldable
Ataru Ukuran L Jaket Foldable

Beli di sini

Ataru Ukuran Xl Jaket Foldable Lightweight
Ataru Ukuran Xl Jaket Foldable Lightweight

Beli di sini

milik produk perawatan diri hemat hingga 50% klik di sini

Di situs  ruparupa.com, kamu juga bisa membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, Ataru, Pendopo, dan lain-lain.