10 Urutan Skincare Rutin Harian yang Perlu Diikuti

0
7509
urutan skincare rutin harian

Skincare sudah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan setiap harinya. Apalagi, fungsi skincare adalah menjaga supaya kulit wajah dan tubuh tetap bersih, mencegah penuaan, serta terlihat mulus. Untuk itulah, urutan skincare tidak boleh salah.

Biasanya, urutan skincare ini dimulai dari tekstur yang paling cair hingga kental. Hal ini bertujuan supaya skincare yang kita gunakan bekerja secara maksimal.

Ruparupa Banner

Tidak heran bila jenis, merek, dan kegunaan skincare semakin beragam. Bahkan, skincare dan produk kecantikan pada pagi dan malam hari pun bisa saja berbeda.

Lantas, Seperti Apa Urutan Skincare Harian yang Tepat?

Supaya tidak salah dalam memakai skincare sehari-hari, simak urutannya berikut ini.

1. Micellar Water atau Cleansing Balm

Urutan skincare rutin pertama yang tidak boleh telewatkan adalah membersihkan wajah memakai micellar water atau  cleansing balm. Kedua produk skincare ini sama-sama berfungsi untuk mengangkat sisa make up dan kotoran yang ada di wajah.

Micellar water merupakan pembersih wajah yang berbasis air, sedangkan cleaning balm berbasis oil atau minyak.

urutan skincare micellar waterSumber: freepik.com

2. Facial Wash

Setelah wajah bersih dari make up dan kotoran, lanjutkan dengan sabun cuci muka atau facial wash. Double cleansing ini berfungsi untuk memastikan bahwa sisa-sisa make up telah terangkat sempurna.

Pilih sabun cuci muka yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit wajah. Bagi pemilik kulit sensitif, hindari memakai facial wash dengan butiran scrub.

3. Urutan Skincare Ketiga adalah Masker

Penggunaan masker sebenarnya sifatnya tentatif karena dapat kamu pakai sebelum atau sesudah penggunaan toner.

Ada dua jenis masker yang bisa kita gunakan, yaitu clay atau wash off yang berfungsi sebagai eksfoliasi dan sheet mask untuk menghidrasi wajah.

Untuk masker jenis clay atau wash-off, sebaiknya digunakan sebelum toner karena masih harus dibersihkan menggunakan air. Sedangkan untuk sheet mask, kamu bisa memakainya  setelah toner untuk menggantikan peran essence.

urutan skincare masker
Sumber: pexels.com

4. Toner sebagai Urutan Skincare Keempat

Toner berfungsi untuk memastikan bahwa tidak ada lagi kotoran yang menempel di permukaan kulit wajah. Ada dua cara penggunaan toner yang perlu kamu ketahui. 

Baca Juga:   4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit Wajah

Cara pertama adalah dengan menuangkan toner langsung ke permukaan wajah, lalu tepuk-tepuk secara lembut.

Sedangkan cara kedua adalah dengan menggunakan kapas. Kamu bisa menuangkan toner ke kapas dan mengusapnya lembut ke wajah. Biasanya, kotoran halus yang tersisa di wajah akan terangkat jika kamu memakai kapas.

5. Essence

Setelah menggunakan toner, kamu bisa menggunakan essence. Banyak orang yang melewatkan essence dan langsung menggunakan serum. Padahal, essence berfungsi untuk mengemulsi wajah agar dapat menyerap serum dengan sempurna 

Jika tidak mau terlalu banyak produk skincare, kamu bisa menggunakan essence yang telah terkandung dalam sheet mask.

6. Serum

Serum adalah cairan yang memiliki tingkat kekentalan lebih tinggi dari essence. Hal ini dikarenakan serum mengandung berbagai zat aktif dan nutrisi untuk mengatasi berbagai permasalah kulit wajah.

Kamu bisa memakai 2-3 jenis serum sekaligus. Namun, pastikan kandungan di dalam serum tersebut aman untuk digunakan bersamaan dan berikan jeda 5-10 menit sebelum memakai serum berikutnya.

urutan skincare serum
Sumber: freepik.com

7. Moisturizer

Meskipun memiliki kulit yang cenderung berminyak, tetapi kamu tidak boleh melewatkan tahap penggunaan moisturizer atau pelembab wajah. Moisturizer berfungsi untuk melembabkan kulit dan memastikannya tetap terhidrasi, terutama buat kulit kering.

Jadi, lapisan epidermis pada kulit wajah tetap terjaga dan tidak mudah rusak. 

8. Eye Cream

Mata panda atau kantung hitam besar di bawah mata sering kali membuat kita merasa kurang percaya diri. Nah, kamu tidak perlu khawatir lagi karena bisa memakai  eye cream di bagian kantung mata.

Eye cream mengandung bahan aktif yang mampu menenangkan mata lelah dan memudarkan warna hitam pada kantung mata.

urutan skincare eyecream
Sumber: pexels.com

9. Spot Treatment

Bagi pemilik kulit sensitif dan berjerawat, urutan skincare rutin harian yang tidak boleh terlewatkan adalah spot treatment yang digunakan pada area bermasalah saja, seperti bagian yang berjerawat, bekas jerawat, flek hitam, dan sebagainya.

Baca Juga:   5 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar, Bikin Glowing!

Kamu bisa melewatkan tahapan ini jika di wajah tidak memiliki masalah yang cukup mengganggu.

10. Sunscreen sebagai Urutan Skincare Pagi Hari Terakhir

Tahapan terakhir saat memakai skincare di pagi hari adalah sunscreen atau tabir surya. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kuliat wajah dari paparan sinar matahari.

Meski di rumah saja, kita tetap tidak boleh lupa menggunakan sunscreen karena cahaya lampu juga bisa turut mempengaruhi kondisi wajah. Manfaat sunscreen juga bisa untuk melindungi kulit wajah agar terhindar dari kotoran penyebab jerawat.

urutan skincare sunscreen
Sumber: freepik.com

Itulah beberapa urutan skincare rutin harian yang perlu kamu ketahui dan tidak boleh terlewatkan.

Rekomendasi Alat Perawatan Wajah

Nah, kamu bisa menggunakan alat perawatan wajah seperti face massage untuk memastikan semua skincare terserap dengan baik ke wajah.

Berikut beberapa rekomendasi perawatan wajah yang bisa kamu gunakan.

  1. Alat Pijat Wajah

Alat pijat wajah jade berfungsi untuk membuat produk skincare yang kita gunakan dapat bekerja dengan lebih maksimal. Selain itu, alat pijat wajah ini juga dapat membentuk otot wajah, meningkatkan peredaran darah, dan mengurangi double chin.

Ataru Alat Pijat Wajah Jade
Ataru Alat Pijat Wajah Jade

Beli di sini

2. Facial Steamer

Setelah membersihkan wajah, kamu bisa memakai facial steamer alat satu ini berfungsi untuk melembapkan kulit dan membuat pori-pori wajah terbuka. Jadinya, kamu bisa lebih mudah mengaplikasikan skincare lainnya.

Kels Paris Facial Steamer
Kels Paris Facial Steamer

Beli di sini

3. Alat Pembersih Wajah

Selain memakai kapas, kamu juga bisa membersikan wajah dengan alat facial cleaner otomatis.

Alat ini sudah dilengkapi dengan empat jenis sikat dan spons, antara lain soft brush untuk mengangkat kotoran dan komedo, fine spons untuk membersihkan kotoran halus, massage head untuk menghaluskan tekstur kulit, dan foundation sponge.

alat pembersih wajah
Kris Set Alat Pembersih Wajah

Beli di sini

Selection Kapas Pembersih Wajah 50g
Selection Kapas Pembersih Wajah 50g

Beli di sini

Selain itu, kita juga perlu menata berbagai skincare dan kosmetik dengan rapi di atas meja rias.

Tenang, kami punya beberapa rekomendasi organizer kosmetik yang bisa kamu beli melalui ruparupa.com, seperti berikut ini. 

urutan skincare
Ataru Laci Organizer Kosmetik 2 Tingkat

Beli di sini

Ataru Organizer Kosmetik Pintu Double
Ataru Organizer Kosmetik Pintu Double

Beli di sini