5 Perbedaan Jenis LEGO Duplo dengan LEGO Classic

0
3503

LEGO adalah merek mainan berbentuk balok plastik yang bisa disusun menjadi suatu bentuk tertentu. Seiring perkembangan waktu, mainan LEGO pun semakin beragam, dari LEGO Classic, LEGO City, LEGO Friends, hingga LEGO Duplo.

Di antara jenis LEGO tersebut, ternyata ada satu macam LEGO yang punya bentuk dan ukuran paling berbeda. Namanya LEGO Duplo. Apakah kamu sudah pernah mendengar atau melihat Lego Duplo sebelumnya?

Ruparupa Banner

Dilansir dari lego.com, LEGO Duplo adalah versi terbaru dari mainan LEGO yang hadir dalam warna lebih cerah, serta ukuran balok lebih besar dan tebal. 

Umumnya, ukuran LEGO Duplo 8 kali lebih besar daripada jenis LEGO lainnya.  Tidak heran bila jenis LEGO satu ini direkomenadsikan untuk anak-anak balita atau berusia 2-5 tahun. Soalnya, ukurannya pas ditangan si kecil dan tidak mudah tertelan.  

Lalu, Apa Saja Perbedaan Lainnya dari LEGO Duplo?

Selain itu, masih ada beberapa perbedaan dari LEGO Duplo dengan LEGO Classic Penasaran, ‘kan? Simak artikel berikut ini, yuk!

1. Rentang usia

Umumnya, jenis LEGO classic ditujukkan khusus untuk anak-anak berusia 4 tahun ke atas. Soalnya, di usia ini kemampuan motorik anak dan logikanya sudah mulai terasah. Mereka bisa menggenggam dengan baik dan tidak memasukkan benda-benda kecil ke mulut. 

Berbeda dengan anak berusia di bawah 4 tahun yang masih lugu. Mainan LEGO biasa bisa saja tertelan oleh mereka. Untuk itu, LEGO Duplo hadir khusus buat anak balita yang berusia 18 bulan hingga 4 tahun. 

Baca Juga:   7 Rekomendasi Mainan Kartu dan Puzzle untuk Mengasah Kemampuan Kognitif Anak

LEGO® Duplo Minnie House And Cafe 10942

2. Ukuran

Anak yang berusia di bawah 4 tahun biasanya belum mampu menggenggam atau mengambil benda dengan baik. Tentunya, mereka akan mengalami kesulitan jika harus memegang balok LEGO yang berukuran kecil. 

Nah, LEGO Duplo hadir dalam ukuran yang sekitar 2-8 kali lebih besar daripada jenis LEGO pada umumnya. Jadinya, tangan-tangan mungil si kecil bisa mengambil balok mainan dan membangun suatu bentuk dengan baik.

LEGO® Duplo Truck Tracked Excavator 10931

3. Keamanan

Salah satu kekhawatiran orang tua saat memberikan mainan ke anak-anak adalah jika ada benda yang tertelan dan membuat si kecil tersedak.  Namun, mainan LEGO yang berukuran  lebih besar dan tebal ini sangat aman buat si kecil.

Mereka tidak dapat memasukkan balok LEGO ini ke mulutnya. Tentunya, risiko tertelan juga menjadi semakin rendah. Selain itu, LEGO satu ini juga memiliki tepi lebih tumpul daripada jenis LEGO lainnya. Jadi, tidak akan melukai si kecil.  

LEGO® Duplo Disney Ip 4 2022 10962

4. Tingkat presisi

Dari segi presisi, umumnya LEGO memiliki balok-balok yang harus kamu susun secara tepat dan beraturan. Namun, berbeda dengan jenis LEGO satu ini yang punya bentuk beragam dan warna-warna lebih terang.

Jadinya, si kecil bisa menggunakan imajinasi mereka untuk menempelkan berbagai ukuran dan bentuk balok LEGO. Walaupun akan terlihat kurang beraturan, tapi cara ini dapat  membentuk kreativitas mereka.

Baca Juga:   7 Cara Mudah Make Up Anak yang Aman

LEGO® Duplo Brick Box 10913

5. Karakter permanen

Umumnya, mainan Lego memiliki bentuk karakter yang bisa kita modifikasi dari segi wajah dan pakaiannya. Namun, berbeda dengan Lego Duplo yang memiliki karakter permanen atau tetap.

Jadi, kita tidak dapat mengganti seluruh aspek dari karakter Lego ini. Hal ini bertujuan agar bagian dari karakter tersebut tidak hilang ataupun tertelan oleh mereka. Aman sekali, bukan?

LEGO® Duplo Race Cars 10947

Sekarang sudah tahu ‘kan apa saja perbedaan dari Lego Duplo dengan jenis lainnya? Yuk, berikan mainan LEGO DUPLO buat si kecil untuk mengasah kreativitas mereka sejak dini.

Temukan berbagai jenis mainan anak berkualitas, dari LEGO, Barbie, Marvel, Cocomelon, hingga Nerf di Toys Kingdom hanya melalui ruparupa.com

banner septakuler

DAPATKAN promo Septakuler hemat hingga 90% dan Gratis Ongkir  klik di sini

Situs belanja ini juga menyediakan berbagai model perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pet Kingdom, dna masih banyak lagi.

Nah, kami juga punya beberapa rekomendasi mainan LEGO Duplo berkualitas yang bisa kamu berikan buat si kecil.

LEGO® Duplo Disney Ip 4 2022
LEGO® Duplo Disney Ip 4 2022

Beli di sini

LEGO® Duplo Truck Tracked Excavator
LEGO® Duplo Truck Tracked Excavator

Beli di sini

LEGO® Duplo Brick Box
LEGO® Duplo Brick Box

Beli di sini

LEGO® Duplo Minnie House And Cafe
LEGO® Duplo Minnie House And Cafe

Beli di sini