6 Ide Mainan Bongkar Pasang untuk Melatih Motorik Anak

0
4761
mainan bongkar pasang
LEGO® Duplo Heart Box

Tidak dapat dipungkiri kalau mainan merupakan salah satu sarana terbaik untuk membantu tumbuh kembang anak. Ada berbagai jenis mainan yang bisa kamu berikan, dari mainan bongkar pasang, mainan motorik, dan mainan edukatif.  

Kali ini, kami akan membahas mainan bongkar pasang yang bisa mengasah motorik halus si kecil. Soalnya, mainan ini akan membantu anak belajar menggenggam dari setiap komponen mainan.

Ruparupa Banner

Selain itu, mainan bongkar pasang juga bisa melatih kecerdasan otak dan mengembangkan imajinasi anak. 

Lantas, Apa Saja Mainan Bongkar Pasang untuk Anak?

Berikut ini beberapa rekomendasi mainan dengan model bongkar pasang yang bisa kamu berikan buat si kecil.

1. Mainan LEGO

Mendengar mainan bongkar pasang, pasti yang pertama kali terlintas di otak adalah mainan LEGO. Mainan satu ini bisa diberikan untuk anak mulai dari usia 2 tahun karena memiliki beberapa jenis LEGO yang berbeda-beda.

Kamu dapat memberikan mainan LEGO Duplo untuk anak mulai dari usia 2 tahun. Soalnya, jenis LEGO satu ini dirancang dengan ukuran lebih besar dan jumlah balok yang sedikit. 

LEGO® Duplo Creative Building Tim
LEGO® Duplo Creative Building Tim

Beli di sini

Baca Juga:   Ini Dia Tips dan Trik Aman Bermain Trampolin untuk Anak

2. Puzzle Angka dan Huruf

Seiring berjalannya waktu, anak-anak akan mulai belajar banyak hal, termasuk mengenal huruf dan angka. Kamu bisa memberikan mereka mainan huruf dan angka berupa puzzle.

Ajaklah mereka mengambil potongan alfabet yang ada, lalu susun ke pola yang sudah disediakan. Dengan begitu, mereka akan lebih cepat mengenal huruf dan angka agar siap memasuki masa sekolah nantinya. 

 

Kiddy Star Alphabet Mainan Magnetic Puzzle
Kiddy Star Alphabet Mainan Magnetic Puzzle

Beli di sini

3. Puzzle Geometric

Selain huruf dan angka, anak-anak juga perlu belajar mengenal bentuk, seperti persegi, segi tiga, lingkaran, dan jajar genjang. Agar lebih seru saat belajar, kamu bisa memberikan mainan bongkar pasang berupa jenis puzzle geometric.

Nantinya akan ada beberapa potongan puzzle dengan bentuk tertentu. Kamu hanya perlu mengajak si kecil untuk menyusunnya ke pola yang sudah disiapkan.  

Kiddy Star Geometric Magnetic Puzzle
Kiddy Star Geometric Magnetic Puzzle

Beli di sini

Banner Brick Kingdom TGI

4. Balok Karet

Terkadang, orang tua khawatir jika anaknya bermain mainan balok yang terbuat dari plastik karena bisa saja terinja. Nah, kamu bisa mengatasi kekhawatiran tersebut dengan memberi anak tercinta mainan satu ini, lho.

Mainan bongkar pasang ini terbuat dari bahan karet lembut. Selain itu, ukuran baloknya yang besar juga membuat si kecil mudah menggenggamnya.

Baca Juga:   10 Film Live Action Disney Terbaik dan Seru untuk Nobar
Bricks Kingdom Soft Rubber Building Blocks Pink Bag
Bricks Kingdom Soft Rubber Building Blocks Pink Bag

Beli di sini

5. Rubik Cube

Jika si kecil sudah berusia 8 tahun ke atas, kamu bisa memberikan mainan rubik cube. Cara memainkannya cukup mudah. Kita hanya perlu mengacak warna, lalu menyusunnya dengan warna yang sama.  

Kiddy Star Mainan Cubes 5x5 Black Borders
Kiddy Star Mainan Cubes 5×5 Black Borders

Beli di sini

6. Mainan Rubik Karakter

Kamu juga bisa memberikan si kecil mainan rubik berkarakter buah ini untuk anak berusia 6 tahun ke atas. Cara bermainnya sama dengan rubik cubes, yaitu cukup mengacak susunannya, lalu satukan kembali polanya. 

Kiddy Star Orange Rotatable Cubes
Kiddy Star Orange Rotatable Cubes

Beli di sini

Itulah beberapa rekomendasi mainan edukasi yang bisa kamu berikan untuk anak tercinta. Kamu juga bisa menemani mereka bermain bersama agar jadi ide quality time yang seru, lho. 

DAPATKAN MAINAN ANAK DENGAN
HARGA SPECIAL 
KLIK DI SINI

Kamu bisa membeli berbagai model mainan bongkar pasang di atas dengan kualitas terbaik dari Toys Kingdom hanya di ruparupa.com

Yuk, cari mainan terbaik untuk anak kamu hanya di ruparupa.com!