Ketahui 6 Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Anak-Anak

0
6208
manfaat bermain bola bagi si kecil
Sumber: unsplash.com

Sepak bola adalah olahraga yang cukup digemari banyak orang di dunia. Tidak heran kalau banyak orang mulai mengajarkan anaknya untuk berolahraga sejak dini. Selain menyenangkan, ada banyak manfaat bermain sepak bola bola bagi anak, lho. 

Bagi orang dewasa, bermain sepak bola mungkin bisa menjadi sarana olahraga, serta untuk menjalin relasi dengan teman-temannya. Namun, bagi anak-anak, bermain sepak bola bisa membantu tumbuh kembangnya.  

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Anak?

Berikut ini manfaat positif bermain sepak bola bagi anak-anak.

1. Meningkatkan Kebugaran

manfaat bermain sepak bola
Sumber: unsplash.com

Sepak bola adalah permainan yang menuntut kita untuk bergerak cepat dengan kaki. Saat bermain bola, si kecil akan berlari, melompat, menendang, dan lain-lain. 

Gerakan inilah yang dapat melatih kecepatan dan stamina tubuh si kecil agar dapat bermain dengan baik. Soalnya, gerakan sepak bola akan melibatkan keterampilan motorik anak, khususnya koordinasi mata, kaki, dan tangan. 

Dengan rutin bermain sepak bola, tentu tubuh si kecil akan lebih bugar dan sehat. 

2. Memperkuat Tulang

Bermain sepak bola juga bisa membantu agar tulang si kecil semakin kuat. Soalnya, si kecil akan lari mengelilingi lapangan untuk mengejar bola. Hal tersebut dapat meningkatkan kekuatan tulang dan sendi si kecil.

Tidak hanya itu, bermain bola juga baik untuk kesehatan jantung si kecil. Mereka bisa melatih pernapasannya dengan baik ketika berlari. Dengan latihan secara rutin, si kecil jadi lebih terbiasa dan dapat meminimalisir risiko cedera.

Baca Juga:   5 Fakta Menarik Film Jurassic World, Banyak Kejutan!

3. Melatih Kerja Sama Tim

manfaat bermain bola bagi anak
Sumber: unsplash.com

Bermain sepak bola bisa membantu si kecil untuk lebih bertanggung jawab, memiliki jiwa kepemimpinan, dan rasa sportivitas. Soalnya, ketika bermain sepak bola, setiap posisi memiliki peran aasing. 

Mereka harus belajar bertanggung jawab menjalankan perannya demi mencapai kemenangan tim. Si kecil juga harus bisa berkomunikasi dengan temannya, baik secara verbal maupun non-verbal. 

4. Belajar Disiplin

Dalam permainan sepak bola, ada banyak peraturan yang perlu dilakukan. Tentunya, mereka akan membutuhkan latihan rutin untuk bisa memahami permainan dengan baik. 

Setiap peraturan dalam permainan inilah yang bisa membantu mereka belajar untuk jadi lebih disiplin. Kedisiplinan bisa menjadi nilai tambah bagi mereka saat tumbuh besar nantinya. 

5. Melatih Mental

manfaat bermain bola untuk anak
Sumber: unsplash.com

Tidak hanya kesehatan fisik, tapi bermain sepak bola juga bisa melatih mental si kecil, lho. Saat bermain di lapangan, si kecil bisa saja melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan. 

Pada kondisi ini,  si kecil akan belajar mengontrol suasana hatinya agar bisa tetap kuat dan semangat melanjutkan permainan. Kita pun bisa melatih mereka untuk tetap tenang dan memberikan semangat dalam berbagai kegagalan yang dihadapinya.

Baca Juga:   Ini 7 Ide Playdate Seru untuk Anak Perempuan

6. Memperbaiki Suasana Hati

Pernahkah kamu melihat si kecil berada dalam suasana hati yang kurang baik? Nah, kamu bisa mengajak mereka bermain bola bersama, lho. Soalnya,  bermain sepak bola bisa mengurangi tingkat stres dan meningkatkan ketenangan diri bagi si kecil, lho. 

manfaat bermain bola
Sumber: unsplash.com

Nah, itulah beberapa manfaat bermain bola bagi anak-anak yang perlu kamu ketahui. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mengizinkan anak kamu bermain bola, ya. Siapa tahu nantinya ia akan menjadi seorang atlet terkenal. 

Kamu bisa membantu menyediakan fasilitas bagi si kecil untuk bermain bola di rumah bersama teman-temannya, lho.

Miliki mainan anak terbaik hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Kamu dapat membeli mainan anak dan perlengkapan olahraga lainnya dari Toys Kingdom hanya di ruparupa.com. Melalui situs belanja online ini, kamu juga bisa menemukan mainan anak berkualitas, dari LEGO, Barbie, Hot Wheels, dan Marvel.

Tenang saja, kami juga punya beberapa rekomendasi mainan sepak bola yang bisa kamu beli untuk si kecil.

 

Kiddy Fun Games Football Machine
Kiddy Fun Games Football Machine

Beli di sini

Kingsport Set Gawang Bola
Kingsport Set Gawang Bola

Beli di sini

Kingsport Set Gawang Sepakbola
Kingsport Set Gawang Sepakbola

Beli di sini

Emco Football Hoverkikx 178
Emco Football Hoverkikx 178

Beli di sini

Kiddy Fun Mini Football Game
Kiddy Fun Mini Football Game

Beli di sini